Esensi

REKOMENDASI KANAL YOUTUBE BUAT LO YANG BERKUTAT DI DUNIA PERFILMAN DAN ANIMASI

Pengen buat short film? Tapi bingung nyari inspirasi di mana? Tenang Civs, nih gue rekomendasiin channel YouTube yang isinya short film buat lo yang berkutat di dunia perfilman dan animasi.

title

FROYONION.COM - Bekerja di industri perfilman dan animasi memang membutuhkan kreativitas yang tinggi. Kreativitas tidak bisa muncul begitu saja tanpa research atau mencari inspirasi. Inspirasi bisa kita cari di mana saja, entah itu di jalanan, di tongkrongan, bahkan bisa kita cari di YouTube.

Seperti yang kita ketahui, YouTube menjadi salah satu media promosi kreatif bagi kreator di seluruh dunia, termasuk kreator short film atau film pendek. Lo bisa mendapat inspirasi lewat platform ini dengan menonton film pendek atau animasi. Walaupun lo berencana membuat film atau animasi yang berdurasi panjang, lo bisa jadikan beberapa channel YouTube yang berisi kumpulan film pendek ini menjadi inspirasi lo untuk membuat film.

1. OMELETO

Omeleto ini channel YouTube yang berisi kumpulan film pendek terbaik di seluruh dunia yang pernah mendapatkan penghargaan. Berbagai genre mulai dari romance, horor, misteri, komedi, dokumenter, bahkan Sci-Fi ada di channel ini. Hampir setiap hari channel ini memposting film pendek di channel YouTube mereka.

Yang gue suka dari omeleto adalah bagaimana mereka mendeskripsikan film mereka di description box. Pemilik channel selalu menganalisis film di setiap kotak deskripsi film yang mengundang pemahaman menyeluruh tentang plot, tema, dan sinematografi. Ini sangat membantu gue ketika gue belum begitu paham dengan isi dari film tersebut.

2. SHORT OF THE WEEK

Mirip dengan omeleto, channel ini berisi kumpulan beberapa film pendek di seluruh dunia dengan genre yang berbeda-beda. Yang jadi perbedaan adalah channel ini memposting film eksperimental dari sutradara yang tidak begitu terkenal, sehingga mengumpulkan perhatian dan dukungan untuk bakat yang belum ditemukan.

Channel ini juga memposting beberapa animasi pendek bahkan stop motion short film juga. Mereka juga menambahkan deskripsi yang cukup membantu gue dalam memahami film tersebut. Walaupun channel ini nggak setiap hari memposting film, setidaknya mereka memposting secara teratur.

3. DUST

Buat lo yang suka nonton film bergenre Sci-Fi atau fiksi ilmiah, lo harus nonton channel yang satu ini. Channel ini berisi short film yang berdurasi 3-50 menit yang bikin lo lupa sama kerjaan lainnya. Sebenarnya channel ini nggak hanya bergenre Sci-Fi saja, tapi multi genre.

Channel ini bertujuan untuk melihat masyarakat melalui lensa ilmu pengetahuan dan teknologi, semua film pendek mereka berurusan dengan peristiwa yang terjadi bersamaan, konsekuensi yang akan datang, dan prediksi tentang keadaan umat manusia dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

Kadang-kadang mereka juga memposting klip video musik fiksi ilmiah yang mengeksplorasi tema atau masalah tertentu melalui musik. Gue suka banget sama channel yang satu ini karena selain gue yang suka fiksi ilmiah, plot yang disajikan sangat bagus menurut gue. Mereka merilis film baru seminggu sekali, tepatnya di hari Kamis. 

4. ALTER

Kalau channel yang satu ini spesialisnya genre horor, walaupun nggak semua tentang hantu sih. Akun yang sudah memiliki jutaan subscribers ini sukses membuat penontonnya merinding ketakutan meski hanya 5-30 menit. Channel YouTube ini setiap minggunya selalu mengunggah short horror film yang berkualitas.

“Kami adalah rumah, komunitas, dan landasan peluncuran bagi pembuat film kami.” Itulah motto dari channel ini. Lo bisa jadi bagian di channel YouTube ini dengan mengirim film pendek horor di website mereka. Jika film yang lo buat bagus, kemungkinan besar akan di posting melalui channel ini. FYI channel ini ternyata bekerja sama dengan DUST.

5. SCREAMFEST 

Buat lo yang belum tau, di Amerika ada festival film horor pendek yang namanya Screamfest Horror Film Festival. Festival film horor ini didirikan oleh produser film Rachel Belofsky dan Ross Martin pada bulan Agustus 2001. Ini termasuk festival film horor terbesar dan terlama yang diadakan setiap 10 hari pada bulan Oktober di TCL Chinese 6 Theatres, Los Angeles. 

Nah, setiap film yang sudah tayang perdana di Screamfest Horror Film Festival akan di upload oleh channel YouTube ini setiap minggunya. Channel ini didedikasikan untuk mendukung film-film yang menarik, menemukan scriptwriter yang kreatif, dan mencari cerita orisinal dari seluruh dunia.

6. CGMeetUP

Channel ini merupakan channel YouTube yang memposting banyak animasi film pendek. Jenis ceritanya pun macam-macam, bukan hanya menyajikan film creepy pasta namun channel ini menyajikan film kisah cinta dan cerita motivasi. Walaupun animasinya lucu, tapi tidak semua videonya dapat ditonton oleh anak-anak karena cerita yang disajikan cukup beragam.

CGMeetup menjadi sumber inspirasi untuk semua seniman CGI, VFX, 3D dan Digital. Channel ini juga menampilkan berbagai macam konten CGI termasuk di belakang adegan, rincian vfx, film pendek & showreel. Setiap minggunya, channel ini memposting animasi pendek dari seluruh negeri.

7. HOW IT SHOULD HAVE ENDED

Seperti judulnya, HISHE adalah channel YouTube animasi yang memparodikan film-film populer dengan membuat ending alternatif dan menunjukkan berbagai kekurangan. Daniel Baxter dan Tommy Watson mulai mendiskusikan akhir alternatif untuk film yang mereka tonton sejak tahun 2005. Channel ini juga lumayan rajin upload videonya, walaupun nggak tiap hari.

Yang gue suka dari channel ini adalah bagaimana mereka membuat jalan cerita lain yang bikin kita ‘eh bisa gitu ya?’. Selain itu animasinya yang mempunyai ciri khas tersendiri bikin channel YouTube ini jadi berbeda dari yang lain. Kebanyakan film yang diparodikan adalah film Marvel, tapi ada juga film seperti Jurassic Park sampai Lion King juga diparodikan.

Itulah beberapa rekomendasi channel YouTube yang menurut gue bisa dijadikan inspirasi buat lo yang berkarya maupun bekerja di industri perfilman. Lo juga bisa ikutan jadi bagian dari mereka dengan mengirim karya film pendek lo di website mereka. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.