FroyonionHQ

BARDUT: SEBUAH PENGALAMAN GAUL NAN OTENTIK KHAS JAKBAR

Jakbar selama ini nggak banyak dibahas dalam dunia gaul padahal ada lho tempat-tempat gaul asyik di sana. Salah satunya bardut. Ikuti pengalaman gaul Lisa ke bardut di bawah ini.

title

FROYONION.COM - Pernah nggak sih kalian dengar kata bardut?  Bardut yang gue maksud di sini tuh  “bar dangdut”, sejenis klab tapi musiknya bukan disc jockey (DJ) melainkan mbak-mbak nyanyi sambil joget. Nah di sini gue mau ceritain pengalaman pertama gue pergi ke bardut yang seru. 

Jadi sebelum gue kerja di Froyonion, gue sempet kerja di salah satu perusahan minuman beralkohol dan ke bardut adalah salah satu kunjungan yang gue lakukan. Bardut yang gue datengin itu di daerah Jakarta Barat dan cukup dekat dari kos gue dulu. Makanya mau deh coba ke sana. 

Pas masuk ke sana, suasananya nggak beda jauh dari bar biasanya. Misalnya lampu warna-warni yang agak remang-remang. Suasananya sih emang cukup rame. Ya maklumlah tempat hiburan malam.

Karena gue baru pertama kali masuk ke sana,  jadi gue ngerasa agak takut. Tapi hal pertama yang cukup mengganggu gue di sana yaitu udaranya pengap banget dan penuh dengan asap rokok. Nggak heran karena di sana banyak orang yang merokok di ruangan tertutup, aroma rokok itu menyengat dan pedas di mata gue rasanya sampe perih banget. 

Lalu gue dan beberapa temen yang datang dalam rangka kunjungan kerja itu diarahkan ke suatu tempat duduk yang dekat dengan panggungnya. Di sana tempat duduknya dari kain jadi agak kurang nyaman dan terasa lembab.

Menjelang tengah malam,  suasana bardut ini makin rame. Para “mbak-mbak” yang nyanyi di sana itu mulai naik panggung. Di sana mereka itu di sawer. Nggak main-main, duit sawerannya bisa mulai dari pecahan 20 sampai dengan 100 ribu. 

Dan sawer ini terjadi secara terus-menerus. Jadi satu orang yang nyawer bisa bawa uang segepok ke deket panggung buat nyawer mbak-mbaknya sambil ikutan joget juga deket mereka. Mereka sehari bisa kekumpul saweran sampe setoples kerupuk peyek. Haha, bingung deskripsikannya! Cuma tau ya toples kerupuk peyek. 

Mereka dapet jumlah saweran yang lumayan banget padahal mereka bukan bintang utamanya lho. Biasanya mbak yang bintang utama itu perform-nya terakhir menjelang pagi dan sawerannya lebih banyak lagi. Bisa kebayang kan?

Tanpa bermaksud menyepelekan pekerjaan mereka, gue sempet kepikiran saat ngeliat mereka kerja: “Kok kayaknya cepet banget ya mereka sehari ngumpulin duit padahal ‘cuma’ nyanyi dan joget doang”. Haha. Tapi ya itu kesan gue doang karena tiap pekerjaan pastinya ada sisi menantangnya. 

Oh ya, di bardut ini ada tradisi unik dan nggak bakal lo bisa temuin di bar-bar lain. Tradisinya gini: biasanya kalo kita minum botol yang habis kita tuh biasanya minta tolong waiters buat ngambilin supaya meja nggak penuh. Tapi di bardut yang gue kunjungi ini, botol-botol kosong itu bukannya dibuang gitu aja ke tempat sampah tapi malah dikoleksi kayak benda-benda berharga. Jadi di bardut ini, tanda seseorang itu keren bisa dilihat dari jumlah minuman yang mereka beli. Haha, aneh ya? Tapi itulah faktanya, Civs.

Nah, pas mau pulang sebenarnya owner bardut itu ngajakin gue ama temen-temen tur ke seluruh sudut bardut ini. Soalnya masih ada beberapa lantai dan ruangan gitu yang belum gue masuki. Cuma kami nolak halus soalnya kalo kata temen gue, ruangan-ruangannya biasanya dipake buat dance tidak senonoh sampe ruangan “macem-macem”. Alhasil gue nggak ikutan karena takut. Wkwkw! 

Dari pengalaman ini, sebenernya gue belajar. Banyak pilihan profesi yang bisa kita pilih untuk cari duit dengan cepat  tapi risikonya juga bisa jadi lebih besar. 

Contohnya mbak-mbak bardut itu. Mereka kudu joget sambil nyanyi dikelilingi bapak-bapak, om-om yang nggak tau mereka siapa, status mereka gimana, udah punya istri atau anak. 

Kita kan gak tau, kalau mereka lanjut di ruangan-ruangan tertutup itu apakah bakal tertular penyakit dari interaksi dengan para pengunjung itu? Selain itu, lingkungan pekerjaannya kurang nyaman dan mereka harus pulang pagi. Belum lagi kalau tiba-tiba digerebek satpol pas kerja!

Terlepas dari itu semua, gue pikir mbak-mbak bardut ini juga bekerja karena sedang butuh duit buat bertahan hidup, belum ada pilihan pekerjaan yang lebih baik yang bisa mereka dapetin. 

Pengalaman ini bikin gue jadi nggak mudah buat nge-judge orang lain juga, Civs. Karena hidup tiap orang berbeda-beda dan sering kita nggak paham soal pilihan hidup mereka. Tapi kita tetep harus respek atas pilihan itu. Cuakksss!  (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lisa

Creative associate Froyonion, masih pengen belajar banyak tentang hal-hal baru.. asek!