Esensi

NGOBROLIN SOAL KESUKSESAN ALA ORANG-ORANG YANG KEBELET SUKSES

Tiap orang pasti pengen sukses, ya enggak sih? Faktanya, sukses tuh enggak gampang buat diraih, perlu adanya perjuangan dan kesabaran. Jangan sampai lo kebelet sukses dan percaya akan hal ini, Civs!

title

FROYONION.COM - Dengerin cerita dari orang-orang yang sukses bisa bikin lo bermimpi untuk menjadi seperti mereka. Satu per satu aktivitas mereka, lo terapkan dalam kehidupan lo sendiri. Namun, enggak ada jalan pintas buat jadi orang sukses, kecuali lo anaknya Elon Musk, hehe.

Semakin lama, mulai memudar ketika lo dihadapkan dengan kenyataan hidup yang keras dan enggak mendukung. Mungkin, lo bakal memilih jadi biasa-biasa aja atau terjebak dalam mimpi indah.

Nah orang-orang kebelet sukses mulai mencari referensi-referensi khusus dan bertanya, gimana sih cara jadi orang sukses?

APA FAKTOR JADI SUKSES MENURUT LO?

Lo sepakat kan kalo konsep sukses itu beda buat semua orang, Civs? Namun, mereka memiliki ciri khas yang sama. Misalnya punya sifat pekerja keras dan tekad yang kuat. Bahkan, itu semua jadi santapan mereka sehari-hari.

Gue mau ngasih tau kalo hal ini cukup populer di kalangan mereka yang kebelet sukses, yaitu percaya kalo pendidikan enggak terlalu penting. Gimana enggak? Mereka membandingkan diri dengan idola sekelas Bill Gates yang drop out dari kampus atau Walt Disney yang enggak lulus SMA.

Orang-orang kebelet sukses ini berpikir dengan enggak terlalu mementingkan pendidikan dan ambil jalur layaknya idola mereka, lo bakal bisa sukses dengan jalan yang tepat. Padahal, pemikiran itu sungguh enggak keren jika diterapkan di dunia yang kejam ini.

BACA JUGA: MERASA TELAT BERKEMBANG DAN SUKSES? SIMAK 4 KELEBIHAN ‘LATE BLOOMERS’ INI

Kalo dipikir-pikir, metode orang sukses seperti Bill Gates dan Steve Jobs bahkan enggak mempan dengan cerita hidup orang-orang di luar sana. Coba aja lo ngomongin sukses, isi pikiran manusia satu dengan manusia yang lain punya standar dan arti berbeda.

Nah, apalagi ngomongin kesuksesan yang diresapi cuma soal pendidikan itu enggak terlalu penting. Namun, itu jadi pilihan masing-masing, ya. Kalo lo anggap drop out-nya beberapa tokoh dunia semasa pendidikan sebagai jalan ninja yang bisa ditiru.

Namun, lo mesti inget, dengan lo meniru tokoh sukses dunia enggak lantas bisa kayak mereka, bukan?

YANG BISA LO LAKUKAN: JADIKAN MEREKA SUMBER INSPIRASI

Mungkin yang bisa lo lakukan adalah menjadikan mereka sumber inspirasi. Misalnya kalo lo seneng olahraga, lo bisa menerapkan latihan kayak Cristiano Ronaldo yang datang ke tempat latihan lebih dulu dibanding teman-temannya alias lebih rajin. Atau mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang rutin berlatih kebugaran selama 45 menit setiap hari.

Bagaimanapun kalo berusaha menjadi seseorang tokoh sukses dunia, seperti Jack Ma dan Bill Gates, sadar atau enggak sebenarnya makin menjauh dari mereka. Dan semua ini soal kemampuan dan keunikan. Lo sendiri yang tau kemampuan dan cara hidup lo.

Saran aja, coba lupakan soal anggapan kalau pendidikan itu enggak terlalu penting. Apalagi, mengglorifikasi bahwa James Cameron saja drop out kuliah. Michael Dell, penjual PC terkemuka, juga drop out terus milih buat jalanin bisnisnya.

Jadi kalo lo masih punya pikiran enggak keren kayak gini “Mereka saja yang enggak sekolah atau drop out bisa sukses, masa lo enggak bisa?” coba di kesampingkan dulu. Lo cari tau dulu alasan tokoh sukses di atas drop out dari sekolah atau kuliah kenapa. 

Gue setuju sama kata-katanya Jack Ma, dia bilang kalo kata-kata bijak yang disampaikan oleh tokoh-tokoh sukses itu akan berhasil kalau seseorang punya skill dan tahu gunanya skill tersebut.

Nggak perlu meniru kebiasaan Steve Jobs, atau ikutan main bitcoin biar kayak Elon Musk. Semua tokoh sukses dunia dilatarbelakangi oleh dasar kemampuan alias skill. Kuncinya adalah kemampuan.

Lo gak perlu kebelet jadi sukses, Civs. Pelan-pelan aja. Perjuangin apa yang lo hadapin saat ini dulu, misalnya jenjang pendidikan atau usaha yang baru lo buka. Selain itu, jangan lupa untuk berdoa juga ya, Civs! (*/)

BACA JUGA: NGGAK MALU NYERITAIN KEGAGALAN, YOHAN ANDREAN BAGIKAN TIPS SUKSES BANGUN BISNIS ‘ACCHA INDIAN SOUL FOOD’

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.