Beauty

LANGKAH SEDERHANA BIKIN KULIT KUSAM JADI GLOWING

Kulit glowing bak idol Korea kini bisa kamu dapatkan dengan mudah. Asalkan, kamu mengikuti tips skincare dan melakukan gaya hidup yang sehat berikut ini.

title

FROYONION.COM - Persoalan kulit kusam kerap dialami oleh siapapun. Baik pria dan wanita, berisiko mengalami kulit kusam yang bisa menurunkan kepercayaan diri. 

Saat ini, aneka perawatan untuk membuat kulit wajah jadi glowing banyak ditawarkan. Sebelum memilih perawatan yang tepat untuk membuat wajah glowing, penting sekali untuk mengetahui penyebab munculnya kulit kusam. 

Supaya perawatan kulit wajah jadi lebih maksimal, berikut ini hal-hal yang menyebabkan kulit kusam yang perlu kamu ketahui.

DEHIDRASI

Penyebab kulit kusam salah satunya yaitu kurangnya kadar air dalam tubuh. Kulit yang dehidrasi akan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Biasanya kebiasaan malas atau jarang minum air putih, akan membuat kulit dehidrasi dan efeknya kulit wajah menjadi kusam. 

Jika kulit sudah kusam karena kekurangan konsumsi air, mau pakai skincare 10 lapis bak cewek Korea beberapa tahun silam, enggak akan mempan. Jadi, penting banget buat kamu rajin minum air putih untuk mencegah kulit kusam akibat dehidrasi. Minum air minimal 8 gelas sehari atau bisa juga disesuaikan dengan postur dan kebutuhan tubuh.

Enggak cuma sehat untuk tubuh, minum air putih juga bisa bikin kulit wajah jadi lebih terhidrasi dan lembap. Kalau kulit sudah dirawat dari dalam, perawatan skincare pun juga lebih maksimal untuk menghilangkan kemungkinan kulit kusam.

SERING SKIP PELEMBAP

Jika sebelumnya malas minum air bisa bikin kulit kusam dan tak glowing, melakukan perawatan kulit dari luar pun tak kalah pentingnya. 

Skincare dasar yang perlu kamu gunakan setiap hari sebenarnya sederhana. Kamu cukup rutin menggunakan pelembap wajah.

Sebelum membeli pelembap wajah, kamu bisa memilih pelembap wajah sesuai tipe kulit wajah. Gunakan pelembap wajah sehari setidaknya dua kali pada pagi dan malam hari. Pagi hari untuk menjaga kulit tetap lembap ketika beraktivitas seharian. 

Di malam hari, pemakaian pelembap berfungsi untuk melembapkan dan membantu regenerasi kulit wajah ketika tidur.

TERPAPAR ASAP ROKOK

Sering berada di lingkungan penuh asap rokok atau memiliki kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab kulit kusam. 

Nikotin dan bahan berbahaya lainnya dalam rokok memberikan efek buruk bagi kulitmu. Jika ingin memiliki kulit wajah glowing, hindari terpapar asap rokok dan hindari juga merokok.

SEL KULIT MATI MENUMPUK

Kulit manusia memiliki kemampuan untuk mengganti dengan sel yang baru dalam kurun waktu tertentu. Nah, tampilan kulit wajah yang terlihat kusam juga disebabkan karena adanya sel kulit mati yang menumpuk. Oleh karena itu, kamu bisa membantu mengangkat penumpukan sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam dan kering.

Nah, sebenarnya, kita bisa nggak sih, mendapatkan kulit glowing bebas kusam dengan cara yang sederhana? Tentu bisa, dong!

Berikut ini ada langkah sederhana untuk memiliki kulit wajah glowing, sehat, dan terlihat segar yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

DOUBLE CLEANSING

Penting banget untuk melakukan double cleansing atau membersihkan kulit wajah dengan dua tahap. 

Proses ini bisa membantu membersihkan kulit wajah hingga ke pori-pori. Melakukan dua tahap pembersihan wajah bisa meminimalisir kulit kusam dan jerawat.

Untuk cara melakukan double cleansing yang pertama kamu perlukan yaitu produk skincare untuk mengangkat sisa makeup dan debu di wajah. 

Biasanya tahap pertama dari double cleansing kamu bisa menggunakan susu pembersih, cleansing balmoil cleansing, dan micellar water

Tahapan pertama membersihkan kulit wajah ini membantu meluruhkan makeup dan debu yang melekat di wajah setelah seharian beraktivitas. 

Setelah itu, kamu bisa lanjut menggunakan produk pembersih kedua yaitu sabun pembersih wajah. 

Di pasaran, sabun pembersih wajah bisa dipakai berdasarkan tekstur yang disesuaikan dengan tipe kulit wajahnya. 

Pokoknya, apapun sabun pembersih wajah yang kamu pakai, tak terpatok soal harga, pastikan produknya cocok dan tidak membuat kulit alergi.

Untuk di pagi hari, kamu tidak perlu melakukan tahap double cleansing. Cukup menggunakan sabun pembersih untuk membersihkan kulit wajah sebelum memulai beraktivitas.

PELEMBAP

Selanjutnya, setelah kulit wajah bersih, kulit wajah perlu dijaga kelembapannya. 

Gunakan pelembap wajah berdasarkan tipe dan kebutuhan kulit wajahmu. Pakai krim atau gel pelembap wajah. 

Kamu akan merasakan deh, perbedaan kulit wajah yang rutin diolesi pelembap pada pagi dan malam hari, setidaknya dalam dua minggu pertama.

Gunakan pelembap wajah langsung setelah selesai mencuci muka dalam keadaan kulit lembap. Cara ini efektif untuk mengunci kelembapan kulit wajah dengan baik sehingga terhindar dari kondisi kulit yang dehidrasi.

TABIR SURYA

Tabir surya atau sunscreen menjadi produk yang wajib dipakai setiap hari. Baik ketika kamu berada di dalam ruangan atau di luar ruangan. 

Kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari langsung akan lebih mudah kusam. Untuk mengatasinya, pakailah sunscreen setelah pelembap untuk menjadi payung bagi kulit wajah dan tubuh.

Di pasaran ada dua tipe sunscreen yaitu physical dan chemical sunscreen yang bisa disesuaikan dengan tipe dan kebutuhan kulit wajah. 

Penting juga pakai sunscreen saat matahari terbit meskipun kamu di dalam ruangan yaitu sinar matahari yang bisa tembus di jendela rumah atau mobil. Meskipun tidak berada di luar ruangan, pemakaian sunscreen wajib hukumnya, ya!

Aneka tekstur sunscreen yang bisa kamu temukan di pasaran yaitu sunscreen gel, krim, stik, dan semprot. Pilihlah tekstur sunscreen yang cocok untuk aktivitas dan tipe kulit wajah. 

Untuk perlindungan maksimal dan efektif, pemakaian ulang sunscreen setiap dua jam sekali sangat dianjurkan dengan kadar SPF minimal 30.

Itulah tahapan sederhana untuk mendapatkan wajah glowing bebas kusam yang bisa kamu terapkan sehari-hari. 

Selain pemakaian skincare sebagai perawatan kulit wajah dari luar, melakukan kebiasaan atau gaya hidup yang baik juga bisa menjadi penentu kesehatan kulit wajah. (*/) (Photo credit: Andrea Piacquadio)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Andhika Immanuel

Music and design enthusiast. Sekarang lagi nyemplung di dunia tulis menulis.