Beauty

HAL YANG HARUS KALIAN LAKUKAN DARI SEKARANG SUPAYA WAJAH AWET MUDA DI USIA 50-AN

Siapa bilang usia nggak bisa bohong? Ini nih yang harus kalian lakukan dari sekarang biar orang lain mengira kalian masih muda dari umur kalian yang sekarang.

title

FROYONION.COMSiapa sih yang nggak kenal Brad Pitt, Tom Cruise, dan Keanu Reeves? Aktor hollywood tersebut memang sudah tidak asing di telinga. Namun, di usianya yang sudah melebihi setengah abad, mereka masih tampil prima dan masih eksis di dunia perfilmanYep, usia mereka sudah melebihi 50 tahun, bahkan Tom Cruise sendiri berumur 61 tahun. 

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini cukup mengejutkan, apalagi di Indonesia yang rata-rata umur harapan hidupnya cuma 71 tahunan (menurut Badan Pusat Statistik). Boro-boro umur 50-an awet muda, yang ada malah umur 20-an tapi badan sudah pada jompo.

Para aktor hollywood tersebut masih eksis dan kelihatan masih muda bukan tanpa alasan. Gaya hidup yang mereka lakukan sehari-hari inilah yang memengaruhi bentuk badan, tampilan wajah, kebugaran, dan kesehatan, sehingga masih kelihatan fresh sampai sekarang. 

Nah, beberapa hal di bawah ini yang harus kalian lakukan agar bisa awet muda seperti yang dilakukan para aktor hollywood.

1. OLAHRAGA

Semua orang pasti tau kalau olahraga memang jalan satu-satunya agar tubuh kita senantiasa luwes, tidak kaku, sehat, bugar, dan lain sebagainya. Namun, masih banyak orang yang selalu meremehkan terkait olahraga. Padahal olahraga bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja.

Olahraga tidak melulu harus keluar rumah, entah itu gym, sepedaan, jogging, dll. Bisa juga dilakukan di rumah seperti yoga atau stretching ringan setelah bangun tidur. Setidaknya cobalah beberapa olahraga ringan agar sirkulasi darah lancar seperti meditasi.

Sirkulasi darah yang lancar tersebut membuat kulit wajah kita terlihat lebih cerah dan segar. Selain itu, rutin berolahraga bisa meningkatkan produksi kolagen pada wajah kita sehingga dapat mencegah penuaan dini. 

BACA JUGA : LANGKAH SEDERHANA BIKIN KULIT KUSAM JADI GLOWING

Keringat yang kita keluarkan ketika berolahraga ini juga berfungsi untuk mendetoks tubuh dan wajah agar pori-porinya bersih. Sumbatan-sumbatan yang ada di pori-pori juga ikut keluar bersama keringat.

2. SELALU PERHATIKAN APA YANG KALIAN MAKAN

Junk food, frozen food, makanan tinggi gula, makanan tinggi karbohidrat, makanan instan, makanan berminyak, dan sebagainya memang enak dan bikin ketagihan. Namun, makanan tersebut bisa memengaruhi kesehatan badan dan wajah kita.

Makanan yang disebutkan di atas dipercaya dapat memperlambat proses regenerasi kulit sehingga wajah tampak kusam. Menurut dr. Nadia Octavia melalui Halodoc, makanan tinggi gula dan karbohidrat dapat meningkatkan kadar insulin, sehingga produksi kelenjar minyak di kulit menjadi berlebihan dan dapat menimbulkan jerawat.

Memang cukup susah untuk menghindari makanan tersebut, mengingat masih sedikit warung atau kafe yang menjual makanan sehat, apalagi di daerah terpencil. Yang bisa kita lakukan hanya menghitung nutrisi yang kita makan, atau membuat makanan sehat itu sendiri.

Sebisa mungkin untuk mengonsumsi sayur dan buah karena kandungan di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan, baik tubuh maupun wajah. Kalian bisa mengolah sayur dan buah sekaligus menjadi olahan green smoothies agar mempersingkat waktu makan kalian (jika tidak memiliki banyak waktu makan).

3. ISTIRAHAT YANG CUKUP DI MALAM HARI

Kaum kerja lembur atau shift malam pasti tidak bisa memenuhi hal ini, padahal istirahat yang cukup di malam hari diwajibkan agar badan kita segar di pagi harinya. Menurut penelitian, tidur yang cukup di malam hari sangat dianjurkan agar kulit terlihat lebih sehat sehingga aura kecantikan maupun ketampanan bisa terpancar dengan sempurna.

Pada malam hari, tubuh kita akan memproduksi hormon melatonin yang sangat memengaruhi kesehatan. Jika tidak cukup tidur, nantinya akan meningkatkan penyakit serius. Bahkan dapat memunculkan keriput dua kali lebih banyak jika tidur kurang dari 7 jam.

BACA JUGA : KATA PENELITI: KURANG TIDUR BISA BIKIN LO DEPRESI, DAN DEPRESI BIKIN LO SUSAH TIDUR

Umumnya, kebutuhan tidur orang yang berumur di atas 18 tahun itu 7-9 jam per hari. Jam tidur tersebut harus terpenuhi di malam hari saja, bukan dibagi dengan tidur siang. Karena tidur siang idealnya hanya 20-90 menit di jam 13.00-15.00 saja, bukan sebagai pengganti jam tidur.

4. HINDARI STRES BERLEBIH

Setiap dari kita pasti setidaknya satu kali sehari menghadapi stres, entah itu tentang pekerjaan, kuliah, masalah hidup, dll. Stres tidak melulu saat menghadapi suatu masalah saja, tetapi juga ketika kita sangat bersemangat atau memiliki banyak ide di kepala, lalu tidak terealisasikan. Itulah yang bikin sakit kepala dan makin stres.

Efeknya bukan hanya sakit kepala saja, stres dapat memicu gangguan kepribadian bahkan hipertensi. Meningkatnya hormon kortisol yang disebabkan stres ini juga sangat memengaruhi tampilan wajah. Ditambah lagi tidak merawat kulitnya dengan baik, alhasil kulit menjadi lebih berminyak dan menyebabkan munculnya jerawat.

Stres bisa dihilangkan dengan cara berolahraga atau melakukan kegiatan yang kalian suka. Bisa juga menyisihkan waktunya beberapa menit dalam sehari untuk melakukan hobi yang kalian sukai atau minati. Intinya kalian harus melakukan hal lain agar stres tersebut dapat terlupakan atau terluapkan.

5. SELALU PAKAI SUNSCREEN

Sinar matahari memang bagus untuk tubuh karena kandungan vitamin D nya yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, paparan sinar matahari langsung secara terus-menerus tanpa menggunakan sunscreen juga cukup bahaya bagi kulit.

Penggunaan sunscreen memang sangat-sangat diwajibkan agar kulit kita terhindar dari efek buruk sinar matahari. Selain mencegah penuaan, sunscreen dapat melindungi kulit dari resiko kanker kulit. Manfaat lainnya juga dapat mencegah munculnya solar keratosis dan solar elastosis yang dapat memperburuk jaringan kulit.

Penggunaan sunscreen ini tidak hanya di area wajah saja, melainkan seluruh tubuh, apalagi kalian yang hobi berenang. Pastikan juga untuk reapply sunscreen, karena setiap sunscreen memiliki ketahan yang berbeda, tergantung kandungan SPF dan PA-nya.

Itulah beberapa hal yang harus kalian lakukan dari sekarang agar tubuh dan kulit wajah kalian terjaga keawetannya hingga usia tua nanti. Kalau mau lebih awet lagi, pakai formalin aja, terus jadi mumi. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.