Tips

PEDOMAN SAAT MEMILIH ORANG YANG MASUK DI CLOSE FRIEND INSTAGRAM

Fitur close friend di Instagram memang kadang bisa menimbulkan masalah. Oleh karena itu, pastikan Civs memahami siapa saja yang perlu masuk dalam close friend.

title

FROYONION.COM - Instagram adalah salah satu media sosial yang punya banyak sekali pengguna. Nah, salah satu fitur di Instagram yang mungkin sering mengundang perdebatan atau memancing masalah adalah fitur Close Friend. Banyak sekali orang yang menggunakan fitur ini, akan tetapi, banyak juga yang mungkin belum memahami betul fungsi dari fitur ini. 

Close friend di Instagram adalah fitur yang tersedia untuk membuat list atau daftar teman dekat dari lo sebagai pemilik akun. Pemakaian fitur close friend ini sebenarnya bertujuan agar story yang diunggah berupa foto dan di video hanya bisa dilihat oleh teman dekat.

Melalui fitur ini, Civs bisa bebas mengatur story hanya bisa dilihat oleh orang tertentu. Civs bisa mengelompokkan siapa saja yang dikehendaki untuk melihat story kamu.

Selain itu, nama akun yang ditambahkan juga tidak saling mengetahui ketika menggunakan fitur ini. Artinya, pemilik akun sendiri yang hanya mengetahui siapa nama akun yang masuk dalam close friend

Sementara itu, saat menggunakan fitur close friendstory yang dibagikan biasanya akan terlihat dengan warna cincin hijau muda.

***

Sayangnya, kadang seseorang kurang bijak dalam memilih siapa saja yang masuk ke dalam daftar teman dekat mereka. Ada orang yang baru saja dia kenal, tiba-tiba saja ia masukkan ke dalam close friend. Atau bahkan ada juga mereka yang sebetulnya sudah jarang berkomunikasi, tetapi malah tetap dimasukkan ke dalam close friend.

Masalahnya, jika unggahan di close friend tersebut terlalu pribadi, mereka yang melihatnya malah jadi bingung. Mungkin ada yang berpikir, kenapa hal seperti ini harus dibagikan kepadanya.

Bukan rahasia lagi bahwa unggahan di close friend juga kerap jadi bahan pergunjingan. Nah, apakah Civs mau jadi bahan pergunjingan orang-orang?  Jika tidak, coba perhatikan lagi daftar orang-orang yang Civs masukkan ke dalam close friend.

Pastikan Civs sudah yakin bahwa mereka tidak akan membongkar rahasia yang Civs bagikan melalui postingan close friend.

BACA JUGA: MENGENAL INSTAGRAM NOTES, FITUR BARU UNTUK BERINTERAKSI DENGAN FOLLOWERS LO

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi alasan paling masuk akal mengapa Civs bisa masuk dalam close friend seseorang di Instagram nih: 

1. DIANGGAP TEMAN DEKAT 

Paling sering, seseorang masuk ke dalam close friend seseorang karena merupakan teman dekat. Teman dekat ini pun biasanya yang memang setiap hari menjadi tempat curhat terkait apapun. Bisa soal asmara, pekerjaan, atau bahkan hubungan dengan keluarga.

Biasanya postingan pribadi ini ditujukan agar pengunggahnya mendapatkan support dari teman terdekat. Selain itu, sebagai teman dekat, kalian pun tidak ada rahasia lagi. 

Dengan begitu, mereka bisa jadi lebih nyaman dan lebih leluasa dalam membagikan unggahan personal tersebut. Jadi, jika Civs melihat teman sedang sedih di Instagram story mereka, kamu bisa memberinya support agar mereka tidak merasa sendiri.

2. DIANGGAP TIDAK GAMPANG NGE-JUDGE

Alasan selanjutnya mengapa seseorang bisa masuk list close friend adalah karena ia tidak gampang judge, bahkan jika kalian sebenarnya kurang dekat. Karena itulah, mereka jadi nyaman untuk membagikan hal-hal pribadi.

Nah, untuk menjaga pandangan positif mengenai dirimu dari orang lain, Civs wajib untuk menjaga kerahasiaan mengenai isi unggahan mereka dan tidak menjadikannya sebagai bahan obrolan dengan orang lain. Dengan begini, hubungan kalian bisa tetap baik walaupun sebenarnya kurang dekat. 

3. KAMU CUEK DAN SANTAI

Sebelum seseorang menentukan siapa saja yang akan masuk ke close friend mereka, biasanya mereka akan mengamati juga unggahan kamu di Instagram. Jika mereka merasa Civs adalah orang yang cuek dan santai, otomatis mereka mungkin mau memasukkan kamu ke close friend.

Orang yang terlihat cuek juga cenderung tidak mengomentari Instagram story seseorang dengan mudah. Oleh karena itu, mereka mempercayakan kamu ke dalam daftar close friend mereka.

BACA JUGA: KLASIFIKASI PENGGUNA INSTAGRAM ANAK-ANAK MUDA

4. SATU FREKUENSI

Nyatanya, fitur close friend sangat cocok untuk Civs yang sering mengunggah konten tertentu dengan bebas tanpa mengganggu orang lain yang kurang tertarik pada hal tersebut. 

Jadi, jika seseorang memiliki suatu kesukaan yang sama dengan kamu, sangat mungkin Civs akan dimasukkan ke close friend mereka.

Contoh paling mudahnya adalah jika Civs adalah penggemar K-Pop, maka biasanya teman-teman yang juga menyukai K-Pop tidak akan ragu memasukkan kalian ke dalam close friend. 

5. MENGHINDARI ANGGOTA KELUARGA

Nyatanya, di luar sana ada saja orang yang memasukkan hampir semua teman atau pengikutnya ke dalam close friend kecuali anggota keluarganya. 

Pasalnya, tidak sedikit orang yang merasa tidak nyaman dan merasa dipantau oleh anggota keluarga mereka. Apalagi jika postingan Civs malah jadi bahan omongin saat sedang kumpul keluarga.

Jadi, daripada merepotkan, ada orang yang menyembunyikan postingan mereka dari keluarga. 

***

Terkadang, memang sulit memahami alasan seseorang memasukkan kita ke close friend mereka. Tetapi, satu hal yang perlu Civs ketahui, janganlah mengumbar apa yang mereka update jika kamu salah satu close friend mereka.

Namun selain itu, pastikan Civs juga pintar-pintar memilih close friend. Coba posisikan diri kalian sebagai mereka, pikirkan bagaimana reaksi yang mungkin terjadi saat melihat postingan close friend yang Civs lakukan.

Jika tidak mau repot, buatkan saja polling yang menanyakan ketersediaan mereka untuk melihat postingan close friend. Buat pilihan iya atau tidak, dan masukan mereka yang bersedia untuk menjadi list close friend.

Selain itu, ada beberapa orang yang sebaiknya tidak Civs masukan ke dalam close friend:

  • Mantan pacar, karena tidak ada gunanya kalian membagikan kehidupan pribadi kalian. Ingat, dari awal kalian bukan teman, jadi setelah putus, sebaiknya jangan menganggap mereka teman dekat hanya karena dia sudah mengetahui hal-hal pribadi tentangmu.
  • Mantan gebetan, jika kalian sudah bersepakat untuk tidak melanjutkan hubungan, sebaiknya jangan berbagi informasi pribadi melalui close friend. Karena bisa saja ini menyakiti salah satu dari kalian, terutama saat kalian mengunggah pacar baru kalian.

Jadi mulai sekarang, Civs harus lebih bijak lagi dalam memilih teman di daftar close friend instagram, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rizky Setiawan

Penulis dan editor. Tertarik dengan isu-isu seputar gaya hidup.