Tech

BERKAT AI, PENGGUNA WHATSAPP KINI BISA LAKUKAN BANYAK AKTIVITAS SEKALIGUS

Sejumlah aktivitas nantinya bisa kalian lakukan melalui WhatsApp. Seperti memesan tempat di restoran, membeli barang di Alfamart atau online shop, dan mengantre di Posyandu.

title

FROYONION.COM - WhatsApp menyelenggarakan acara WhatsApp Business Summit pertama di Indonesia di Main Ballroom Ritz Carlton Pacific Place Jakarta pada Rabu (1/10). Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.500 peserta yang terdiri dari para pengusaha kecil, perusahaan, dan developers

Pada kesempatan tersebut, Alfamart mengumumkan bahwa sebentar lagi masyarakat dapat melakukan pemesanan secara langsung melalui WhatsApp. Tidak hanya itu, WhatsApp juga mengenalkan beragam fitur baru yang memudahkan pelanggan dalam berinteraksi dengan penjual.

“Saya mengapresiasi Meta atas penyelenggaraan WhatsApp Business Summit 2023. Saya percaya acara ini dapat menjadi sarana berbagi informasi dan pengalaman tentang transformasi digital UMKM Tanah Air,” ucap Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki.

JAJAN DI ALFAMART VIA WHATSAPP

WhatsApp
Jajan di Alfamart cukup lewat aplikasi WhatsApp.

BACA JUGA: SERING TYPO SAAT CHATTING? WHATSAPP KINI LUNCURKAN FITUR EDIT PESAN

Kalian dapat melihat katalog produk di Alfamart secara online dengan berbalas pesan melalui Alfagift di WhatsApp. Caranya mudah: kalian tinggal menambahkan item ke dalam keranjang dan melakukan pembayaran.

Pesanan akan langsung dikirim menuju alamat yang ditentukan. Kalian pun bisa melakukan pelacakan pada pesanan tersebut. Fitur ini akan bisa kalian gunakan dalam beberapa bulan mendatang.

"Alfamart telah berhasil memanfaatkan WhatsApp secara efektif untuk memudahkan para pelanggan kami dalam mengakses program loyalitas kami,” ujar Chief Commercial Officer Alfagift, Alfamart Linda Valentin dalam kesempatan tersebut.

“Saat ini, kami merasa sangat antusias dalam menggunakan WhatsApp untuk menghadirkan pengalaman online-to-offline yang sederhana dan dapat diandalkan bagi konsumen kami,” tambahnya.

FITUR FLOWS YANG MUDAHKAN PENGGUNA

Fitur Flows WhatsApp Business
Fitur Flows WhatsApp Business.

WhatsApp mengenalkan fitur Flows supaya pengguna dapat memesan kursi untuk pertemuan, perjalanan, ataupun restoran. Hal ini membuat kalian tidak perlu membuang waktu dan menunggu lama, misalnya untuk bisa masuk ke dalam restoran.

Flows menyediakan berbagai pilihan menu yang lengkap serta formulir yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang bermacam-macam. Fitur WhatsApp Flows kini tersedia secara global bagi bisnis yang menggunakan Platform WhatsApp Business.

VERIFIKASI BISNIS DI WHATSAPP OLEH META

WhatsApp Business
WhatsApp Business.

Bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business dapat menerima Verifikasi Meta. Hal ini akan meyakinkan pelanggan bahwa mereka sedang berinteraksi dengan akun bisnis yang resmi. 

Verifikasi Meta akan hadir dengan fitur premium tambahan yang mencakup kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus. Halaman khusus tersebut nantinya akan mudah ditemukan melalui pencarian lewat peramban (browser).

Untuk mendapatkan verifikasi Meta, sebuah bisnis dapat menunjukkan keasliannya kepada Meta. Bisnis tersebut nanti akan mendapatkan lencana (badge) terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, dan perlindungan dari peniruan.

“Sejak tahun 2022, percakapan sehari-hari antara individu dan bisnis di WhatsApp di Indonesia meningkat hampir dua kali lipat, dan kami bertekad untuk terus mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia,” kata Pieter Lydian, Country Director, Meta di Indonesia.

TEKNOLOGI AI PADA WHATSAPP

Dalam waktu dekat, WhatsApp berupaya meningkatkan mutu dan kecepatan layanan yang mereka berikan kepada pelanggan menggunakan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). 

Saat ini, Whatsapp sedang menguji AI yang dirancang secara khusus untuk keperluan bisnis supaya setiap bisnis dapat memiliki AI yang mampu berinteraksi dengan pelanggan. Nantinya AI tersebut akan membalas pesan kalian secara otomatis sehingga komunikasi yang terjalin dapat lebih efektif dan efisien.

“Terima kasih Meta karena telah membantu Indonesia. Kami berharap antusiasme dan kerja sama semua pihak, termasuk WhatsApp, dapat membantu kita melanjutkan perkembangan dan pertumbuhan teknologi,” ujar Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung