Music

6 HAL YANG BIKIN JOYLAND FESTIVAL BERBEDA DARI FESTIVAL MUSIK LAINNYA

Joyland Festival berjalan lancar selama 3 hari pada 4-6 November. Beberapa musisi yang manggung seperti ERK dan BTVC menyebutnya sebagai festival musik terbaik. Kok bisa sih?

title

FROYONION.COM - Joyland Festival sudah usai, tetapi banyak kenangan bagus yang terukir lantaran betapa berkesannya festival musik tersebut. Di tengah banyaknya festival musik yang terkendala, mulai dari over-capacity hingga batal konser, Joyland Festival syukur tetap bisa berjalan dengan baik.

Setelah 3 tahun lebih melewati pandemi, animo masyarakat untuk menikmati penampilan musisi secara langsung tentu sangat dinanti-nanti. Joyland Festival yang berlangsung di Lapangan Softball, GBK Senayan, Jakarta sekaligus menjadi taman bermain bagi mereka yang membawa keluarga.

Berikut 6 hal yang bikin Joyland Festival memiliki kesan berbeda dibanding festival musik lainnya:

1. CROWD MANAGEMENT YANG SIGAP

Patut diacungi jempol, crowd management berbaju merah yang merapikan kerumunan sangat sigap dalam menerbitkan pengunjung. Banyak pengunjung yang berlalu lalang tidak sesuai jalurnya (misalnya berjalan di jalur kanan, padahal harusnya di jalur kiri). Melihat hal tersebut, crowd management Joyland Festival langsung menertibkan laju pengunjung layaknya polisi lalu lintas.

2. BISA DINIKMATI SEMUA KALANGAN USIA DAN GENDER

Kalau lo membawa anak kecil, sembari menikmati lagu yang sedang dinyanyikan lo bisa membiarkan dia mewarnai. Terdapat juga stage khusus supaya anak kecil tetap bisa menonton musisi favoritnya tampil tanpa merasa terhalang oleh orang dewasa. 

Lo pun bisa menemani dia buat jajan di berbagai stan jajanan di Joyland Festival. Terdapat juga pilihan aktivitas lain seperti menonton film di Cinerillaz, main origami, face painting, bermain bola, ataupun sekadar berlarian di lapangan rumput.

3. SAMPAH ROKOK ENGGAK BERSERAKAN

Penonton juga tidak boleh menghisap vape dan rokok sembarangan; boleh menghisap vape asal tidak menghalangi pandangan penonton lain, sedangkan merokok ada tempatnya sendiri tidak jauh panggung. Kalau ada yang melanggar langsung bakal disamperin sama crowd management buat diberi peringatan.

BACA JUGA: JOYLAND FESTIVAL: NYAMAN DAN AMAN NGGAK HANYA BUAT ANAK MUDA TAPI SEMUA USIA

4. MUSISI TOP MANCANEGARA

Sederet musisi mancanegara pun turut hadir memeriahkan Joyland Festival. Hari pertama diisi oleh Years & Years, Moonchild, dan Cornelius. Lanjut hari kedua diisi oleh Secret Number, SALES, Mild High Club, dan Thundercat. 

Kemudian hari ketiga diisi oleh Phum Viphurit, PREP, dan Tennis. Banyak banget musisi luar negeri yang hadir. Berdasarkan penilaian banyak pengunjung, Cornelius masih menjadi favorit di antara yang lainnya!

5. TERDAPAT STAND UP COMEDY

Setelah lelah berjingkrak dan bernyanyi, lo bisa duduk santai menyaksikan penampilan oleh komika di Shrooms Garden. Pada hari pertama sempat terkendala karena hujan. Namun, setelah itu banyak penonton yang dibikin tertawa oleh jokes mereka.

Komika yang hadir antara lain Indra Jegel, Ge Pamungkas, Abdur Arsyad, Popon Kerok, Bintang Bete, Rere Rassofyan, dan Yono Bakrie. Hadir pula Rio Dumatubun, Arif Alfiansyah, Barry Williem, Patra Gumala, dan Bonar Manalu.

6. GRATIS ISI ULANG AIR MINUM

Tempat isi ulang air minum di Joyland Festival disebar di banyak titik. Lo bisa memilih untuk mengisinya di tempat yang lo suka. Lo cukup membawa botol minum kosong dan nyamperin tempat pengisian. Biasanya cukup antre sebentar setelah itu botol minum lo penuh kembali.

Membawa botol minum ke festival musik juga itung-itung menghemat pengeluaran. Jadi lo cukup memesan makan saja di lokasi dan gak perlu memesan minum karena minumnya dari air minum isi ulang.

Sangat mungkin konsep Joyland Festival yang bisa dinikmati semua kalangan usia dan gender, bakal dipakai formulanya oleh promotor musik lainnya untuk mendapatkan audiens yang lebih banyak. Yang terpenting promotor tetap tidak nakal misalnya dengan melebihkan angka pengunjung dan akal-akalan lainnya. (*/)

BACA JUGA: DARI THUNDERCAT HINGGA PHUM VIPHURIT, JOYLAND FESTIVAL RILIS LINE-UP PENAMPIL INTERNASIONAL DAN LOKAL

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung