Tech

MENGENAL FITUR INSTAGRAM BROADCAST CHANNEL DAN CARA MENGGUNAKANNYA

Instagram meluncurkan fitur baru yaitu Broadcast Channel. Bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasan berikut.

title

FROYONION.COM - Ada kabar gembira bagi pengguna jejaring sosial terutama Instagram. Baru-baru ini, Meta, perusahaan yang menaungi Facebook, WhatsApp termasuk Instagram, memunculkan fitur baru.

Namanya adalah Instagram Broadcast Channel. Gampangnya, fitur ini merupakan terobosan Instagram yang akan membantu konten kreator dan pengikut berkomunikasi lebih dekat.

BACA JUGA: KONTEN SERING BURAM SAAT DIUNGGAH KE INSTAGRAM? INI CARA MENGATASINYA!

Melalui fitur ini, memungkinkan para kreator untuk membuat saluran siarannya sendiri. Konten kreator juga bisa berbagi pesan atau pengumuman untuk pengikut. Bahkan, curhat pun bisa.

Setiap pengguna bisa bergabung dengan saluran yang kalian buat tanpa kecuali. Kehadiran fitur baru Instagram ini kabarnya jadi upaya terbaru perusahaan untuk mengembangkan pelayanan mereka.

ALAT PERPESANAN PUBLIK SATU-KE-BANYAK

Mirip seperti fitur yang tersedia di Telegram, kreator bisa mengirim pesan kepada pengikut melalui saluran miliknya. Pengikut juga tidak bisa mengunggah apapun, tapi tetap bisa memberi reaksi berupa emoji.

Dalam keterangan tertulisnya, Meta mengatakan bahwa fitur Broadcast Channel adalah alat perpesanan publik satu-ke-banyak yang bisa membuat kreator mengundang semua pengikut lalu membagikan pesan teks, foto maupun video.

"Kreator juga bisa menggunakan voice note untuk membagikan pembaruan terbaru mereka dan momen di balik layar, bahkan membuat jajak pendapat untuk mengumpulkan respon pengguna," tulis Meta.

ANGIN SEGAR BAGI KONTEN KREATOR

Fitur Instagram Broadcast Channel seakan jadi angin segar bagi para konten kreator. Seperti yang kita tahu, banyak banget kreator yang berkarya di salah satu media sosial terpopuler di dunia ini.

Mark Zuckerberg selaku pemilik Instagram mengatakan jika pihak developer sedang mempersiapkan fitur baru tersebut. 

BACA JUGA: PEDOMAN SAAT MEMILIH ORANG YANG MASUK DI CLOSE FRIEND INSTAGRAM

Zuck menyadari bahwa Instagram tidak sekedar media hiburan semata, tapi juga jadi ladang bisnis para kreator.

Sehingga dengan kehadiran fitur baru ini, diharapkan bisa membantu konten kreator memaksimalkan karyanya. Dan juga bagi pengikut yang bisa semakin update dengan idola atau akun favorit mereka.

HANYA BERLAKU SATU ARAH

Para konten kreator bisa mengirim pesan berupa teks, foto dan video melalui saluran pribadinya. Kiriman para kreator itu pun langsung bisa diakses oleh pengikutnya yang sudah bergabung.

Para pengikut bisa memberikan reaksi berupa emoji. Semua aktivitas dan media perpesanan jadi kendali sang kreator saja karena bersifat satu arah.

MASIH TAHAP UJI COBA

Banyak pengguna Instagram terutama konten kreator sudah menunggu fitur ini. Apalagi dengan sederet fasilitas yang ada di dalamnya.

Kabar baiknya, konten kreator di Indonesia sudah bisa menikmati layanan Broadcast Channel. 

BACA JUGA: MENGENAL INSTAGRAM NOTES, FITUR BARU UNTUK BERINTERAKSI DENGAN FOLLOWERS LO

Meski begitu, fiturnya belum sempurna karena masih dalam tahap uji coba.

Kalau nanti Meta sudah benar-benar merilis sepenuhnya, bukan tidak mungkin kalian bisa menggunakan seluruh layanan di dalamnya dengan maksimal. So, tunggu aja, ya.

CARA MENGAKTIFKAN FITUR BROADCAST CHANNEL DI INSTAGRAM

Bagi kalian yang mau menggunakan fitur Broadcast Channel di Instagram, maka harus mengaktifkannya lebih dulu. Caranya gampang, cukup ikuti langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Instagram

2. Klik menu “Direct Message” 

3. Klik ikon pena

4. Klik “Create Broadcast Channel”

5. Beri nama saluran sesuai keinginan

6. Terakhir, tekan “Create Broadcast Channel”

7. Selesai

Sesaat setelah klik “Create Broadcast Channel”, maka secara otomatis para pengikut akan menerima notifikasi. Pengikut yang tertarik bisa klik tautan dan masuk ke saluran kalian. Gimana, gampang kan?

BACA JUGA: 5 TIPS BANYAKIN FOLLOWERS INSTAGRAM NGGAK PAKE BELI

MENGOPTIMALKAN BROADCAST CHANNEL

Ada trik yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan fitur ini agar banyak diikuti followers. Penasaran? Berikut caranya:

1. Buat link undangan

2. Sisipkan di bio

3. Ajak pengikut untuk masuk ke channel dengan cara klik link tersebut

4. Jika pengikut klik, maka akan masuk ke channel

Selanjutnya, tinggal menggunakan grup siaran tersebut untuk mengirim pesan kepada para pengikut. Caranya mudah, tinggal tulis pesan berupa teks, atau pilih file foto dan video kemudian dibagikan.

Kalian bisa melihat reaksi dari para pengikut yang sudah membuka pesan tersebut. Model perpesanan seperti ini sangat efektif kalau kalian menggunakannya untuk jualan. Auto, cuan pokoknya.

Nah, itulah pembahasan mengenai Broadcast Channel yang jadi fitur terbaru Instagram. Jangan lupa untuk menyaring pesan yang bakal kalian post di saluran itu. 

Karena jejak digital apapun akan terekam dan bisa jadi boomerang jika tidak bijak menggunakannya. Good luck! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Diyo Suroso

Jurnalis dan content writer