Music

3 HIGHLIGHT HAMMERSONIC 2024 YANG SUKSES MENGGUNCANG VENUE CARNAVAL ANCOL

Dari banyak penampil yang hadir dan beragam genre di dalamnya, Hammersonic mampu membayar tuntas rasa haus akan distorsi dari para hammerhead yang hadir. Berikut 3 highlight di Hammersonic 2024.

title

FROYONION.COM - Hammersonic Festival 2024 dengan tema The Majestic Fellowship akhirnya selesai. Acara hajat tahunan para hammerhead tersebut lancar terselenggara pada 4-5 Mei 2024.

Mulai dari genre emo hingga metal, semuanya dilibas habis dalam 2 hari. Acara tersebut berhasil mengguncang venue Carnaval Ancol yang telah menjadi lokasi langganan acara yang digelar oleh Ravel Entertainment.

BACA JUGA: MEMBACA PETA EMOSI DI BALIK ALUNAN MUSIK ROCK 90-AN

Penampil internasional pembuka pada hari pertama adalah Tiny Moving Parts, unit Midwest Emo/Math-Rock asal Benson, Minnesota, AS. Mereka berhasil membakar suasana siang hari yang terik dengan petikan gitar yang berhamburan. 

Antusiasme penonton tak terbendung dan memadati sonic stage siang itu. Selain band tersebut, tentunya masih banyak lagi penampilan yang tak kalah meledak pada acara metal terbesar se-Asia Tenggara tersebut. 

Berikut 3 highlight yang penulis rasakan dalam menghadiri pada Hammersonic  Festival 2024!

MADBALL BIKIN HAMMERSONIC JADI HARDCORE SHOW!

Unit hardcore legendaris asal New York, AS, yaitu Madball berhasil memuaskan para hardcore kids pada penampilan mereka di hari pertama Hammersonic Festival 2024 pada sabtu (4/5). 

Band yang telah terbentuk sejak 1988 itu telah beberapa kali mampir ke indonesia, namun tak mengurangi antusias Freddy Cricien cs untuk menggebrak venue Carnaval Ancol.

BACA JUGA: SETELAH 10 TAHUN, ONE OK ROCK KEMBALI GUNCANG JAKARTA

Hammersonic
Madball tampil di Empire Stage. (Dokumentasi: Penulis)

Kemegahan empire stage berhasil mereka sulap menjadi hardcore show yang ganas, “this is hardcore show” ucap Freddy. 

Seolah menjadi suguhan yang segar dikala musisi metal mendominasi line up pada acara tersebut, distorsi dan dentuman musik yang dibawakan Madball membayar tuntas kerinduan para pecinta musik hardcore yang menunggu penampilan mereka yang dimulai pada 18.20 WIB. 

BACA JUGA: MUSIK ROCK DI UJUNG-UJUNGNYA DANGDUT? BUKTI KALAU ROCK DAN DANGDUT ITU BISA MENYATU

Walaupun terdapat jarak karena barikade antara panggung dan penonton, suasana kian hangat. Freddy pun lari kesana kemari sembari bernyanyi di panggung yang luar biasa besar itu, hingga akhirnya ia turun ke depan barikade dan berinteraksi langsung dengan penonton. 

Beberapa lagu andalan mereka seperti Set It Off, Can’t Stop Won’t Stop, Look My Way, Rev. Up dan masih banyak lagi berhasil dituntaskan dengan ganas.

Freddy juga mengumumkan akan merilis album baru dari Madball pada 2025.

NOSTALGIA ERA KEEMASAN MUSIK ROCK DAN METAL

Hammersonic 2024
Penampilan Yngwie Malmsteen dalam Hammersonic 2024. (Dokumentasi: Penulis)

Satu lagi musisi legendaris yang perlu diberi perhatian lebih adalah Yngwie Malmsteen, Gitaris asal swedia tersebut sungguh memukau pada penampilannya malam itu. 

Memulai penampilannya pada sabtu (4/5) pukul 20.05 WIB, membuat penonton yang penasaran seketika memenuhi hammer stageAmpli Wall yang telah berjajar semakin membuat penonton tak sabar dengan kemunculan sang legenda.

Tampil dengan format band, tak menutup aura sang bintang yang menjadi pusat perhatian kala itu. Sungguh dengan seketika hammersonic dibawa ke masa lampau, petikan gitar yang beruntun dan skill dewa Yngwie membuat tiap pasang mata tertegun.

Kemahiran tiap personil yang ada seolah menjadi pengisi yang pas diantara lengkingan gitar Yngwie, tiap instrumen dan vokal menuntun kita bernostalgia akan masa kejayaan musik rock dan metal.

BACA JUGA: REKOMENDASI BAND MATH ROCK LOKAL SEJENIS ELEVENTWELFTH

Dibuka dengan lagu Rising Force membuat penonton semakin bersemangat, flow yang dimainkan juga stage act yang disuguhkan sangatlah luar biasa. 

Beberapa kali ia menampilkan aksi solonya bermain gitar namun tak membuat bosan dan penonton  semakin penasaran dengan apa yang dilakukan Yngwie selanjutnya. Bahkan seringkali ia melempar pick hingga gitar dalam aksi panggungnya.

Seolah terlarut dalam suasana melihat Yngwie yang keasyikan bermain gitar membuat penulis lupa bahwa waktu sudah menunjukan pukul 9 lebih, menandakan performer berikutnya sudah siap naik ke empire stage.

LENGKINGAN DANI FILTH DALAM AKSI PANGGUNG CRADLE OF FILTH

Memang aura band eropa dengan genre extreme metal asal Suffolk, Inggris Raya ini membuat ngeri sekaligus takjub. Suara dan lengkingan Dani Filth memecah suasana pada hammer stage dan berhasil mengumpulkan penonton yang terpukau bak melihat pemimpin kultus dihadapan mereka. 

Hammersonic 2024 Ancol
Cradle Of Filth di Hammersonic 2024. (Dokumentasi: Penulis)

Tampilan dari para personil Cradle Of Filth seolah mengintimidasi, corpse paint yang dipadupadankan dengan pakaian gothic juga suguhan riff metal yang kental membuat suasana gloomy semakin terbangun.

Tak terhitung berapa kali Dani Filth berteriak dengan melengkingkan suaranya bak rockstar dengan aura kegelapan, aksi panggung dari Cradle Of Filth memang layak untuk disaksikan hingga akhir.

BACA JUGA: LEBIH MENGENAL IGMO: BAND ROCK MILIK WARGA LOKAL KEDIRI

Penggabungan dari black metal, gothic metal, symphonic metal, dan industrial metal berhasil merealisasikan menjadi suguhan musik yang tak hanya suram namun indah mengalun. Mulai dari lagu Nympetamine Fix hingga Her Ghost In The Fog dibawakan maksimal  oleh Dani Filth cs.

Melihat suguhan dari tahun ke tahun dari Ravel Entertainment menjadi sebuah hajat yang mesti hammerhead antisipasi, karena selalu ada kejutan dibalik line up yang diberikan. Jadi udah siap buat hammersonic 2025? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dikok

Peduli apa terjadi, Terus berlari tak terhenti.