Tips

6 IDE KREATIF PARCEL UNTUK LEBARAN 2024 YANG COCOK UNTUK SAHABAT

Bingung mau ngasih parcel lebaran apa? Bikin parcel lebaran yang nggak biasa tapi tetap punya kesan yang nggak terlupakan! Berikut rekomendasi ide parcel lebaran yang bisa kalian coba.

title

FROYONION.COMParcel Lebaran telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi Idul Fitri. Selain menjadi simbol kebahagiaan dan persaudaraan, parcel Lebaran juga mengandung makna mendalam tentang berbagi dan peduli kepada sesama.

Namun, dalam menyusun parcel Lebaran, kita dapat menghadapi tantangan untuk membuatnya lebih berkesan dan bermakna.

BACA JUGA: REKOMENDASI 5 SEPATU MURAH 50-70 RIBUAN BUAT LEBARAN, ORIGINAL INDONESIA

Sebelum kita masuk ke dalam ide-ide kreatif parcel Lebaran, penting untuk memahami mengapa tradisi ini begitu penting dalam budaya kita. Parcel ini bukan hanya sekadar tumpukan barang, tetapi juga merupakan ekspresi dari kepedulian dan rasa hormat kepada orang lain.

Momen ini menjadi kesempatan untuk mengekspresikan rasa syukur atas berkah yang diterima sepanjang Ramadan serta kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi.

Untuk itu, berikut 6 ide kreatif parcel Lebaran yang tidak hanya memikat, tetapi juga meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

1. PARCEL LEBARAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

Pertimbangkan untuk membuat parcel dengan konsep ramah lingkungan. Alih-alih menggunakan kemasan plastik yang sekali pakai, gunakanlah kemasan yang dapat didaur ulang atau ramah lingkungan, seperti kantong kain atau wadah dari bahan daur ulang.

Selain itu, isi parcel dapat juga terdiri dari produk-produk organik atau yang berkelanjutan, seperti camilan sehat, sabun organik, tote bag daur ulang atau produk-produk ramah lingkungan lainnya.

2. PARCEL BERDASARKAN HOBI ATAU KESUKAAN

Kreasikan parcel Lebaran dengan menyesuaikannya dengan hobi atau kepribadian penerima.

Misalnya, jika penerima adalah seorang pecinta kuliner, kalian bisa menyusun parcel yang berisi berbagai jenis bumbu masakan atau resep-resep kue lebaran. Atau, jika penerima adalah penggemar seni, kirimkanlah parcel berisi alat lukis atau buku-buku tentang seni.

Contohnya parcel untuk pecinta buku berisi novel-novel terbaru, mug bertema buku, dan coklat cair untuk menemani saat membaca.

BACA JUGA: 5 ALASAN KENAPA KALIAN NGGAK HARUS BELI BAJU LEBARAN

3. PARCEL BERBASIS PENGALAMAN

Kalian bisa menciptakan momen berbagi yang tak terlupakan dengan menghadirkan parcel berbasis pengalaman. Coba ganti barang-barang fisik dengan pengalaman, seperti voucher makan di restoran favorit atau tiket nonton film terbaru.

Dengan begitu, penerima tidak hanya mendapatkan barang, tetapi juga kesempatan untuk menciptakan kenangan yang berharga. Bisa dicoba ya.

4. PARCEL KREATIF DENGAN KERAJINAN TANGAN

Berikan sentuhan personal dengan menyusun parcel secara handmade. Kalian bisa membuat kerajinan tangan unik seperti hiasan dinding, bunga dari kertas, atau bahkan karya seni miniatur. 

Parcel yang dibuat dengan tangan akan memiliki nilai sentimental yang lebih tinggi dan dapat meninggalkan kesan yang mendalam pada penerima.

Contohnya berisi hiasan dinding handmade, kerajinan tangan dari kain flanel, dan kartu ucapan Lebaran yang dihias secara kreatif.

BACA JUGA: TAK PERLU ‘BAPER’ KALAU ADA YANG ‘JULID’ DAN NANYA ANEH-ANEH SAAT LEBARAN

5. PARCEL DENGAN SENTUHAN TEKNOLOGI

Kalian bisa mencoba parcel yang satu ini dengan sentuhan teknologi dalam parcel Lebaran untuk memberikan pengalaman yang lebih unik. Kalian bisa  menyertakan parcel yang terhubung dengan aplikasi atau website interaktif.

Misalnya, sertakan QR code yang mengarahkan penerima pada pesan ucapan Lebaran atau video personal dari pengirim. Atau bisa juga berisi buku panduan ramadhan interaktif yang dapat diakses melalui aplikasi smartphone.

6. PARCEL DIFFUSER DAN PENGHARUM RUANGAN

Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi tamu adalah dengan menyediakan parcel yang berisi produk pengharum ruangan.

Dalam momen berkunjung ke sanak saudara, pastinya kita ingin rumah yang rapi, bersih, dan harum. Oleh karena itu, memberi parcel berisikan produk pengharum ruangan seperti diffuser atau pengharum ruangan dalam bentuk aromatic diffuser atau spray jadi pilihan yang tepat.

Penggunaan diffuser atau pengharum ruangan dalam bentuk spray memberikan kemudahan penggunaan dan memastikan ruangan selalu harum sepanjang hari. Dengan aroma yang segar, tamu akan merasa lebih nyaman dan santai di rumah kita.

Dengan mengadopsi ide-ide kreatif ini, parcel tidak hanya akan menjadi hadiah yang memikat, tetapi juga sarana untuk mengekspresikan kepedulian kepada sesama. Gimana menurut kalian? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.