Movies

FILM HOROR ‘SINDEN GAIB’ ANGKAT KISAH NYATA DARI TRENGGALEK

Trenggalek menyimpan kisah horor tentang sinden Sarinten. Kisah nyata dari Jawa Timur itu pun diangkat menjadi sebuah film berjudul Sinden Gaib yang akan tayang pada 22 Februari.

title

FROYONION.COM - Sinden Gaib adalah film horor karya sutradara Faozan Rizal. Bercerita tentang sekelompok siswa yang sedang membuat dokumenter tentang tarian Turonggo Yakso di Trenggalek, Jawa Timur.

Ayu (Sara Fajira) dan temannya melakukan syuting di Watu Kandang, Trenggalek. Saat itu salah seorang teman Ayu mengambil sebuah batu keramat dan membawanya.

BACA JUGA: SAJIAN KOMEDI DALAM FILM ‘AGAK LAEN’ SIAP MEMBUAT PENONTON TERTAWA

Peristiwa demi peristiwa pun mulai terjadi. Ayu kerap mengalami kesurupan. Bahkan ketika melangsungkan upacara sekolah, banyak siswa yang mengalami kesurupan massal, termasuk Ayu.

Ternyata Ayu dirasuki oleh arwah bernama Mbah Sarinten (Yuyun Arfah). Sosok Sarinten pun terus menerus bersemayam di dalam tubuhnya menghadirkan teror bagi Ayu dan orang-orang di sekelilingnya.

TEROR YANG MENGANCAM NYAWA

Setelah mengalami kerasukan, Ayu harus membagi jiwanya dengan sosok sinden gaib bernama Sarinten yang merasukinya.

Alhasil Ayu harus hidup berdampingan dengan sosok sinden di dalam tubuhnya, yaitu Mbah Sarinten.

Sejumlah paranormal diminta mengatasi gangguan yang terjadi pada Ayu. Bahkan kreator konten supranatural pun hingga ikut terlibat.

BACA JUGA: FILM HOROR THAILAND ‘PEE MAK’ AKAN DIADAPTASI JADI ‘KANG MAK’

Kesurupan yang dialami oleh Ayu pun terjadi di depan banyak orang. Hal yang terjadi pada Ayu adalah kisah nyata yang diangkat dalam film Sinden Gaib produksi Starvision dari produser Chand Parwez Servia.

Selain dibintangi oleh Sara Fajira dan Yuyun Arfah, kalian juga menjumpai bintang lainnya, yaitu Riza Syah, Dimas Aditya, Naufal Samudra, Arla Ailani, Laras Sardi, Rizky Hanggono, Yeyen Lidya, Liek Suyanto, dan Novita Hardini.

“Ini adalah pengalaman yang sangat kompleks bagiku,” ujar Sara. “ Selain berakting, aku juga harus menyinden dengan langgam Banyuwangi dalam film Sinden Gaib.” 

KEJADIAN HOROR DI LOKASI SYUTING

Proses syuting Sinden Gaib ternyata juga menyimpan kejadian horor. Sutradara Faozan Rizal dan kru lainnya mengalami beberapa kejadian yang ganjil.

Faozan dan kru lainnya sempat mendengar bisikan ketika syuting di Watu Kandang, Trenggalek. Lokasi tersebut adalah tempat di mana Ayu kerasukan Mbah Sarinten.

Yang terjadi pada Sara ketika syuting persis seperti scene pada film Sinden Gaib. Sara sebagai pemeran Ayu pun beberapa kali melakukan nyinden di lokasi syuting. 

Tokoh Ayu pun sungguh ada di Trenggalek. Sutradara dan para kru juga menemui Ayu dan Mbah Sarinten—dalam wujud Ayu—serta berdialog dengan mereka.  

BACA JUGA: ANGKAT MITOS SERAM DI GUNUNG, FILM ‘PASAR SETAN’ AKAN TAYANG PADA 29 FEBRUARI

Produser Chand Parwez Servia mengungkapkan, bahwa film horor Sinden Gaib bisa menjadi pembelajaran bagi penonton agar selalu menjaga tata krama di mana pun. Dengan begitu, hal-hal yang tidak diinginkan terjadi bisa dihindari.

Cerita pada film Sinden Gaib adalah kisah nyata yang terjadi di Trenggalek, Jawa Timur pada 2010, dan viral pada 2019. Starvision percaya bahwa cerita-cerita lokal juga punya relevansi bagi penonton film horor. 

Menurut Chand Parwez Servia, film Sinden Gaib juga mengajarkan penonton agar selalu menghormati berbagai keyakinan—seperti animisme—serta selalu berhati-hati dalam segala perbuatan.

Film horor Sinden Gaib akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia mulai 22 Februari. Sebelum menonton filmnya, kalian boleh coba tonton dulu trailernya lewat video di bawah ini! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung