FroyonionHQ

RADIO4: 6 TIPS MENYAMBUT BULAN-BULAN FESTIVAL MUSIK BIAR TETAP NIKMAT

Beberapa bulan ke depan, kita bakal dimanjakan dengan sederet festival musik. Ini tips Maha dan Ipang dari Froyonion buat kamu yang ingin memaksimalkan experience-mu supaya nggak kecewa gara-gara kurang persiapan.

title

FROYONION.COM - Memasuki akhir tahun ini merupakan bulan-bulan yang menyenangkan bagi para anak muda penikmat musik, khususnya Gen Z. 

Menyenangkan tak lain karena akan digelar sejumlah festival musik sepanjang akhir tahun ini.

Yang patut dicatat di kalender misalnya Synchronize Festival dan Soundrenaline Festival yang diadakan pada tanggal yang sama persis yakni 1-3 September 2023, 

Sementara itu, bakal ada juga Pestapora yang diadakan tanggal 22-24 September 2023 dan Joyland Festival yang diadakan pada 24-26 November 2023.

BACA JUGA: REKOMENDASI BAND MATH ROCK LOKAL SEJENIS ELEVENTWELFTH

Di episode terbaru Radio 4 “RADIO4: TIPS MENYAMBUT BULAN-BULAN FESTIVAL MUSIK BIAR TETAP NIKMAT” yang bisa kamu dengarkan di kanal podcast FRODCAST-nya Froyonion, Maha dan penulis (Ipang) sebagai hosts ingin memberikan tips andalan kami supaya pengalaman kalian ke event-event musik langka ini bisa menyenangkan.

1. JAGA KESEHATAN BADAN SEBELUM HARI H

Badan yang fit dan sehat adalah modal utama buat bisa menikmati festival musik yang diadakan berhari-hari sampai malam. Jangan sampai hari H datang, kalian malah kurang enak badan, flu, atau demam.

Usahakan makan dan minum yang teratur (terutama buat kalian sobat GERD dan maag), cukup tidur saat malam, dan olahraga.

2. AMBIL CUTI JUMAT ATAU SENIN

Biasanya festival musik diadakan di hari Jum’at sampai Minggu. 

Kalau kalian mau menikmati festival tanpa harus mikirin kerjaan, sangat disarankan untuk mengambil jatah cuti di hari Jum’at dan juga ambil cuti di hari Senin supaya ada waktu buat istirahat setelah pulang pagi dari event. Jadi kalian nggak pergi kerja dalam kondisi kurang tidur, yang bisa mengurangi daya konsentrasi saat bekerja.

3. BUAT DAFTAR PENAMPIL YANG INGIN DITONTON

Kalian memang tidak harus datang dari awal festival dimulai. Boleh saja kalian datang mendekati waktu tampilnya band/atau musisi kesukaan saja. 

Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk membuat list atau daftar beserta rundown festival saat band/musisi itu bakal perform di panggung.

Hal ini bisa membantu kalian agar tidak lupa dan ketinggalan jika harus berpindah dari panggung satu ke panggung lainnya.

Itu saja belum cukup karena kalian juga harus mengingat tata letak/ landscape venue event yang kamu datangi agar bisa menyusun ‘strategi’ yang efektif saat harus bergerak ke panggung lain. Sayang kan kalau kalian ketinggalan menonton band/ penyanyi favorit?

4. DATANGLAH BERSAMA TEMAN

Untuk kalian yang baru pertama kali ke festival musik, disarankan sekali untuk datang ke venue dengan teman-teman. Alasannya karena kalian bakal bisa lebih ekspresif dan seru saat berlangsungnya event.

Yang patut diingat adalah saat di venue nanti, biasanya sinyal/ koneksi internet itu susah. Jadi akan lebih baik jika kalian sudah mengatur waktu dan titik lokasi bertemu kembali dengan teman-teman kalian apalagi jika kalian ingin menyaksikan musisi di panggung berbeda.

5. SELALU BAWA AIR MINUM

Melihat venue festival yang begitu luas dan juga banyaknya penampil biasanya akan menguras energi untuk berpindah tempat ataupun seru-seruan. 

Pastikan selalu minum air putih yang cukup agar kalian tidak terkena dehidrasi yang bisa membuat pingsan. Untuk itu bawalah tumbler pribadi dan pastikan selalu terisi dengan air minum sebelum berangkat ke venue.

6. SELALU BAWA UANG TUNAI

Nah, untuk menjaga stamina tubuh kalian agar tidak drop, selalu makan dan minum saat di venue. 

Untuk itu, selalu ingat untuk menyiapkan uang tunai untuk membeli makanan atau minuman sebagai alternatif pembayaran. Jika ternyata tidak bisa menggunakan QR code (QRIS) karena sejumlah alasan (misalnya koneksi internet di sana payah), kalian tak cemas bakal kelaparan atau kehausan. 

Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, biasanya di venue festival kita akan sulit mendapatkan sinyal internet di ponsel. Di situasi darurat beginilah uang tunai bakal sangat berguna. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ipang

Mas-mas Jawa yang suka cari bakmie di ibu kota