Pop

‘NGOPI, YUK!’, MOBILE GAME LOKAL ADAPTASI WEBTOON YANG BIKIN LO NYAMAN BERJAM-JAM DI DEPAN HP!

UNIQX Studio, pengembang game asal Cikarang yang bekerja sama dengan Toge Productions akhirnya merilis mobile game terbaru mereka, yaitu ‘Ngopi, Yuk!’. Simak ceritanya yuk!

title

FROYONION.COM - Pada pertengahan tahun lalu, salah satu pengembang game lokal ternama asal Tangerang, yaitu Toge Productions menyelenggarakan Toge Game Fund Initiative (TGFI) sebagai bentuk inisiasi untuk membantu pendanaan bagi para pengembang game lokal lainnya dalam memproduksi game ciptaan mereka sendiri.

Dikutip dari IGN, para pengembang game yang tergabung dalam TGFI nggak cuma mendapatkan pendanaan untuk produksi game aja, Civs. Mereka juga mendapatkan berbagai program mentoring lainnya dari Toge Productions, contohnya kayak pelatihan UI/UX, penyeimbangan gamecore gameplay development, dan sebagainya.

Enam game yang mendapatkan bantuan pendanaan dan mentoring dari Toge Productions, salah satunya adalah game ‘Ngopi, Yuk!’.
Enam game yang mendapatkan bantuan pendanaan dan mentoring dari Toge Productions, salah satunya adalah game ‘Ngopi, Yuk!’. (Sumber: Twitter @togeproductions)

Setidaknya ada enam studio pengembang game yang berhasil menerima pendanaan dari TGFI, salah satunya adalah UNIQX Studio yang akhir-akhir ini merilis mobile game terbaru mereka yang berjudul ‘Ngopi, Yuk!’.

BACA JUGA: DI BALIK LAYAR: PEMBUATAN GAME CITAMPI STORIES YANG LOKAL BANGET

Game ini diadaptasi dari komik Webtoon dengan judul yang sama, bercerita tentang sebuah kedai kopi tradisional yang berlokasi di Pontianak, Kalimantan Barat.

Dalam game ini, si player berperan sebagai seorang barista dan menjalankan sebuah bisnis kedai kopi, kemudian menyajikannya menu-menu yang ada di kedai untuk para pelanggan, tentunya dengan berbagai tantangan dan tingkat kesulitan yang cukup variatif.

Misi dan cerita unik dari setiap customer yang ada dalam game.
Misi dan cerita unik dari setiap customer yang ada dalam game. (Sumber: dokumentasi pribadi penulis)

Nggak cuma sekedar menjalankan misi aja, setiap customer yang ada di dalam game menyajikan sebuah cerita dan interaksi tersendiri yang menarik buat kita ikuti. BGM (Background Music) dari game ini juga cukup menyajikan vibes yang menenangkan dan semakin membuat kita enjoy untuk berlama-lama ada di kedai kopi virtual ini.

BACA JUGA: GAME DEVELOPERS TANAH AIR JADI PRIORITAS PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF INDONESIA

Seiring berjalannya progress di dalam game, kita juga bisa membuka banyak menu baru dan upgrade alat-alat di kedai kopi, gue rasa game ini cocok banget buat lo yang suka main games kayak The Sims, Cities Skylines, dan berbagai tycoon game lainnya.

Saat gue coba untuk mainin game ini, jujur aja gue betah dan cukup enjoy dengan ambience serta interaksi yang diperlihatkan antara karakter-karakter di dalamnya. BGM dan visual yang ada dalam game ini bikin gue berasa lagi baca visual novel, bukan sekedar game yang cuma lo mainin untuk kelarin misi aja tanpa perlu tau cerita / lore secara lebih dalam.

Tampilan UI/UX yang ada dalam game juga cukup intuitif. Nggak perlu berlama-lama ‘ngubek-ngubek’ main menu untuk bisa paham semua fitur yang ada dalam game satu ini. Gue rasa, ‘Ngopi, Yuk!’ bisa jadi salah satu game ‘enteng’ yang cocok buat lo jadiin ‘pelarian’ ketika mumet sama tugas atau pekerjaan, atau sekedar mengisi waktu luang ketika lo lagi gabut.

Perilisan game ‘Ngopi, Yuk!’ karya UNIQX Studio.
Perilisan game ‘Ngopi, Yuk!’ karya UNIQX Studio. (Sumber: Twitter @uniqx_studio)

Dan sekarang, ‘Ngopi, Yuk!’ udah tersedia di Google Play Store dan bisa lo download, Civs . Buat lo yang penasaran dan pengen nyobain game yang satu ini, lo bisa klik link ini yak. (*/)

BACA JUGA: GALIH ARISTO: “BOARD GAME INDONESIA PUNYA MASA DEPAN YANG CERAH”

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.