Movies

BAP. BILANG BIKIN LAGU ITU KAYAK MELUKIS, LO BISA GUNAKAN SEMUA PILIHAN WARNA YANG ADA

Rima yang terucap oleh BAP. di Joyland Festival keluar dengan rapi. Pada lagu terakhir berjudul Small Love yang dia bawa, BAP. turut menuruni panggung dan bernyanyi bersama para penonton dengan sejajar.

title

FROYONION.COM - Rapper Kareem Soenharjo alias BAP turut tampil memeriahkan Joyland Festival pada hari ketiga (6/11) di . Penonton mulai berkerumun di Lily Pad Stage, lalu BAP mulai menumpahkan berbagai rima. 

Sebelumnya, BAP telah meraih Anugerah Musik Indonesia/AMI Awards 2022 dalam kategori artis solo pria/ wanita genre rap/ hiphop terbaik, pada Oktober lalu. Banyak yang mulai penasaran musik seperti apa yang dibawakan oleh BAP.

Pada kesempatannya tampil di Joyland Festival, BAP. membawakan lagu mulai dari Same Shoes, No Company hingga Small Love. Sebelum mulai menyanyikan lagu Small Love, dia menuruni panggung lalu melompati pagar pembatas, kemudian bersama berdiri bersama para penonton.

Lagu Small Love ini liriknya bakal terdengar familiar lantaran formula awalnya adalah lagu Terdiam oleh Maliq & d'Essential. BAP. lalu mengaransemen ulang menjadi sebuah karya yang segar dan enak untuk didengar.

“Rasanya menyenangkan hadir di Joyland Festival,” ucap BAP. “Gue pun datang ke Joyland Festival Jakarta sebelumnya [sebagai penonton], dan sekarang akhirnya bisa manggung di sini.”

BACA JUGA: ‘JAZZ TAPI PARTY’: PADUAN BUNYI SYNTH YANG GROOVY OLEH BATAVIA COLLECTIVE

BAP. mengatakan bahwa dia saat ini fokus untuk konsisten berkarya di dalam industri musik Indonesia. Dalam proses membuat sebuah lagu, BAP. kerap mencoba berbagai hal baru dan memadukan banyak ide.

“Kadang-kadang harus ditempel dulu buat tahu bahwa ide tersebut nyangkut apa enggak,” ucap BAP. “Enggak perlu bikin lagu yang terlalu kompleks. Kalau lo merasa senang dengan lagu yang lo bikin, itu udah cukup baik.”

Ketika lagu yang sedang dibuat oleh BAP. dirasa sudah selesai, dia kadang masing ingin mencoba mencampur (mix) beberapa hal, seperti ketukan drum dan lainnya. Mungkin hasil pencampuran tersebut belum tentu bagus baginya, tapi BAP, merasa akan menyesal kalau belum mencobanya.

BAP. adalah musisi hip hop/rap yang sedikit banyak memadukan genre lain pada lagunya. Mulai dari hardcore punk, jazz, hingga beat scene LA. 

[Bikin lagu itu] kayak melukis,” terang BAP. “Terdapat banyak pilihan warna. KIta bisa mencoba warna-warnanya terlebih dahulu sebelum karyanya final.”

Menurut BAP., “puncak” di dalam hidup tidaklah banyak. Maka dari itu dia merasa bersyukur memiliki kemungkinan untuk manggung dan banyak hal lainnya. BAP. juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang berjalan bersamanya, pihak manager, label rekaman; semuanya.

BACA JUGA: JOYLAND FESTIVAL: NYAMAN DAN AMAN NGGAK HANYA BUAT ANAK MUDA TAPI SEMUA USIA

BAP. juga bercerita bahwa dirinya bisa sampai pada titik ini merupakan hasil dari usahanya untuk konsisten membuat lagu selama tahun selama kuliah. Saat ini BAP. sedang dalam proses pengerjaan album barunya sambil mengupayakan kesehatan tubuh dan mentalnya.

Terkait tanggapan kontra atau tidak setuju atas AMI Awards yang dia terima, BAP. menilai bahwa akan selalu ada orang yang kontra dengan karya lo. Dia pun sudah menduganya dari awal.

“Kalau ada orang yang punya referensi lagu yang berbeda, ya terima aja enggak apa-apa,” ucap BAP kepada Froyonion. “It’s fine, I hope everyone is happy.”

Hal semacam perbedaan pendapat atau perdebatan soal industri musik di media sosial menurut BAP. akan hilang terbawa angin dan dilupakan. “Begitulah hidup,” tambahnya. Lo pun bisa coba dengerin lagunya BAP lewat tautan Spotify di bawah ini. (*/)

BACA JUGA: BAGAIMANA LAGU BISA MEMBUAT MANUSIA TERGERAK? ‘EFEK RUMAH KACA’ MENJAWAB PERTANYAAN TERSEBUT

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung