Esensi

BENARKAH ‘MERCURY RETROGRADE’ YANG BIKIN MOOD ANCUR?

Beberapa pihak mungkin memercayai jika fenomena mercury retrograde adalah dalang dari mood dan kejadian buruk kita sepanjang April kemarin. Sebenarnya apa sih fenomena ini?

title

FROYONION.COM - Mungkin banyak yang merasa sepanjang April tahun ini mood yang kita punya selalu berantakan. Di media sosial pun berseliweran salah satu alasan penyebabnya itu adalah karena fenomena: Mercury Retrograde

Dari sudut pandang yang tidak ilmiah, hal ini menjadi kambing hitam dari berbagai hal buruk yang kita alami. 

Tapi apakah benar fenomena mercury retrograde ini menjadi penyebab mood kita kian berantakan pada April ini? Sebelum jauh melihat hal tersebut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang apa itu fenomena mercury retrograde.

Secara sederhana, fenomena ini sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi di astrologi kita. Dilansir dari Glamour, mercury retrograde adalah fenomena yang terjadi karena planet yang paling dekat dengan matahari bergerak lebih cepat ketimbang bumi.

Dalam hal ini untuk perbandingan, Bumi memerlukan waktu 365 hari, sedangkan planet Merkurius butuh 88 hari untuk mengelilingi matahari. 

Hal tersebut kemudian menciptakan ilusi optik yang membuat seolah-olah planet merkurius mundur jika dilihat dari sudut pandang bumi. Padahal, planet ini hanya bergerak lebih lambat ketimbang bumi dalam mengelilingi matahari. 

BACA JUGA: PSIKOLOGI DI BALIK KETERTARIKAN KITA TERHADAP ZODIAK

Lantas apa yang membuat fenomena ini dapat dikaitkan dengan berbagai hal buruk yang terjadi? Ternyata jika kita melihat ilmu astrologi, merkurius memiliki kaitannya dengan informasi. Dijelaskan jika semua hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi diatur oleh merkurius. 

"Merkurius adalah dewa pembawa pesan, dan dia mengatur semua komunikasi dan hubungan penuh pemikiran antarmanusia serta dokumen. Berpikir jernih, berpikir perlahan, mengatur kata-kata, mengingat nama, semua fungsi ini diatur Merkurius," kata ahli astrologi Constance Stellas, dikutip dari CNN. 

Secara sederhana, fenomena astrologi ini dipercaya sangat memengaruhi proses komunikasi yang sangat terjadi. 

Bisa saja penyampaian pesan yang dilakukan menjadi terganggu sehingga miskomunikasi sering terjadi pada periode masa ini dan mengakibatkan berbagai hal tak terjadi sebagaimana mestinya. 

Mercury Retrograde juga seringkali memicu kesalahpahaman, kecemasan, sakit kepala, perubahan pertemanan, ketidakpastian pekerjaan, hingga berbagai hal lainnya termasuk sejumlah agenda yang mendadak batal. Merasa relate terhadap hal-hal tersebut sepanjang April ini? 

BACA JUGA: PANTASKAH MENYARING CALON KARYAWAN PAKE ZODIAK?

Jika mempercayai fenomena astrologi, maka semua zodiak diperkirakan akan berdampak pada mercury retrograde

Hanya saja, selama periode ini mereka yang berzodiak Aries akan paling merasakan dampaknya. Jelas saja, ini adalah bulan-bulan prima bagi mereka yang memiliki zodiak tersebut tentu saja. 

Makanya, seringkali kita harus mengingatkan teman atau kerabat berzodiak Aries untuk bertindak secara hati-hati dan tidak melakukan segala hal secara impulsif dan buru-buru untuk memitigasi masalah yang akan terjadi di kemudian hari. 

Lalu, kapan saja fenomena ini terjadi pada 2024? 

Pertama, kita sudah berhasil melalui masa mercury retrograde fase pertama pada 1-25 April 2024 kemarin. Tapi, fase kedua sudah menunggu pada 5-28 Agustus nanti. Setelah itu, fase ketiga dipercaya akan kembali terjadi pada 25 November - 15 Desember akhir tahun. 

TIPS MENGHADAPI MERCURY RETROGRADE! 

Buat catatan, pengalaman orang-orang selama fenomena ini terjadi sebenarnya bisa berbeda-beda. Makanya, trik yang biasa dilakukan juga bisa sangat beragam. 

Ada yang mungkin percaya dengan fenomena ini, tapi ada juga mungkin yang menganggap hal tersebut tidak benar-benar terjadi. 

Tapi, buat kalian yang memang cukup mengikuti perkembangan informasi tentang mercury retrograde tentu akan lebih baik jika bisa mengimplementasikan beberapa tips ini supaya hal-hal yang dilakukan bisa sesuai rencana. 

  1. Berhati-hati dalam Komunikasi: Mercury retrograde cenderung menyebabkan kekacauan dalam komunikasi, termasuk misinterpretasi pesan, kesalahpahaman, atau bahkan komunikasi yang terputus. Makanya, penting untuk kita mengkomunikasikan pesan dengan jelas, jangan lupa untuk melakukan double check kembali sebelum mengirim pesan baik secara lisan atau tulisan, ya! 
  2. Perencanaan yang Teliti: fenomena ini juga seringkali berdampak pada jadwal dan perencanaan. Pastikan untuk membuat jadwal dengan lebih teliti, memberikan waktu ekstra untuk perjalanan atau kesalahan yang mungkin terjadi.
  3. Hindari Tindakan Penting atau Kontrak Baru: Ini saran saja sih, biasanya saat fenomena ini terjadi mungkin kalian harus ekstra teliti terhadap segala hal penting yang akan diputuskan. Jika memungkinkan, hindari menandatangani kontrak baru atau memulai proyek soalnya selama periode ini ini cenderung kalian membuat keputusan yang kurang jelas atau membuat kesalahan dalam detail.
  4. Berikan Ruang untuk Refleksi dan Revisi: Meskipun Mercury retrograde sering kali dianggap sebagai periode yang penuh dengan tantangan, juga bisa menjadi waktu yang baik untuk refleksi dan revisi. Gunakan waktu ini untuk meninjau proyek-proyek lama, menyelesaikan hal-hal yang tertunda, atau mengevaluasi rencana masa depan.

Disclaimer nih, banyak orang menganggap Mercury retrograde sebagai fenomena astrologi yang signifikan. Tapi sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa ini memiliki dampak langsung pada kehidupan sehari-hari. 

Ilusi optik ini muncul sebagai hasil dari perbedaan kecepatan antara rotasi planet Merkurius dan Bumi, dan tidak ada hubungannya dengan peristiwa-peristiwa di Bumi.

Mungkin kita bisa memaknai masa mercury retrograde ini untuk momen refleksi dan evaluasi terhadap berbagai hal di hidup kita selama ini. 

Gunakan waktu ini untuk menjadi pribadi yang sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan dan selalu berpikir dua kali sebelum bertindak. Momen ini sangat cocok buat kita yang mungkin sangat impulsif ketika melakukan sesuatu. 

BACA JUGA: SAMPAI USIA BERAPA KALIAN PERCAYA SAMA ZODIAK?

Selain itu, banyak sebenarnya praktisi praktisi spiritual dan astrologi percaya bahwa periode Mercury retrograde dapat membawa perubahan dalam energi yang dirasakan oleh individu. 

Beberapa orang mungkin merasa lebih sensitif atau emosional selama periode ini, sementara yang lain mungkin mengalami peningkatan kekacauan atau ketidaknyamanan.

Selama Mercury retrograde, penting untuk berkomunikasi dengan jelas dan langsung. Hindari asumsi, dan pastikan pesan yang kalian sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh penerima. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!