Tech

MENGENAL INSTAGRAM NOTES, FITUR BARU UNTUK BERINTERAKSI DENGAN FOLLOWERS LO

Instagram baru-baru ini merilis fitur baru yaitu Instagram Notes yang buat gua lumayan jadi terobosan baru nih Civs. Well, apa aja si kegunaan dari Instagram Notes ini Civs?

title

FROYONION.COM - Instagram sebagai salah satu platform media sosial terus ngeluarin gebrakan-gebrakan baru nih Civs. Baru-baru ini, Meta selaku developer dari Instagram merilis fitur baru untuk Instagram. 

Kita sama-sama tau nih Civs, umumnya penggunaan Instagram sebagai platform media sosial utamanya adalah untuk membagikan unggahan-unggahan berupa foto atau video. 

Berbeda dengan fitur-fitur sebelumnya yang memiliki kaitan dengan unggahan foto atau video, kini Instagram merilis fitur yang membuat penggunanya bisa saling berinteraksi melalui konten berupa tulisan.

Yes, lo bener banget Civs, fitur baru tersebut adalah “Notes”. Sesuai dengan namanya, fitur Instagram Notes ini pada dasarnya adalah catatan kecil yang lo buat untuk dilihat orang. 

Lebih lanjut, Instagram Notes ini adalah sebuah catatan pendek yang bisa lo bagikan kepada followers atau ke list “Close Friends” yang ada di Instagram lo. 

Adapun, jumlah maksimal karakter yang lo bisa tulis adalah sebanyak 60 karakter. Dan sama seperti Instagram Stories, setelah 24 jam, Instagram Notes lo pun akan menghilang. Untuk letaknya sendiri, Instgram Notes ini berada di section yang sama dengan direct messages. 

Nah Civs, dari kemunculan Instagram Notes ini, masih banyak pengguna Instagram yang masih bingung dengan fungsi dan bagaimana pengaplikasian dari fitur ini nih Civs. Well, apa aja sih fungsi dan kegunaan dari fitur Instagram Notes ini? 

BACA JUGA: 5 TIPS BANYAKIN FOLLOWERS INSTAGRAM NGGAK PAKE BELI

MEMBERIKAN KEJELASAN MENGENAI KETERSEDIAAN KITA

Ketika lo membuka aplikasi Whatsapp, Line, atau media sosial komunikasi lainnya. Seringkali lo melihat  fitur status yang menjelaskan ketersediaan kita. 

Misalnya lo lagi ga bisa diganggu, lo bisa memasang status di Whatsapp dengan tulisan “Busy”, atau ketika lo lagi gabut dan ga ada kerjaan, lo bisa memasang status di Whatsapp dengan tulisan “Available”.

Kita pun sama-sama tahu, kalau Instagram bukan sekadar media sosial untuk mengunggah foto aja. Di Instagram pun, lo bisa berkomunikasi secara tekstual dengan para followers lo melalui fitur direct messages dan bahkan lo pun bisa telpon-telponan melalui Instagram.

Melalui fitur Instagram Notes ini, setidaknya lo bisa memberikan kejelasan mengenai ketersediaan lo. 

Misalnya lo lagi sibuk, lo bisa menulis di Instagram Notes dengan kalimat yang menjelaskan kalau lo lagi ga bisa diganggu. Atau misalnya lo, sedang dalam kondisi yang bisa diganggu lo bisa menulis di Instagram Notes lo dengan kalimat yang menjelaskan kalau lo sedang bisa dihubungi.

Atau lebih lanjutnya, lo bisa memberikan informasi atau kontak lain yang dapat followers lo hubungi ketika ingin berkomunikasi dengan lo. Misalnya nomor Whatsapp, ID Line, atau kontak lainnya melalui Instagram Notes ini. 

BACA JUGA: SEND ME ANONYMOUS MESSAGES VIRAL DI INSTAGRAM, BUAT APA SIH?

CURHAT

Sebagai anak muda yang seringkali merasa mudah tertekan dan tidak memiliki orang yang bisa dijadikan tempat bercerita. Media sosial seringkali dijadikan media bagi anak muda untuk berkeluh kesah mengenai apa yang sedang mereka rasakan.

Dan salah satu kegunaan lain dari fitur Instagram Notes ini adalah curhat. Dari sini gua melihat, perlahan kayanya Instagram mencoba mencari cara untuk bisa mengisi semua lini nih Civs. 

Kalau umumnya anak muda seringkali curhat di media sosial melalui aplikasi Twitter. Kini lo bisa curhat ke followers lo melalui fitur Instagram Notes nih Civs. 

Meskipun jumlah karakternya terbatas, gua ngerasa dengan fitur Instagram Notes ini, lo tetap bisa mengekspresikan apa yang lo rasakan Civs. Terlebih, ga ada batasan mengenai berapa jumlah Instagram Notes yang lo bisa unggah, so kalau lo merasa curhatan lo belum cukup di satu Instagram Notes, mungkin lo bisa membuat Instagram Notes lainnya, tapi ya jangan sampe spam juga. 

Meskipun diberikan wadah untuk curhat, lo harus tetap ingat ya Civs. Nggak semuanya perlu lo bagikan di media sosial, kalau masalahnya sudah terlalu besar, mungkin ada baiknya lo curhat langsung ke orang ya, jangan ke media sosial. 

CARA BARU BERINTERAKSI DENGAN FOLLOWERS LO

Gua merasa Mark Zuckerberg kayanya mendengarkan doa-doa para lelaki yang bingung cara memulai obrolan dengan crushnya

Kalau misalnya dulu salah satu cara termudah untuk memulai obrolan dengan crush lo adalah dengan cara ngelike stories atau reply stories mereka. Kini melalui Instagram Notes, lo dapat memulai manuver dengan cara ngereply Instagram Notes mereka. 

Selain ngereply Instagram Notes mereka, lo juga bisa membuat Instagram Notes yang memiliki kaitan dengan orang yang suka. Misalnya, melalui notes yang ngebahas lagu kesukaan mereka, film kesukaan mereka, dan lainnya. So, lo ga punya alasan untuk nggak deketin crush lo ya Civs!

Tapi lebih dari itu, munculnya Instagram Notes ini buat gua benar-benar memudahkan para pengguna Instagram untuk bisa saling berinteraksi satu sama lain. 

Karena gini, utamanya cara berinteraksi dengan followers kita di Instagram adalah dengan cara mengunggah foto atau video. Entah interaksi tersebut berbentuk like, comment, atau reply stories, seenggaknya lo harus upload foto atau Instagram terlebih dahulu.

Dengan munculnya Instagram Notes ini, orang–orang yang ga photogenic atau estetik seenggaknya punya kesempatan untuk berinteraksi dengan para followersnya melalui Instagram Notes yang notabenenya adalah konten berbentuk teks. 

Sekarang selain membagikan foto atau video, lo pun bisa membagikan konten teks yang memberikan lo kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain. Sehingga, makna media sosial dari Instagram ini lebih terasa dengan hadirnya Instagram Notes ini. 

PROMOSI DAN JUALAN

Terakhir, buat lo yang hobi jualan di Instagram, kini lo ga perlu spam di Instagram Stories yang notabenenya lebih banyak ngeluarin kuota karena unggahan foto yang lo unggah. Karena sekarang, lo bisa berjualan di Instagram hanya bermodalkan teks aja. 

Melalui Instagram Notes, kini lo memiliki alternatif lain untuk mempromosikan jualan lo ke para followers lo di Instagram. 

Kalau dulu daya jual dari jualan di Instagram adalah foto katalog jualan yang estetik. Kini skill copywriter yang lo miliki bisa lebih dimaksimalkan melalui fitur Instagram Notes ini. 

Dengan batas karakter sebanyak 60 karakter, seenggaknya lo bisa membuat kalimat jualan yang singkat, padat, jelas, dan juga efektif. Dan ketika ada orang yang tertarik, orang tersebut bisa langsung membalas Instagram Notes lo. 

Lo juga bisa meminta tolong teman-teman lo untuk mengunggah Instagram Notes untuk membantu mempromosikan jualan lo. Karena gini, seringkali orang malas membantu kita dalam mempromosikan produk yang kita jual dikarenakan adanya kewajiban untuk memfoto dan mengunggah foto tersebut. 

Tapi, dengan adanya Instagram Notes ini gua merasa–merasa orang-orang akan lebih mau membantu kita dalam mempromosikan produk yang kita jual, karena yang diunggah hanyalah teks aja. 

Itulah berbagai fungsi dan kegunaan dari Instagram Notes. Mulai dari memberikan status mengenai ketersediaan kita, curhat, manuver untuk ngegebet orang, sampai ke jualan. Dan mungkin seiring berjalannya waktu, gua yakin akan ada fungsi dan kegunaan lain yang akan bertambah.

Pesan gua cuma satu, gunakanlah fitur ini dengan semestinya dan jangan spam. Karena kalau lo spam, ya lo cuma jadi keliatan norak aja. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop