Tips

TIPS UCAPAN LEBARAN DARI BONDOL JPG, KIMBAP FAMILY, DAN TSANA ‘RINTIK SENDU’

Bingung nulis ucapan Lebaran yang unik tapi masih terkesan tulus? Coba simak tips satu ini yuk untuk bikin ucapan Lebaran anti-mainstream!

title

FROYONION.COM - Menjelang Hari Raya Idulfitri, ada beberapa hal yang umumnya disiapkan. 

Mulai dari baju baru, tukerin uang ke dalam cash untuk dibagikan ke keponakan, sampai nyiapin ucapan selamat Lebaran untuk di-broadcast ke grup-grup pertemanan. 

Tak jarang, hal ketiga–menyiapkan ucapan Lebaran–seringkali membuat bingung. Pasalnya, walaupun mudah mengucapkan selamat Idulfitri dengan emoticon tangan berdoa (🙏🏼), tentu ada orang yang memilih untuk memberi ucapan dengan kalimat yang lebih unik.

Untuk itu, Bondol JPG, Kimbap Family dan Tsana ‘Rintik Sendu’ memberikan beberapa tips untuk membuat ucapan Lebaran yang anti-mainstream. 

TIPS DARI BONDOL JPG

Menurutnya, memberikan ucapan secara langsung dengan via chat pasti akan memberikan kesan yang berbeda pula. 

“Kadang kalo menyampaikan pesan via chat, suka diartikan beda nggak sih oleh pembacanya? Makanya kalau gue mau nyampein sesuatu via chat ke beberapa orang, harus menyesuaikan gaya bahasa dengan yang biasa kita pakai,” tuturnya.

BACA JUGA: 6 IDE KREATIF PARCEL UNTUK LEBARAN 2024 YANG COCOK UNTUK SAHABAT

Untuk itu, menurutnya memberikan ucapan yang kasual dan sesuai dengan gaya bahasa anak muda menjadi hal penting. Tak lupa penggunaan emoticon juga dapat membantu memberikan kesan friendly pada ucapan kita. 

Misalnya seperti: “Assalamualaikum, maap sebelumnya nih ga bisa pake kata-kata mutiara kaya yang laen😅

Intinyaa.. met Lebaran yaak! Maap lahir batin. Boleh ga siihh gue mampir ke rumah nyobain opor nyokap lo? Yak yak 😃”

Tips satu ini cocok banget buat kalian yang nggak suka basa-basi dan to the point. Terlebih, pengetikan yang kasual dan nggak baku-baku banget juga cocok untuk kalian kirim ke circle pertemanan kalian. 

TIPS DARI KIMBAP FAMILY

Berbeda dengan Bondol, tips dari keluarga yang tinggal di Korea Selatan ini lebih cocok untuk kamu broadcast ke grup keluarga. 

Menurut mereka, memberikan ucapan yang tulus dan jujur adalah hal yang terpenting. 

“Menulis pesan yang jujur membutuhkan keaslian, salah satu caranya adalah dengan menyertakan pengalaman atau kenangan bersama. Ini akan membuat pesan menjadi lebih personal dan istimewa,” tutur mereka.

BACA JUGA: BIBIR KERING PECAH-PECAH SAAT PUASA? BERIKUT 10 TIPS SUPAYA BIBIR TETAP LEMBUT

Kalau kamu tipe orang yang seperti ini, maka jenis ucapan ini mungkin bisa jadi inspirasimu membuat ucapan Lebaran.

“Dari jarak 5.000 km, kami mengucapkan selamat Idulfitri 1445 H, mohon dimaafkan lahir dan batin. Semoga kita bisa bertemu lagi dengan Ramadan berikutnya, dan bisa berlebaran bersama di tahun depan. Selamat merayakan hari kemenangan, selamat berkumpul dengan keluarga, selamat makan ketupat opor dan kue Lebaran!”

TIPS DARI TSANA ‘RINTIK SENDU’

Melengkapi kedua tips di atas, Tsana turut memberikan ide ucapan Lebaran khusus untuk Gen-Z. 

“Kalau buat Gen-Z, memberikan ucapan yang personalized itu penting. Kita bisa memulai dengan memori yang menarik perhatian. Misalnya, mengajak orang tersayang mengingat kembali memori yang pernah dilalui bersama untuk menghadirkan kembali kehangatan yang sempat terpisahkan,” tuturnya. 

Dengan ciri khas gaya penulisan Tsana yang puitis, ide ucapan Lebaran satu ini bisa jadi inspirasimu yang punya gaya yang sama. 

“Halo! Aku Tsana, gimana puasanya sejauh ini? Udah ada crush yang ajak bukber, belum? Gapapa, kalau belum. Mungkin dia malu mau ngajak duluan, kamu aja gih yang bilang.

Ngomong-ngomong, bulan Ramadan selalu melekat dengan sebuah ucapan. Dari selamat berpuasa, selamat berbuka, sampai ucapan maaf bila ada salah yang disengaja ataupun nggak sengaja. Yang dituju juga beragam. Bisa kirim ke teman, pasangan, orang tua, atau ke mantan. Entah mantan kekasih atau mantan gebetan, yang jelas, ke beberapa orang yang dirasa udah lama nggak jalin komunikasi dengan kita.  

Gak jarang ucapan Lebaran jadi jembatan untuk bisa mendekatkan yang tadinya jauh, dan bisa merekatkan yang sempat asing. Ucapan yang sederhana, tetap bisa sampai di hati banyak orang sebagai perasaan yang sangat istimewa. Semoga semua hal yang baik selalu ikut dalam perjalanan. Semoga yang dirasa kurang baik, menuntun kita untuk mengerti tentang makna memaafkan.”

BACA JUGA: CARA MEMILIH KURMA UNTUK HAMPERS LEBARAN 2023

(*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.