Tips

MULAI RESOLUSI NABUNG 2023 DENGAN BELAJAR MASAK BARENG 5 KANAL YOUTUBE INI

Yuk bisa yuk, kurang-kurangin jajan di luar dan mulai belajar masak buat menghemat pengeluaran. Biar goals nabungmu di tahun ini tercapai!

title

FROYONION.COM - Di akhir tahun kemarin, kamu mungkin pernah nonton reels atau VT berisi seseorang yang sedang mencentang goalsnya di tahun 2022. Lucunya, goals yang ditulis itu dicoret dulu sebagian atau ditambah kata-kata biar berubah maknanya, baru dicentang.

Misalnya nih, goals nabung 10.000.000. Tiga angka 0 di belakang itu dicoret dulu, baru dicentang. Artinya, dia hanya bisa nabung 10.000 aja. Ada lagi goals liburan ke KL, lalu kata KL diubah jadi Klaten, baru dicentang. Memang sih semua goals tercapai, tapi realitanya nggak sesuai ekspektasi semua.

Terutama sekali goals nabung yang rata-rata berubah drastis angkanya. Nggak bisa dipungkiri, nabung itu susah! Apalagi buat orang-orang yang udah terbiasa dengan gaya hidup foya-foya plus lingkungannya doyan jajan semua. Duh, makan tiga kali sehari semuanya harus beli, jarang masak sendiri.

Padahal, menekan pengeluaran makan dengan cara masak sendiri itu terbukti bisa menghemat belanja bulanan kamu loh. Di zaman serba internet sekarang ini, belajar masak bukan lagi hal yang ribet. Banyak kanal Youtube berisi tutorial masak makanan simple dan tetap bergizi buat sehari-hari.

BACA JUGA: REKOMENDASI KANAL YOUTUBE BUAT LO YANG BERKUTAT DI DUNIA PERFILMAN DAN ANIMASI

Jangan lupa subscribe, like, komen dan nyalakan lonceng buat kelima kanal Youtube di bawah ini ya.

1. PUGUH KRISTANTO KITCHEN

Youtuber asal Mojokerto yang akrab disapa Mas Puguh ini kerap membagikan tutorial masak aneka makanan, kue hingga jajanan kekinian secara on budget dengan alat-alat sederhana. Sesuai banget sama jargonnya, “bahan seadanya, hasil istimewa!”

Beberapa resep jajanan kekinian yang pernah dibuatkan tutorial olehnya termasuk es kopi susu Janji Jiwa, matcha latte Starbucks, es krim Mixue hingga beef teriyaki HokBen. Cocok banget nih daripada jajan di luar, bisa coba recook sendiri dengan budget terjangkau. 

Kanal yang sudah mengumpulkan 2 juta subscriber ini juga rutin mengunggah video resep terbaru tiap minggunya. Durasi videonya singkat dan resep lengkapnya tertulis di deskripsi. Takarannya pun seringkali memakai takaran sendok, sehingga akan lebih mudah diikuti oleh kamu yang nggak punya alat penakar. 

2. TRI PUJIS

Nah, kalau kanal ini lebih banyak membahas tutorial masak aneka lauk sehari-hari. Beberapa videonya turut berisi rekomendasi menu apa aja yang cocok dimasak dalam satu minggu. Biar kamu ada gambaran Civs seminggu ini mau makan apa aja. 

Ada juga tips mengolah bahan makanan dengan cara yang nggak mainstream biar kita nggak bosen dengan menu yang itu-itu aja. Selain aneka lauk, ada juga tutorial masak makanan ringan dan kue-kue.  Lengkap banget deh! 

Semua videonya no talking dan nggak pakai intro yang kelamaan, alias langsung sat set sat set to the point. Pantes kalau subscribernya sudah sampai di angka 1.79 juta.

BACA JUGA: TIPS TAMBAH SUBSCRIBER DARI ORANG DALAM YOUTUBE 

3. DEVINA HERMAWAN 

Jebolan ajang MasterChef Indonesia ini join Youtube sejak 2019 dan mulai aktif membagikan video tutorial aneka masakan. Mulai dari masakan Western yang fancy, kue-kue sampai aneka menu on budget, semuanya tersedia dengan resep lengkap di kolom deskripsi.

Konten tutorial masaknya terbilang mudah untuk diikuti, Civs. Langkah-langkahnya dijelasin dengan simpel dan bahkan ada English subtitle-nya juga. Chef Devina juga seringkali memberi tips masak dan mengolah berbagai bahan masakan.

Semua resep sudah terlebih dahulu dicoba beberapa kali sebelum dipublikasikan dalam bentuk video di kanal Youtubenya. Jadi, nggak usah khawatir sama takaran bahan dan proses memasaknya. Selama kamu ikutin resepnya dengan cermat, dijamin nggak akan zonk

4. ONE BIG HAP

Kanal YouTube ini dimiliki oleh William Gozali alias Chef Willgoz, juara MasterChef musim ketiga. Tutorial masaknya beragam banget mulai dari menu-menu on budget, masakan rumahan sampai bekal sekolah anak. Dijamin nggak akan bingung mau masak apa hari ini, tinggal buka Youtubenya Willgoz aja buat dapet inspirasi menu.

Sama kayak Devina Hermawan, Willgoz juga sering ngasih tips and trick supaya masakan yang dibuat bisa lebih tasty. Resepnya juga tertulis lengkap di kolom deskripsi, bikin kita lebih gampang buat copy paste ke notes HP kalau-kalau mau recook nanti. 

5. VIVI VERONICA

Kanal satu ini nggak cuma berisi tutorial masak tapi juga ide jualan dengan resep yang dibagikan. Kebanyakan resepnya adalah makanan ringan dan jajanan yang bisa dijual lagi dengan harga receh. 

Menarik juga nih Civs, hitung-hitung bisa buat side hustle kamu. Kalaupun enggak ada niat jualan, ide-ide jajanan di kanal ini cocok buat snack di sela waktu makan. Bahan-bahannya juga gampang didapat dan cara masaknya simple.

BACA JUGA: EMANG BENER YOUTUBE MAKIN NGGAK RAMAH BUAT KREATOR KONTEN DAN PENONTON?

Nah, itu dia lima kanal YouTube yang bakal berguna banget buat belajar masak sendiri biar bisa menghemat pengeluaran kamu. Kamu bisa mulai dari bikin meal plan mingguan atau bulanan lalu praktekkin menu-menu on budget yang bahannya bisa dibeli di warung atau supermarket terdekat. 

Take it one step at a time, Civs. Mengganti kebiasaan dari beli makan ke masak sendiri memang bukan hal mudah, apalagi kalau kamu udah terbiasa pesan online yang serba praktis. Tapi, yakin deh, keuangan kamu akan jadi lebih terkontrol dan tentunya goals nabung di 2023 bisa kamu centang tanpa harus coret tiga angka 0 di belakang lagi. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read