Music

BEDAH MAKNA LIRIK LAGU PENJAGA HATI - NADHIF BASALAMAH, LAMPAUI BATAS DAN RINTANGAN DEMI CINTA

‘Penjaga Hati’ lagu karya musisi Nadhif Basalamah membawa kita merasakan getaran-getaran kala jatuh cinta. Yuk kita bedah gimana makna dari lagu yang indah ini.

title

FROYONOION.COM – Musisi muda Nadhif Basalamah memperkenalkan single terbarunya yang berjudul ‘Penjaga Hati’. Lagu ini telah mencuri perhatian banyak pendengar dan mencapai posisi puncak dalam berbagai tangga lagu sejak tanggal perilisannya pada 21 Juni 2023 lalu, mencatatkan pencapaian gemilang walaupun sebagai musisi pendatang baru.

Bersama dengan Petra Sihombing dan Daffa Sirat, penyanyi asal Jakarta ini menuangkan isi hatinya kala ia sedang jatuh cinta. Ia menyebut bahwa lagu ‘Penjaga Hati’ ini merupakan penyampaian paling jujur untuk sang kekasih.

"Penjaga Hati" juga jadi cerminan emosi yang tak terkendali, di mana ketika seseorang memiliki hubungan yang begitu kuat dengan orang lain, ia bisa melampaui batas-batas dan mengatasi semua rintangan demi kebahagiaannya,

"Lagu ini terinspirasi dari perasaan cinta yang rumit, di mana seseorang mencintai seseorang yang tidak siap untuk menerima cintanya," kata Nadhif dikutip Froyonion dari Antara, 21 Oktober 2023.

Uniknya, lagu ‘Penjaga Hati’ ini menjadi kali pertama Nadhif merilis single dengan Bahasa Indonesia. Sebelumnya, Nadhif memang dikenal sebagai penyanyi yang biasa mengeluarkan lagu dengan Bahasa Inggris

“Yang gue rasain transisi ke lirik Bahasa Indonesia tuh apa ya lebih kompleks aja secara bahasa. (Bahasa Indonesia) lugas banget bahasanya. Meskipun hiperbola bahasanya, ‘Kan ku arungi tujuh laut Samudra, Kan ku daki pegunungan Himalaya’ kalau pakai Bahasa Indonesia kayak direct aja gitu, langsung ketahuan ini lagunya tentang apa,” ujar Nadhif dilansir dari YouTube Bicara Melodi.

BACA JUGA: CHARLIE PUTH CERITAKAN INSTRUMEN LAGU 'NO MORE DRAMA' BERASAL DARI SUARA PINTU

Lagu ‘Penjaga Hati’ ternyata sudah ditulis oleh Nadhif sejak 2019 saat dirinya masih tinggal di London, dan kemudian disempurnakan dua bulan yang lalu di Bali bersama Petra Sihombing dan Daffa Sirat.

Meskipun lagu ini mengenai cinta yang menggebu-gebu, tapi nyatanya lagu ini dirilis saat Nadhif baru putus dari sang kekasih. Meski begitu, ia mengaku memang menyukai lagu ini, jadi walaupun setengah hati ia tetap merilis lagu tersebut dan ternyata respon cukup bagus.

“Momennya ya gitu sih, tapi ya nggak papa sih ujungnya lagu ini ya buat gue, soalnya gue suka aja sih sama lagunya, sesederhana itu si jawabannya,” ungkap Nadhif.

Singkatnya, lagu ‘Penjaga Hati’ mengungkapkan perasaan cinta yang mendalam dan kesetiaan yang tulus terhadap seseorang yang dianggap sebagai penjaga hati.

Nah, biar tahu lebih dalam soal apa yang ingin disampaikan oleh Nadhif Basalamah, berikut Froyonion akan membedah lebih lanjut mengenai lagu ‘Penjaga Hati’ di bawah ini.

CINTA YANG MENDALAM

Lagu ini mengisahkan momen saat seseorang menemukan cinta yang begitu sempurna dan mendalam.

Pada bait pertama, kita disajikan dengan kalimat, "Tak sadar ku temukan, Temukan wanita rupawan, Yang sadarkan."

BACA JUGA: COPYCAT SUICIDE DAN PERAN PEMBERITAAN BERLEBIH SOAL BUNUH DIRI BERAKIBAT FATAL

Dalam kalimat ini, Nadhif agaknya ingin menyampaikan perasaannya saat pertama kali menemukan wanita yang menakjubkan dan berhasil membuatnya menyadari betapa dalamnya perasaan cintanya.

Kalau ibarat kata sih “dia nih belahan hati gue”

GAMBARAN KESETIAAN DAN KENYAMANAN

Kemudian, salah satu tema yang cukup dominan dalam lirik lagu ini adalah kesetiaan dan perasaan nyaman dalam hubungan cinta.

Nadhif menggambarkan pasangannya sebagai satu-satunya orang yang ada dalam hatinya.

Pada bait kedua, kita bisa mendengar kata-kata"Dia seorang, Tiada lain tiada bukan, Hanya dia"

Dalam kalimat ini, Nadhif menekankan bahwa wanita ini adalah satu-satunya yang dapat memenuhi hatinya dan memberikan kenyamanan yang sangat mendalam dalam pelukan mereka.

TEKAD DAN KESEDIAAN MENGATASI RINTANGAN

Pada bagian tengah lagu, Nadhif menekankan tekad untuk mengatasi segala rintangan demi cinta. "Kan ku arungi tujuh laut Samudra, Kan ku daki pegunungan Himalaya."

Metafora ini menggambarkan kesediaan seseorang untuk melakukan apa saja untuk pasangannya, bahkan jika itu berarti menghadapi kesulitan besar. Nadhif menyatakan bahwa dia akan melakukan apapun demi orang yang dicintainya.

Lewat lirik "Apapun kan ku lakukan tuk dirimu Sayang, Oh penjaga hatiku", Nadhif mencoba menggambarkan kesetiaan yang mendalam dan tekad untuk tetap bersama, bahkan jika rintangan datang.

Lagu ini menyiratkan bahwa penyanyi bersedia melakukan segala hal demi cinta pasangannya, dan dia menganggapnya sebagai penjaga hatinya.

BERHARAP TAK PERNAH BERPISAH SELAMANYA

Lewat lirik lagu, "Kau dan aku sempurna, Semoga ada cara tuk terus bersama, Selalu ku tunggu" dan "Tak mau berlalu, Kau dan aku".

BACA JUGA: MAKNA LIRIK LAGU HINDIA - CINCIN, BAHAS ISU KRUSIAL DALAM PERJALANAN CINTA DUA INSAN

Nadhif merasa bahwa mereka berdua adalah pasangan yang sempurna satu sama lain dan berharap dapat tetap bersama untuk selamanya. Lirik ini mencerminkan keinginan penyanyi agar hubungan mereka tidak pernah berakhir.

Kemudian lewat lirik, "Karna bersamamu semua terasa indah, Gundah gulana hatiku pun hancur sirna, janji ku tak kan ku lepas wahai kau bidadariku dari surga, Tuk selamanya, Tuk selamanya"

Nadhif merasa bahwa hidupnya menjadi indah berkat kehadiran pasangannya, dan dia berjanji untuk tetap bersamanya selamanya. Dia juga menggambarkan pasangannya sebagai malaikat dari surga yang tidak akan dia lepaskan sampai maut menjemput.

‘PENJAGA HATI’ UNGKAPAN KASIH YANG UNIVERSAL

Meskipun lirik lagu ini berfokus pada perasaan cinta antara seorang pria dan wanita, ternyata lagu ini adalah dedikasi kepada ibunya, yang dijuluki sebagai "penjaga hati."

Nadhif merayakan kehadiran ibunya dan mengungkapkan cintanya dalam lirik. Ini mengungkapkan bahwa cinta sejati tidak hanya bisa ditujukan kepada pasangan romantis, tetapi juga kepada keluarga dan orang yang kita cintai.

BACA JUGA: SUDAH WAKTUNYA MENGANGGAP SERIUS LAGU-LAGU ALDI TAHER

Lirik lagu "Penjaga Hati" oleh Nadhif Basalamah adalah ungkapan cinta yang mendalam dan kesetiaan yang tulus terhadap seseorang yang dianggap sebagai penjaga hati.

Lagu ini menggambarkan bagaimana cinta bisa membuat seseorang melampaui batas dan mengatasi rintangan demi kebahagiaan orang yang dicintainya.

Dalam liriknya, Nadhif Basalamah menyampaikan perasaan cinta yang kuat dan kesetiaan yang mendalam, serta dedikasi kepada orang-orang yang kita cintai.

Lagu yang mempunyai vibes indah indah kini telah berhasil menempati posisi #1 dan #5 di beberapa chart #01 viral di Indonesia, #01 teratas Indonesia, #05 viral global dan menggugah perasaan banyak orang yang mendengarkannya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anandita Marwa Aulia

Hanya gadis yang suka menulis