FroyonionHQ

WAKTU ORANG AWAM MAIN KE LOKASI SYUTING REWIND INDONESIA 2021, KEREN BRAY!

Beberapa waktu lalu gue dapet kesempatan untuk ngeliat-liat proses syuting Rewind Indonesia 2021 yang udah tayang kemaren. Sebagai orang yang nggak tahu apa-apa, gue terkesima berkali-kali!

title

FROYONION.COM - Buat lo yang nonton YouTube dari zaman baheula pasti udah nggak asing sama video YouTube Rewind. 

YouTube Rewind sendiri udah ada dari tahun 2010 dengan judul "2010 YouTube Rewind: Year in Review" yang dirilis tanggal 13 Desember 2010. Konsepnya lebih nge-recap video-video viral di tahun itu. 

Setelah itu YouTube Rewind terus dibuat per tahun dan jadi annual event yang rutin ditonton orang-orang sedunia buat menutup tahun itu. 

Di Indonesia sendiri, YouTube Rewind pertama kali dibuat tahun 2014 yang videonya masih bisa lo tonton di sini. Nama ‘YouTube Rewind’ masih terus dipakai sampai tahun 2018. Setelah itu namanya jadi Rewind Indonesia aja tanpa membawa nama YouTube lagi. 

Nah tahun ini, Rewind Indonesia 2021 (RI 2021) kembali hadir dengan Chandra Liow dan Aulion sebagai director-nya. Video rewind yang udah ditayangin di kanal YouTube Indonesian YouTubers bisa dibilang punya konsep yang cukup beda dengan video-video rewind sebelumnya. 

 

Gak cuma angkat hal-hal viral selama 2021, Rewind Indonesia kali ini juga angkat beberapa isu yang pantas kita perhatikan. Misal isu sosial, kesetaraan gender, perubahan iklim, sampai pandemi COVID-19 yang tentunya berdampak buat kita semua juga turut digambarkan dalam Rewind Indonesia 2021.

 

Disuguhkan dalam bentuk Performance Film, Rewind Indonesia 2021 jadi kerasa beda banget baik segi ide, konsep, eksekusi, hingga hasilnya. 

 

Kebetulan juga, Froyonion di ajak jadi official behind the scene Rewind Indonesia 2021. Jadi kita berkesempatan nih buat liat proses persiapan, syuting, editing, sampe penayangan RI 2021. 

Sebagai orang yang nontonin rewind dari zaman baheula juga, tentunya kesempatan emas ini bakal sayang banget kalo gue lewatin. Gue pun minta izin ke Kak Awing buat ikutan liat proses syuting RI 2021, supaya bisa gue ceritain juga di sini ke kalian hehehe. 

Rewind kali ini syuting di salah satu studio di Jakarta. Semua setnya dirakit dan dibuat sedemikian rupa di dalem studio itu. Jadi kalo kalian liat pohon-pohon, air, dan cahaya matahari yang keliatan natural, itu hasil kerja keras Art Director dan semua orang hebat yang terlibat deh. 

Sayangnya gue baru dateng di hari ke-5 syuting RI 2021, pas banget waktu scene Adinia Wirasti (Ibu) pake dress putih dan dilindungi sama 4 prajurit baju merah. First impression gue waktu liat lokasi syutingnya jujur kagum banget. 

Suasana syuting hari ke-5 scene badai. (Foto: Official Rewind Indonesia 2021/Erwin Dhia)

Definisi beneran ada pohon, air terjun, tanah beneran, ada kipas angin besar buat bikin efek badai, banyak banget kru-kru yang bertugas, dan semuanya fokus sama tugas mereka masing-masing. 

Semua orang mulai dari director sampe abang-abang yang nyebarin daun kering di tanah punya peran pentingnya masing-masing. Yang gue dapet, kerja sama semua pihak sangat penting supaya bisa menghasilkan karya yang bagus juga. 

Di scene badai ini para penari jadi kunci utama yang megang peran yang penting banget. Mereka juga harus take berulang-ulang sampe dapetin hasil yang paling memuaskan. Bahkan ada beberapa penari yang sampe terluka dan lebam-lebam karena kecelakaan waktu syuting.

Kalo lo udah nonton videonya, scene ini tuh waktu para penari pake baju putih-putih trus ada tulisan followers gitu kayak 2,7M, 5K, dan sebagainya. Koreografinya yang dibikin sama Kak Patrianata Bakti Indrawan (Chemmy) emang lagi bar-bar banget di bagian ini. Nggak heran kalo ada yang nggak sengaja terluka karena kena sikut, ketendang, jatoh, dan sebagainya. 

Waktu gue tanya-tanya ke para dancers, ternyata mereka dari HeavyBuckStylez Jakarta dan Surabaya. Penarinya ada banyak dan keren-keren abis. Bahkan ada Brandon mantan kontestan Indonesia Mencari Bakat 2010 yang gue tonton zaman gue SD. 

Potret para penari dari HeavyBuckStylez Jakarta dan Surabaya. (Foto: Official Rewind Indonesia 2021/Erwin Dhia)

“Konsep dance-nya sendiri kita berusaha menerjemahkan cerita yang udah dibuat sama Chandra dan Aulion lewat tarian yang kita tampilkan. Rasanya seneng banget bisa terlibat di Rewind Indonesia 2021 ini dan semoga semua yang nonton juga puas sama hasilnya,” kata Chemmy sebagai koreografer. 

Selain dancer tentunya juga ada banyak kreator yang terlibat dan beda dengan rewind di tahun-tahun sebelumnya, kali ini juga melibatkan aktris Adinia Wirasti dan aktor cilik Muzakki Ramdhan buat jadi pemeran utama dari cerita yang disuguhkan. Buat lengkapnya bisa deh lo tilik satu-satu di videonya. 

Selain amazed sama talent-talent yang terlibat, gue juga kagum sama semua orang yang terlibat di belakang layar. 

Salah satunya Faril sebagai Asisten Kamera 2 di Rewind Indonesia ini. 

“Gue seneng sih bisa terlibat di Rewind Indonesia kali ini. Salah satu scene yang paling gue suka adalah scene Mother of Nature waktu Kak Adinia pake kostum yang megah dan cantik banget,” katanya.

Potret proses syuting scene Mother of Nature/Ibu Pertiwi. (Foto: Official Rewind Indonesia 2021/Erwin Dhia)

Selain itu gue juga sempet ngobrol sama temen-temen make up. Mereka bilang kalo konsep Rewind Indonesia 2021 ini lebih mengangkat isu alam dan COVID-19. Jadi konsep riasannya juga ngikutin dan diterapkan ke dalam riasan para talent yang terlibat. Salah satunya dituangkan dalam riasan para chorister yang ceritanya jadi peri-peri di hutan. 

Potret teman-teman dari Ternyata Kita Choir. (Foto: Official Rewind Indonesia 2021/Erwin Dhia)

Selain itu gue juga berkesempatan buat ngobrol sama Art Directornya Rewind Indonesia 2021, Kang Wisnu Joko Cahyono. Beliau nyeritain pengalamannya selama puluhan tahun jadi Art Director sampai proses pembuatan set syuting Rewind kali ini. 

BACA JUGA: WISNU JOKO CAHYONO INGIN PERJUANGKAN KESEJAHTERAAN ART DIRECTORS AGAR LEBIH TERJAMIN 

Selain ngeliatin proses syuting, gue juga berkesempatan buat dateng ke penayangan premier di Flix ASTHA, SCBD. Di situ gue berkesempatan buat ketemu sama Bowen Sutanto sebagai orang yang ngebuat logo Rewind Indonesia 2021, poster, thumbnail, semua aset visual yang dibutuhin deh. 

Sebenernya dia udah nyeritain proses pembuatan logonya di sini sih, yang mana, kocak dah. Logo tahun ini banyak ambil elemen alam yang ditunjukin dari batang-batang pohon. Ada juga filosofi Indonesia yang tercermin dari bunga-bunga warna merah dan putih. Memuat banyak pesan, logo Rewind Indonesia 2021 ini juga jadi sarana komunikasi untuk nyampein pesan dari video rewind tahun ini. 

Intinya semua orang yang terlibat baik di depan dan belakang layar udah bekerja sebaik mungkin sampe bisa menghasilkan karya ini. Dibalut sama cerita, isu, keresahan, dan teknik yang baik, Rewind Indonesia 2021 bisa dibilang paling unik dan eksperimental dibanding rewind sebelumnya. 

Setelah nonton hasilnya, gue sendiri ngerasa terharu sih. Kalo lo gimana, Civs? Kalo belom nonton, cus nonton di bawah!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.