Esensi

BERTAHAN HIDUP DENGAN MAIN GAME DOANG PAKE “AXIE INFINITY”?

“Main game mulu, mau jadi apa lo??” Perkataan kayak gitu emang sering kita dengar. Tapi zaman sekarang, itu mah udah nggak relevan. Buktinya orang bisa jadi kaya dengan main game yang satu ini.

title

FROYONION.COM - Zaman-zaman sekolah dulu, pasti sering banget diomelin sama emak kalau kita keseringan main game. Mulai dari game offline yang dimainin waktu sore-sore sama geng komplek dengan batas waktu Maghrib, PlayStation yang bikin emak pusing tujuh keliling nyariin kita yang ternyata nginep di rental, main di warnet pake acara diem-diem nyolong duit bapak, sampai permainan mobile yang bisa diakses lewat smartphone zaman sekarang. 

Omelannya juga bervariasi. Kalau masih kalem, biasanya cuma negur doang. Naik level, biasa udah bawa-bawa senjata kayak sapu ijuk, sapu lidi, sampai gesper. Naik level lagi biasanya keluar kata-kata pedas yang mempertanyakan masa depan kita yang cuma main game dan ngebandingin sama anak tetangga. Level paling dewa sih biasanya udah didiemin aja, alias nggak diurusin. 

Sungguh masa-masa yang kelam tapi juga ngangenin. Tapi di tahun 2021 ini, lo yang masa kecilnya suka kena omel orang tua karena main game udah bisa membalikkan keadaan nih. Soalnya, sekarang udah banyak banget game yang bisa sekaligus ngehasilin duit. 

Salah satunya adalah Axie Infinity, permainan online berbasis crypto yang bisa bikin lo jadi jutawan. Bahkan mitosnya, lo bisa kok bertahan hidup dengan main game ini doang. Gimana ya caranya? 

PLAY-TO-EARN GAME 

Axie Infinity adalah permainan online yang termasuk ke dalam jenis play-to-earn, alias kalo lo main lo bisa dapet sesuatu. Ada banyak macem-macem game yang play-to-earn gini. Bahkan Indonesia juga punya loh permainan play-to-earn gini. Kayak TopRich, MaGer, dan Island King yang nawarin reward berupa Rupiah. 

Bedanya sama permainan-permainan tadi, Axie Infinity bukan nawarin duit dalam bentuk Rupiah tapi berupa mata uang crypto yaitu Ethereum (ETH). Axie Infinity sendiri adalah game buatan Vietnam yang aset-aset dalam game yaitu si-Axie-nya adalah Non Fungible Token atau NFT. 

BACA JUGA: NFT: SERBA-SERBI KARYA SENI DIGITAL, ANAK MUDA PERLU TAU!

Kalau lo sering denger soal NFT dan pengen ikutan punya koleksi NFT tapi bingung mau mulai dari mana, lo bisa mulai dari main Axie Infinity dan mengoleksi para Axies yang lucu-lucu ini. 

Dari tadi udah disebutin mulu soal Axies, tapi sebenernya Axies ini apa sih? 

Axies sendiri adalah sebutan untuk makhluk-makhluk yang bakal lo pelihara di game ini. Bentukannya sih kayak monster kecil nan lucu gitu. Masing-masing Axie juga punya kekuatannya sendiri. Ada Axie yang kuat untuk menyerang, tapi ada juga Axie yang gunanya lebih untuk bertahan. Mirip-mirip Pokemon gitu deh. 

Nah, kalau lo tertarik untuk mainin Axie Infinity, ada beberapa langkah yang harus lo lakukan terlebih dahulu. Pertama, lo harus download Metamask. Ini penting banget bray, apalagi untuk beli Axie-nya. Ati-ati juga buat lo yang punya penyakit lupa ID dan password sosmed. Yang satu ini mending jangan dilupain deh, apalagi yang ini isinya duit.  Makanya, waktu lo unduh Metamask di sini, jangan lupa untuk nyatet ID dan passwordnya supaya hal-hal nggak mengenakkan terjadi. 

Setelah punya dompet Metamask ini, selanjutnya lo ke website Axie di sini dan masuk pakai akun Metamask yang udah tadi lo buat. Setelah masuk, lo langsung aja ke menu ‘My Axie’. Di situ lo bakal ngeliat koleksi Axie yang lo punya. Kalau belom punya, lo bisa beli beberapa pilihan Axie yang murah-murah aja dulu. Murah dan mahalnya Axie ini juga bergantung ke status atau keahlian si Axienya. Makin tinggi kekuatannya, makin mahal juga. 

Beberapa pilihan Axies yang bisa lo beli waktu awal bermain. (Foto: Kanal YouTube CAGYJAN)

Kalau ditanya berapa modal yang lo butuhkan untuk main Axie Infinity, jawabannya beragam. Tergantung kepada strategi awal lo yang pengen main dengan Axie murah aja atau pengen pake Axie yang lebih kuat. Tapi rata-rata orang butuh modal sekitar Rp10 juta rupiah untuk mulai bermain.

Jumlah Axies yang lo butuhin adalah 3 Axies supaya lo bisa main. Kombinasi Axies yang dianjurkan untuk pemain pemula juga beraneka ragam. Ada yang bilang beli aja satu jenis Axie yang cukup kuat attack-nya dan dua Axies yang kuat defense-nya. Tapi ada juga yang bilang terserah sesuai dengan strategi lo. Intinya ini semua tergantung keinginan lo kayak gimana. Karena nantinya Axies yang lo beli akan digunain buat battle. 

Setelah beli Axies, selanjutnya adalah untuk bermain. Ada dua mode permainan yang bisa lo pilih yaitu ‘Arena’ dan ‘Adventure’. Mode main di ‘Arena’ itu untuk lo ngelawan pemain lain. Sedangkan di mode ‘Adventure’ lo bakal ngelawan monster NPC, alias lawan komputer. Nah, untuk pemain awal sangat disarankan untuk main di mode ‘Adventure’ dulu. 

Cara mainnya juga nggak belibet kok. Setelah main, Axies yang lo punya juga bisa di-upgrade supaya makin kuat. Untuk pengalaman bermainnya, banyak orang bilang kalau permain satu ini bikin ketagihan. Bukan cuma karena gameplay-nya yang seru, tapi juga karena bisa cuan. Malah ada loh orang yang sama sekali nggak kerja dan cuma bertahan hidup lewat permainan ini aja. Gimana tuh??

POTENSI MASA DEPAN DUNIA

Kayak yang udah disebutkan sebelumnya, Axie ini termasuk NFT. Jadi kalau lo punya satu Axie, sama aja dengan lo punya satu aset NFT yang bisa lo perjualbelikan di kemudian hari. 

NFT sendiri adalah salah satu alternatif buat ‘main’ crypto. Kalau ditarik lagi, crypto adalah mata uang virtual yang bisa lo gunain untuk berinvestasi dan bertransaksi. Layaknya mata uang yang ada banyak, crypto juga ada banyak jenisnya. Kalau di NFT sendiri, biasanya pada pake ETH. Makanya di game Axie Infinity lo juga bakal dapet reward dalam bentuk ETH. 

Ternyata, potensi perkriptoan ini nggak main-main. Udah banyak pendapat para ahli dan konglomerat kayak Elon Musk yang percaya banget kalo cryptocurrency bakal jadi masa depan dunia. Sebagai salah satu platform investasi, kripto juga termasuk sebagai high-risk investment, alias berisiko tinggi. Tapi kalo kata para ahli investasi mah, high risk, high return (cielah). Jadi potensi investasi di cryptocurrency juga cukup menjanjikan.

Nggak heran kalau udah ada orang-orang yang serius banget nekunin kripto dengan berbagai jalan yang mereka pilih. Ada yang pilih untuk seriusin NFT, ada juga yang fokus mainin Axie Infinity aja sampai rela keluar dari kerjaan. Nggak percaya?

Dilansir dari Rest of the World, seorang pria berumur 31 tahun bernama RK Secretario yang berasal dari Filipina jadi bukti nyata kalau Axie Infinity bisa jadi sumber mata pencaharian. Bapak Secretario yang sebelumnya kerja jualan beras ini memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah dia tekuni selama dua tahun dan fokus main Axie Infinity.

RK Secretario, pemain Axie Infinity asal Filipina yang menghasilkan puluhan juta tiap harinya. (Foto: Player Spraky's Livestream/Axie Infinity)

Kalau pemain pemula bisa ngehasilin 75-100 SLP per hari dengan main Axie yang setara dengan Rp97.000-130.000, Secretario bisa ngehasilin $2000/hari atau setara dengan Rp28.500.000! Ini baru yang namanya main game juga bisa ngehasilin duit. 

Filipina emang udah ada di level yang lain kalau soal nerima peluang kripto untuk masa depan bangsanya. Hal ini juga dibuktikan dengan pemerintah Filipina yang bilang kalau akan mengizinkan 10 blockchains dan perusahaan virtual untuk beroperasi dan nge-handle masalah pajak. 

Hal ini patut diapresiasi sih. Karena hal ini membuktikan kalau peluang kripto sudah bisa diadaptasikan di level nasional. Selain itu sebenernya kripto juga punya dampak yang bagus, salah satunya untuk mencegah adanya korupsi. Soalnya, segala transaksi menggunakan kripto bakal kelihatan sama semua orang lewat sistem blockchain. Nggak bakal ada lagi tuh kasus-kasus korupsi kalau para petinggi ngasih bansosnya pakai kripto, hehehe..

Walaupun masih ada yang kontra sama kripto, pada intinya Axie Infinity dan cryptocurrency bisa jadi alternatif investasi di masa depan. Bahkan bisa juga jadi pengganti mata uang untuk bertransaksi di keseharian. Gimana? Udah mulai tertarik buat main kripto? Mungkin Axie Infinity bisa jadi cara yang kamu pilih! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor