Music

YANG BERBEDA DARI JOYLAND FESTIVAL 2023 DIBANDING TAHUN SEBELUMNYA

Pada setiap tahunnya, Joyland Festival kerap memberikan kesan mendalam bagi pengunjung. Joyland Festival 2023 dinilai sangat berkesan, tidak hanya bagi pengunjung, tapi juga bagi musisi.

title

FROYONION.COM - Joyland Festival Jakarta 2023 menghadirkan deretan musisi yang lebih berwarna, dibanding Joyland Festival Jakarta pada tahun sebelumnya. 

Walau sama-sama terselenggara di bulan November, lokasi Joyland Festival tahun ini pun berbeda dari tahun lalu. Namun, masih berada dalam satu kawasan dalam Stadion Gelora Bung Karno.

Berikut perbedaan yang akan kentara kalau kalian datang pada Joyland Festival Jakarta 2023 dan tahun sebelumnya.

LINE UP YANG NAIK LEVEL

Deretan musisi yang dikurasi oleh Ferry Dermawan membuat Joyland Festival Jakarta 2023 menjadi terasa lebih banyak pengunjung dibanding tahun sebelumnya.

Tidak lupa kurasi tambahan oleh Whiteboard Journal yang turut memanggil musisi negara Asia Tenggara untuk ikut meramaikan Joyland Festival tahun ini.

BACA JUGA: OTOBOKE BEAVER MENARIK PERHATIAN SELURUH PENGUNJUNG JOYLAND FESTIVAL

Namun, hal yang terasa sama adalah Joyland Festival kerap menghadirkan musisi berkelas sejak hari pertama. Tahun lalu ada Cornelius, tahun ini ada Mew!

Ditambah dengan deretan musisi dari genre yang lebih beragam, pendatang baru, dan inklusif membuat Joyland Festival jadi terasa begitu berwarna.

JAMUAN TERBAIK BAGI MUSISI

Pada Joyland Festival 2023, terdapat jamuan khusus bagi para musisi di area backstage yang berlokasi di area tennis indoor Senayan. Hal ini belum dijumpai di festival musik lainnya.

“[Joyland tahun ini] terasa semakin asik,” ucap Fathia Izzati, vokalis Reality Club. “Kalian harus masuk ke backstage para artis, ada green room, games, photo booth, perasamanan, music vacancy nonton oleh Whites Shoes.”

Joyland Festival Jakarta 2023
Penampilan band Reality Club di hari ketiga Joyland Festival Jakarta 2023.

AREA WHITE PEACOCK YANG LEBIH CLEAR

Pada Joyland Festival tahun lalu, area White Peacock berdekatan dengan panggung lainnya sehingga anak-anak yang menjadi audiens utama area ini terasa berebut dengan penonton Joyland yang lain.

Lalu pada Joyland Festival 2023, area White Peacock dibuat lebih clear dari berbagai risiko seperti berhimpitan, kebasahan, ataupun polusi udara.

Tidak hanya itu, White Peacock dibuat lebih besar dengan program yang lebih banyak sehingga anak-anak sungguh bisa menikmati Joyland Festival.

TETAP AMAN WALAU LEBIH RAMAI

Aku tidak sengaja melihat smartphone tergeletak di tanah. Pengunjung lain yang mengetahui pemiliknya lekas mengambilnya lalu mengembalikan smartphone tersebut kepada pemiliknya.

BACA JUGA: 6 HAL YANG BIKIN JOYLAND FESTIVAL BERBEDA DARI FESTIVAL MUSIK LAINNYA

Joyland Festival 2023 terasa lebih ramai. Kalian juga akan menemui bahwa terdapat beberapa orang dewasa merokok sembarangan alias tidak pada tempat yang telah disediakan.

Pengunjung lain yang menyadari hal tersebut, cukup sigap untuk mengingatkan perokok tersebut untuk mematikan rokoknya. Hal tersebut patut diapresiasi mengingat yang merokok tidak pada tempatnya mungkin terdapat sekitar belasan orang.

PRODUK KOLABORASI YANG MENARIK

Joyland Festival 2023 berkolaborasi dengan berbagai brand seperti Humblezing, Corkcicle, Pop Mie dan brand lainnya. Salut ternyata produk kolaborasi tersebut semuanya tampil menawan dengan gaya desain Joyland Festival.

Terdapat juga merchandise musisi nasional dan mancanegara yang bisa kalian koleksi di Plainsong Store. Pengunjung juga bisa mendapatkan banyak sekali promo menarik di area festival.

PANGGUNG MUSIK YANG ECO FRIENDLY

LILY PAD JOYLAND
Penampilan White Chorus di panggung Lily Pad. Panggung ini dihiasi botol bekas yang melengkung di atasnya.

Belum semua penonton menyadari bahwa panggung Lily Pad terbuat dari botol-botol bekas yang dibuat menjadi latar belakang panggung. Selain itu, terdapat juga pohon besar di dekat Joyland Stage dan charging station yang terbuat dari bahan-bahan bekas.

Walau sudah berlalu seminggu, keseruan Joyland Festival Jakarta 2023 masih terasa hingga hari ini. Keseruan lainnya lewat pre event dan post event Joyland Festival juga turut mewarnai festival musik ikonik satu ini.

Nantikan keseruan Joyland Festival Bali 2023 pada 1-3 Maret mendatang! Kalian dapat mendapatkan informasi terbaru tentang Joyland Festival dengan mengunjungi media sosial dan website resmi Joyland Festival.

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung