FroyonionHQ

TIPS HADAPI RESESI 2023 UNTUK ANAK MUDA ALA FINANCE-NYA FROYONION

Berita tentang resesi yang akan datang tahun depan ini udah rame dibicarakan di mana-mana. Membuat setiap orang punya respon yang berbeda. Entah malah panik, bingung, atau justru mulai nyusun strategi. Biar lo bisa mensiasati, yuk disimak artikel satu ini!

title

FROYONION.COM - Baru-baru ini berita soal tahun 2023 yang dikabarkan akan ‘gelap’ akibat resesi bikin semua orang heboh. 

Nggak bocil, anak muda, orang dewasa, semua rame ngomongin soal resesi 2023 ini. 

Presiden, Menteri Keuangan, sampe Menko Maritim dan Investasi kita kompak bilang kalo 2023 akan terjadi resesi yang berdampak sama ekonomi global. Katanya sih gara-gara inflasi yang tinggi dan suku bunga acuan bank sentral yang naik. Belom lagi permasalahan harga energi dan pangan yang turut naik dan perang di Ukraina yang belum usai. 

Bank Dunia juga turut menyatakan bahwa akan ada banyak negara yang masuk ke dalam jurang resesi ini. Negara-negara ‘super power’ seperti Amerika Serikat dan Inggris pun nggak bisa terhindar dari kemungkinan ini. 

Walaupun begitu, Asian Development Bank (ADB) justru mengatakan bahwa Indonesia kemungkinan besar Indonesia bisa terhindar dari dampak terburuk resesi 2023 ini. Dilansir dari CNBC Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan mencapai 5%, sehingga memungkinkan pemulihan ekonomi kita bisa lebih cepat. 

Tapi jangan keburu seneng dan lengah dulu, Civs. Karena kemungkinan resesi ini akan tetep ada dan dampaknya pasti akan kita rasakan. Makanya, penting banget untuk punya strategi yang baik supaya bisa mensiasati kemungkinan terburuk itu. 

Gue punya beberapa tips nih buat anak muda Indonesia, khususnya yang udah hidup mandiri dan berpenghasilan, supaya bisa melewati tahun 2023 dengan aman. 

BACA JUGA: TIPS MENGELOLA KEUANGAN BUAT ANAK MUDA SUPAYA MELEK FINANSIAL

BIASAKAN MENABUNG, KALO NGGAK BAHAYA BANGET!

Simpen cash sebanyak-banyaknya adalah hal mendasar yang krusial untuk kita semua lakukan. Boleh disimpen di bank atau celengan ayam kesayangan lo, yang penting aman aja. 

Menabung artinya lo juga harus bisa menyusun kembali prioritas pengeluaran setiap bulannya. Mulailah kurangi mesen-mesen es kopi seharga puluhan sampe ratusan ribu, beli gadget yang nggak terlalu butuh, dan jajan-jajan yang termasuk kategori tersier lainnya. 

Belajar berhemat aja, bener-bener keluarin duit kalo emang penting dan butuh. Tapi gue juga bukannya ngajarin supaya jadi orang pelit ya. Tapi bijak aja, kemungkinan resesi 2023 ini bisa sekaligus melatih kita ngatur duit sendiri. 

Kalo lo tadinya cuma nabung 10% dari penghasilan lo, kali ini bisa dipertimbangkan untuk menaikkan jumlah tabungan jadi 20-30% dari penghasilan. Caranya ya mengalihkan uang yang tadinya untuk jajan jadi untuk ditabung. Nggak mustahil kok, cuman butuh disiplin diri aja. 

BACA JUGA: MENABUNG EMAS FISIK ATAU DIGITAL: LEBIH CUAN MANA?

MULAI KENALAN SAMA INSTRUMEN INVESTASI 

Selain nabung biasa, lo juga bisa nyobain nabung di beberapa instrumen investasi lain. Kalo mau yang aman, nggak banyak mikir, dan cocok buat pemula mah reksadana aja. Reksadana juga banyak jenisnya, ada yang pasar uang, ada juga yang obligasi. Mungkin lo juga udah familiar kali yah kalo sama reksadana. 

Tapi kalo gue biasanya nabung di deposito bank dan beli saham. Kalo deposito, walaupun bunganya nggak gede-gede amat setidaknya masih oke lah untuk dicoba. Semakin banyak uang yang lu tabung di deposito, biasanya semakin gede juga untungnya. 

Selain itu, tahun depan juga waktu yang tepat buat beli saham. Soalnya kalo beneran resesi, harga saham pasti turun. Waktu harga turun inilah waktu yang tepat untuk lo beli saham. Kalo gue nyaranin untuk beli saham dari perusahaan consumer goods kayak Unilever, atau saham bank juga boleh. 

BACA JUGA: KIAT UNTUK MEMULAI BERINVESTASI BAGI MAHASISWA

Soalnya, kedua industri itu punya saham yang tetep stabil dalam jangka waktu yang panjang. Jadi seandainya tahun depan resesi pun, tahun-tahun berikutnya lo masih punya kesempatan untuk cuan. 

Kalo mau belajar main saham, lo bisa download StockBit buat belajar dulu. Nanti lo akan dikasih trial buat jual dan beli saham pake uang bohongan gitu. Lumayan lah untuk belajar dan mengasah intuisi untuk jual-beli saham beneran. 

CARI SUMBER PENDAPATAN SEBANYAK-BANYAKNYA

Namanya nabung dan investasi kan berbanding lurus dengan pendapatan kita yah. Bayangin kalo pendapatan lo satu juta sama satu milyar, pasti jumlah uang yang ditabung dan diinvestasikan juga makin banyak. 

Jadi selain kerjaan utama, lo juga bisa mulai nyari-nyari kerjaan sampingan. Apalagi buat lo yang kerjanya di industri kreatif, soal freelance pasti udah nggak asing kah ya. 

Jenis dan jumlah berapa kerjaan sampingan yang lo ambil bisa lo sesuaikan sama kesanggupan lo aja. Pastikan kerjaan sampingan ini nggak mengganggu kerjaan utama lo dan bukan cuma duit yang lo dapatkan, tapi juga dapet ilmu, relasi, syukur-syukur jodoh. HIya~

BACA JUGA: 5 HAL YANG BISA DILAKUKAN FREELANCERS SAAT SEPI JOB

Tapi gini, ada atau nggak ada resesi sekalipun kebiasaan nabung dan berinvestai tetep harus jalan ya, Civs. Tips ini bukan berarti lo lakukan kalo keadaan lagi genting aja, tapi di masa-masa ‘aman’ sekalipun tetep harus dilakuin. 

Karena buat anak muda yang udah berpenghasilan, keamanan dan kestabilan pendapatan juga penting untuk dipikirin. Jangan sampe keamanan dan kestabilan hubungan lo sama doi aja yang dipikirin~ (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.