FroyonionHQ

BEGINI RASANYA KERJA DARI MAGANG SAMPAI FULL-TIME DI FROYONION 

Mau tau rasanya kerja dari status anak magang sampai jadi bagian awak resminya Froyonion? Ini cerita gue, Dede, yang gue tulis buat elu semua yang penasaran gimana caranya magang atau join.

title

Perjalanan gue di Froyonion ini bermula di tahun 2019 saat gue kuliah. Saat itu gue harus ambil mata kuliah magang. Entah bagaimana temen-temen pada tau ada pengumuman magang di Froyonion dan ada yang nyaranin supaya gue nyoba. 

Tanpa banyak mikir, gue coba kirim email dengan gaya formal meski gue tau Froyonion itu semua anaknya content creator yang santai dan asyik. Cuma sekali lagi tetep aja gue tulis email dengan formal.

Ini kayaknya sepele banget ya tapi kalo dipikir-pikir lagi, bisa jadi ini juga yang bikin gue diterima magang meski gue bukan satu-satunya orang yang punya keterampilan di bidang videografi. Gue lumayan sering ngeliat anak-anak muda yang kirim application email atau permohonan buat kerja magang tapi nggak pake body text di email. Kalau DM di Instagram juga seenaknya. 

Buat gue, di mana pun atau lewat apapun kalau kita mau berkomunikasi dengan tujuan profesional, sikap atau attitude kita juga haruslah profesional. Pakailah cara menulis email atau DM yang lebih formal dan sopan. Ini emang nggak diajarin di kampus tapi sangat amat penting di kehidupan nyata kalau mau sukses di bidang apa aja. Jangan sampe kirim application tanpa menjelaskan siapa kita dan apa tujuan kita kirim. Jadinya kayak spam aja.

Balik ke application email gue tadi, 30 menit kemudian email gue dibales! Gue masih nggak tau siapa di balik email itu. Sampe sekarang aja gue masih nggak tau siapa yang sebenernya bales karena katanya ada beberapa orang di Froyonion yang pegang akun email itu. 

“Oke, kamu bisa masuk kapan?” begitu kira-kira balasan email yang gue terima. 

Nah karena itu pas mau Lebaran, gue bales aja kalo baru bisa mulai seminggu setelah Lebaran.  Abis itu disuruh dateng ke kantor Froyonion. Gue mikirnya sih cuma bakalan ditanya-tanya buat interviu.

Ketemu orang HRD dan disambut gini: “Ayuk, kita masuk ke atas dan kita kenalan…”

Gue yang nggak nyangka bakal langsung diterima otomatis syok lah! Padahal nyangkanya masih dalam proses wawancara. Gue juga nggak ada kenal ‘orang dalem’. Haha.

Gue pikir mungkin ini udah jalannya makanya kayak gampang banget. Karena selama ini denger-denger dari temen-temen gue yang udah pernah apply magang di sini, susah buat magang di Froyonion. 

BACA JUGA: KOK BISA SIH INTERN DI FROYONION?!

BIKIN PROJECT SENDIRI

Di sini, gua magang sama anak-anak lain dari banyak daerah. Nggak cuma mereka yang asalnya Jabodetabek. Ada yang dari Surabaya, Bandung juga.

Gue magang sebagai video editor dan videografer di bawah bang Harwinsyah. Senengnya di sini gue bisa nangani project milik brand yang lumayan besar dan dikenal banyak orang di Indonesia. Padahal selama itu gue cuma handle project kampus, sweet seventeen, gitu aja. Muncul rasa bangga dalam pikiran gue: “Ini brand besar lho, gue yang ngedit.” Lumayan buat dimasukin ke portofolio gue.

Yang istimewa dari pengalaman sebagai anak magang di Froyonion adalah gue bisa ngasah kreativitas gue. Gue sendiri denger dari banyak temen gua yang magang di tempat lain kayak korporasi besar, mereka lebih sering disuruh-suruh doang di tempat magang. Nggak ada kesempatan buat mengungkapkan pendapat, membuat ide kreatif sendiri, dan sebagainya. Makanya banyak temen yang kerja di perusahaan-perusahaan merasa iri.

Gue juga diberi kesempatan untuk mengerjakan proyek khusus anak magang. Gue harus buat pitching untuk konten Instagram. Lalu dibantu ngerjainnya ama temen magang lain dan kalau nggak ngerti baru dibantuin anak-anak Froyonion. Anak magang di Froyonion memang dilatih buat bisa pitching karena memang harus gitu kalau udah kerja di industri nanti. Jadi udah lancar kalau harus presentasi di depan klien nanti.

KERJA TAPI SERU

Pengalaman unik gue saat magang di Froyonion tahun 2019 dulu itu adalah saat diminta jadi salah satu talent untuk konten video YouTube. Di situ gue diarahin bang Miko Panggayo supaya menampilkan persona di video itu sebagai orang yang menyedihkan, agak blo’on, dan gampang dipengaruhi. Haha. Ini nggak aneh karena di konten-konten Froyonion, setiap talent punya persona atau kepribadiannya masing-masing. Kalian bisa tonton sendiri konten-kontennya.

Pengalaman lain yang nggak bakal gue lupain yaitu pas disuruh bang Miko buat disuruh pake baju yang menarik perhatian orang dan jalan-jalan buat wawancara orang-orang yang lewat di trotoar soal pertanyaan-pertanyaan yang nggak penting banget dan bikin gue kayak jadi orang aneh yang cringe. Haha! Ini semua direkam dengan kamera yang ada di atas gedung. Tujuannya mengasah mental. Keberanian dan spontanitas ini memang penting banget kalau mau jadi content creator yang jago.

Magang di Froyonion saat itu terasa nikmat aja meski kerap pulang malem. Tapi karena rasanya nggak ada beban dan enjoy aja. Kayak nggak ada beban sih. Tiap berangkat kerja rasanya seneng, mikir: “Gue mau ke kantor ah pagi-pagi karena seru bisa ketemu temen-temen.”

Akhirnya setelah masa magang berakhir di bulan September 2019, gue belum bisa gabung karena masih ada beban kuliah yang harus diselesaikan. Jadi gue putusin kelarin dulu tanggungan di kampus.

Abis lulus, gue sempat bekerja lepas (freelance). Karena kerja Sabtu Minggu doang untuk mengadakan event, rasanya enjoy banget. Tapi begitu pandemi dateng, event nggak ada sama sekali! Gue cari kerja fulltime dan dapet kerjaan di Kelapa Gading. Setelah 8 bulan kerja di sana, ngerasa sumpek dengan kota Jakarta, gue pun nggak mau ngelewatin pas ada kesempatan kerja di sebuah perusahaan besar dan mapan di Tangerang. Secara karier tuh, perusahaannya nggak bakal bangkrut meski pandemi. 

Anehnya saat gue berangkat kerja ke kantor sensasinya beda ama yang gue rasain saat kerja di Froyonion. Rasanya ga tau kenapa males aja ke tempat kerja. Gue cuma bertahan 5 bulan di perusahaan itu dan begitu ditawari lagi kesempatan ke Froyonion, ya gue ambil dong! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dede

Visual arts lover