FroyoHQ

INTERN DI FROYONION: EKSPLOR POTENSI DIRI

Dari sisi ilmu, selama magang di Froyonion tuh banyak banget yang gua dapet di luar apa yang udah gua tau sebelumnya. Gua Isma, dan ini cerita permagangan gua di Froyonion!

title

FROYONION.COMHallo Civs! Perkenalkan, gua Isma, anak magang yang masih kuliah dan jadi anak bawang. Sekarang gua masih studi semester 7 peminatan advertising dan branding Universitas Al-Azhar angkatan 2018. 

Awal mulanya bisa magang di sini tuh sebenernya karena dikasih tau sama temen sih, bahwa Froyonion lagi butuh anak magang sebagai graphic designer (GD). Ketika gua tau, emang kebetulan di semester ini tuh emang ada matkul magang, yaudah gua langsung cus email CV + Portfolio gua ke HRD-nya Froyonion!

Singkat cerita, gua harap-harap cemas nungguin kabar intern di Froyonion. Tapi bersyukurnya, setelah beberapa saat, gua dapet email balesan dari Kak Tya, HRD Froyonion yang baik banget! Gua kayak ada online interview gitu sama jajaran-jajaran abang-abang Froyonion dan juga Kak Tya, intinya memastikan kesiapan dan keinginan gua untuk intern di sini.

Yang cukup sedihnya, pas awal-awal magang, gua tuh ternyata positif Covid-19. Jadi, gua sempet miss buat ikutan weekly meeting karena gua harus istirahat. Saat itu, selama 2 minggu lebih gua ngerasain sakit yang nggak main-main, bisa dibilang gua termasuk orang yang menderita gejala yang cukup parah ketika gua kena Covid-19.

Alhasil, selama 2 minggu tuh gua ngerasa kayak nggak enak sama Kak Maha, Sr. Graphic Designer di Froyonion. Gua nggak enak karena harusnya workload yang bisa dibagi bareng sama gua ehhh malah dia kerjain sendiri karena gua yang lagi sakit..

Tapi, untungnya Kak Maha super duper baik banget! Gua disuruh cukup istirahat dan jangan mikirin kerjaan sama sekali, saat itu gua berharap bisa pulih lebih cepet dan juga pengen cepet-cepet bisa interaksi sama anak-anak kantor lainnya.

Jujur, ekspektasi di awal sebelum gua magang di sini tuh gua bisa mendapatkan ilmu yang belum didapatkan sebelumnya, terus juga beragam perspektif baru dalam desain, yang di mana belom gua temuin dalam sebagaimananya karya yang ‘idealis’ di kepala gua.

Di bulan pertama gua magang pas abis sembuh dari Covid-19, gua baru merasakan banyaknya insight dan juga kayak inspirasi gitu yang datang dari karya-karya khas Froyonion. Akhirnya gua tau proses di balik layar dan juga gimana orang-orang ini menghasilkan ide yang menurut gua kreatif banget.

Sebulan full gua WFH, dan di bulan ke-2 gua magang, gua seneng bangepertama kalinya gua WFO ke kantor bareng 2 anak magang lainnya. Setelah hampir 2 tahun di rumah, ketemu sama anak magangers ‘ngabers’ yang luar biasa serunya, ada yang dari bandung,  ada yang dari depok, pokoknya punya ciri khas yang nano-nano!

Kita bertiga adalah anak magang yang beda divisi, gua dan Nindhy di GD, dan Garry di content writer. Kalo ngomong nyambung semua, kecuali Garry yang kalo ngomong suka becandaan minta bantu bikin artikel kalo gua atau Nindhy lagi ada waktu kosong, hahahaha.

Hal-hal kecil kayak percakapan nggak penting kayak barusan, atau juga banyolan-banyolan insiders yang gua nggak paham sampe akhirnya paham tuh nggak terduga seru banget!

Banyak anak rantauan yang dateng dari budaya yang beda-beda, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Bali, macem-macem, dan itu yang ternyata yang bikin suasana kantor jadi hangat dan nyaman, meskipun gua masih baru di sini.

Gua salut deh, anak-anak di Froyonion tuh punya banyak banget pengalaman. Di sini, anak-anak tuh terbiasa untuk belajar hal apa aja dan sama siapa aja, nggak memandang background.

Karena kadang tuh, ide dan kreativitas yang muncul untuk nyelesain kerjaan bisa muncul dari obrolan-obrolan receh. Tapi tetep sih, yang gua rasakan adalah hal yang gua pelajarin dari sini masih sejalan sama minat gua di graphic design, contohnya adalah belajar bikin deck yang proper.

Jadi, selama magang di sini tuh kita bertiga dikasih project gitu, bebas sih sebenernya mau ngapain. Tapi kita bertiga memutuskan untuk bikin TikTok buat Froyonion!

Kita berusaha menghidupkan kembali dan mengepakkan saya Froyonion di TikTok supaya jadi creative media yang up-to-date dan juga pastinya seru! Ditunggu yak Civs upload-an kita di TikTok wkakkakak

In the end, gua ngerasa sangat-sangat bersyukur dapet kesempatan untuk magang di sini. Sebagai anak magang, gua di-treat bener-bener dan dipandu biar gua ngerti. Yang namanya senioritas udah nggak ada, kita semua sama-sama belajar dan saling melempar ide dan opini satu sama lain, semua orang punya opini yang sama berharganya.

Tujuannya tetep sama, yaitu sama-sama mau menghasilkan karya yang terbaik buat Froyonion, lingkungan yang saling open kayak gini bener-bener buat gua kerja dengan nyaman juga sih. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Isma

Graphic Design adalah passionku, Reggae adalah kesukaanku.