FroyoHQ

APA KATA ANAK-ANAK FROYONION TENTANG CPNS?

Momen mendekati akhir tahun gini biasanya jadi momen-momen yang cukup krusial, terutama buat para pencari kerja nih. Mumpung CPNS lagi on progress, gue jadi kepo, apa sih persepsi anak-anak Froyonion soal seleksi CPNS?

title

FROYONION.COM - Akhir-akhir tahun kayak gini biasanya orang-orang udah pada mulai heboh nih, Civs. Ada yang udah sibuk nyiapin rencana buat liburan, belajar buat UAS, sampe skripsian cepet-cepet biar kelar sidang dan bebas bayaran UKT.

Akhir tahun ini juga ada sesuatu yang lagi ditunggu-tunggu sama para pencari kerja, yaitu pelaksanaan seleksi CPNS. 

Buat kalian yang nggak tau, Badan Kepegawaian Negara (BKN) tetep ngadain CPNS di tahun 2021 ini, meskipun tahun lalu sempet nggak ada selesksi CPNS karena pandemi Covid-19 baru muncul. Meskipun sebenernya udah dijalanin dari tengah tahun 2021, tapi sampe bulan November ini prosesnya masih terus berlanjut dan membuat orang-orang jadi nggak sabar untuk tau pengumuman seleksinya.

Seperti yang kalian tau, bagi sebagian besar masyarakat kita, menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah ‘pekerjaan impian’ yang jadi kebanggan dan selalu jadi bahan obrolan emak-emak yang anaknya PNS pas lagi arisan. Setiap BKN buka seleksi CPNS, udah bisa dipastiin jutaan orang langsung daftar di hari pertama, saling berusaha jadi yang paling gercep biar nggak ketinggalan seleksi administrasi.

Banyak orang memandang PNS sebagai “dream job”, utamanya buat para ortu yang pengen anaknya dapet pekerjaan yang secure dan terjamin. Terlebih, ‘tunjangan kinerja’ yang bisa didapetin PNS tuh bisa sampe puluhan juta per bulan (nggak semua posisi dan instansi jumlahnya sama ya Civs).

Kalo faktor ‘terjamin’-nya, banyak orang yang bilang kalo PNS tuh nggak gampang dipecat, dan nggak ada yang istilahnya di-PHK karena perusahaan bangkrut (ya iyalah, kan kerja sama pemerintah). Kecuali, PNS ngelakuin kejahatan atau tindak kriminal berat, ya otomatis nggak cuma dipecat doang, tapi pasti dipidana juga.

Nah, selain bertujuan buat ngebahagiain ortu sendiri, PNS juga jadi ‘senjata’ ampuh buat ngeluluhin hati calon mertua.

Ini sih yang paling ke-highlight, kadang nggak peduli penampilan lo mau se-glowing, secantik, atau seganteng apa, kalo lo PNS, lo udah tinggal selangkah lagi buat dapetin restu mertua (karena langkah selanjutnya adalah nyiapin modal wkekekek).

Terus, apa sih kata anak-anak Froyonion tentang CPNS? Emangnya masih pada pengen kerja jadi PNS yak? Padahal ini kantor udah enak dan nyaman bener, hehehehehehehe.

Pertama ada si Grace Angel, umur 22 tahun, sobat pengrajin konten, baru nyoba ikutan CPNS di tahun ini, dan katanya karena disuruh ortu, tapi lama-kelamaan excited juga karena temen-temennya pada ikutan.

Q: “Apa pendapat lo tentang seleksi CPNS?”

“Ya oke sih, ditanggung pemerintah, katanya nggak bakal di phk juga. Terus tanggungan dari pemerintah gede, kayak asuransi dll gitu. Tapi yang gue tau kerjaannya ngebosenin sampe-sampe masih sempet main Zuma,” katanya. 

“Yang jelas, kalo daftar sebagai PNS berarti lu emang mau mengabdi kepada negara. jangan harap bisa kaya raya gaji ratusan juta perbulan kalo jadi PNS. kalo mau begitu bisnis aja. tapi jadi PNS ya jadi abdi negara. dan yang jelas juga, jadi kebanggaan keluarga.” lanjut si Grace.

Grace juga bilang, kalo dia tuh tertarik sama benefit yang bisa didapetin dari kerja sebagai PNS, cuma ada sedikit keberatan karena nggak boleh pindah tempat dinas selama 10 tahun, padahal masih muda dan pengen eksplor juga coba-coba banyak hal dulu.

Doi juga punya pesen nih buat kalian semua nih, Civs. 

“Kecewa sama pemerintah boleh, kritik mereka boleh, protes boleh, tapi nggak akan ada yang berubah kalo kita nggak terjun langsung untuk mengubahnya. Masuk ke pemerintah / parpol nggak dosa kok. Kalo ada temen atau kerabat yang memilih jalan itu, jangan dipandang sebelah mata dan ngecap dia sebagai antek-antek pemerintah yang pasti korupsi juga. Sama aja kayak lo kerja sebagai pekerja kreatif dan dipandang sebelah mata, kesel juga kan?”BOOMMM!

Yang kedua ada Maha, 24 tahun, desainer grafis kebanggaan kita, dan belum pernah daftar CPNS sebelumnya.

“Pekerjaan yang aman dan financially stable (untuk perempuan) mungkin kalo buat laki terlalu naif aja harus kerja di tempat yang finansialnya ketaker, walaupun punya banyak back up tapi dari fluktuatif kebutuhan kepala keluarga sepertinya sulit buat kaya gitu-gitu,” jelas Maha pas ditanya soal persepsi doi tentang CPNS.

Q: “Menurut lo, kenapa sih seleksi CPNS jadi primadona banyak orang? 

“Ya karena menjanjikan, buat orang yang mau hidup aman, memang sangat aman bukan bekerja se-templatenya dan dibayar setimpal,” katanya.

Q: “ Terus, apakah lo nggak tertarik buat ikutan?”

“Saya udah ditindik tiga, kayanya emang gak pernah kepikiran sih join sm pemerintahan hehe.” jelasnya.

Selanjutnya ada pendapat dari sobat konten juga nih, @ayronikz A.K.A Ron The Rapper.

Q: “Persepsi lo soal pekerjaan sebagai PNS itu kayak gimana?”

“Pekerjaan formal yang mungkin sedikit membosankan lah kalo buat gue, tapi pekerjaan ini sering jadi idaman buat para orang tua,” kata Ron.

“Gue sebenernya nggak tau banyak soal CPNS, tapi sepengetahuan gue kalo lo jadi PNS ya hidup lo bakal terjamin sampe tua, duit kayak ngalir aja gitu sampe lo pensiun juga. Jadi, mungkin ini tipe pekerjaan yang cocok buat orang yang pengen kerjaannya secure gitu.”

Q: “Ke depannya lo tertarik nggak buat ikutan CPNS?”

“Gue pengennya ketika gue mencari uang, gue nggak terikat sama atasan. Itu goals terbesar gue di pekerjaan. Mungkin gue bisa dagang atau buka usaha sendiri. Nah, kalo PNS kan modelnya 9 to 5 yaa, kayaknya kurang cocok buat orang kek gue.”

Terakhir, ada satu kalimat penutup yang sungguh sangat random dari doi.

“Biarkan para pegawai anda pakai kaos, kalo bisa pake kaos, saya akan coba ikutan CPNS. (meskipun nggak tau lolos apa kagak juga)”

Yang terakhir, ada pendapat dari abangnya kita semua, yaitu Miko Panggayo.

Q: “Pernah ikutan CPNS nggak? Terus, apa pandangan lo tentang pekerjaan sebagai PNS?”

“Pernah, pas tahun 2017 waktu lulus kuliah. Gue ikutan CPNS karena emang gue pengen dan orang tua juga nyuruh gue nyobain sih,” terang doi.

“Mengurus negara, mengabdi pada negeri, terus tunjangannya selangit, mau besok ada badai ada hujan lo tetep digaji,” lanjutnya.

Q: “Menurut lo, kenapa sih CPNS jadi dambaan semua orang?”

“Menurut gue, munafik lah kalo lo nggak butuh gaji dan tunjangan yang gede. Tunjangannya untuk beberapa posisi tuh hampir 2 digit padahal fresh grad, gimana nggak wawawaw,”

Q: “Terus kedepannya lo masih tertarik untuk nyoba ikutan CPNS nggak?”

“Gue tertarik banget, kriteria umur buat ikutan sampe usia 35, mungkin tahun depan gue ikutan karena tahun ini telat ngumpulin berkas. Melihat PNS itu sekarang kayak investasi jangka panjang, gue pensiun masih digaji, anak istri dapet tunjangan. Kalo gue perform naik golongannya cakep,”

“Tapi daripada lo capek-capek jadi yutuber, mending jadi PNS ae dah. Atau nggak, jadi PNS dan jadi yutuber lagi, WAWAWAWAW.”

Jawaban sobat-sobat Froyonion ini cukup menjawab sedikit kegundahan gue soal persepsi orang lain terhadap CPNS. Gue kepo aja, apakah anak-anak di industri kreatif tertarik untuk kerja buat negara atau lebih nyaman eksplorasi potensi diri sendiri di luar pemerintahan.

Dan kalo ngomongin dari sisi orang tua, mereka yang nyaranin anaknya untuk ikutan CPNS mungkin udah pernah ngerasain nggak nyamannya hidup tanpa sebuah ‘kepastian’. Yang gue maksud di sini, orang tua tuh sebenernya pengen segala hal yang terbaik buat anaknya, termasuk pekerjaan.

Mungkin ada banyak orang di luar sana yang sebenernya punya minat untuk bekerja di luar pemerintahan, tapi orang tuanya nyuruh untuk ngikut CPNS. Ada juga yang memang ikutan CPNS karena kemauan diri sendiri, nggak ada yang salah dengan 2 skenario itu.

Yang terpenting menurut gue adalah lo mencintai apapun yang lo kerjakan. Mau pekerjaan lo asalnya dari passion lo atau bukan, yang pasti di awal lo harus coba paksa untuk suka dan cinta, ibarat lo nggak suka makan sayur, tapi lo harus jejelin tuh sayur ke mulut lo karena sebenernya lo tau bahwa sayur itu bermanfaat. Nanti juga kedepannya gue rasa lo bakalan lebih enjoy dan lancar ngejalanin kerjaan apapun itu. Setidaknya opini ini berasal dari apa yang gue udah rasakan ya, Civs. Jangan ditelen mentah-mentah yak! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.