Music

TIPS AMPUH TUR BAND KE LUAR NEGERI DARI SATRIA RAMADHAN

Satria Ramadhan adalah Co-founder Axean Festival, Singapura. Supaya bisa melakukan tur ke luar negeri, kalian bisa mendaftar ke music conference yang diadakan di banyak negara Asia.

title

FROYONION.COM - Kalian musisi/band tentu ingin melakukan yang namanya tur. Kegiatan bertamasya sambil bermusik ini dinilai bisa meluaskan jangkauan lagu yang kalian ciptakan ke pendengar di berbagai daerah.

Pergi ke luar negeri adalah hal yang terdengar keren, apalagi kalau kalian musisi yang sedang melangsungkan tur. 

Co-founder Axean Festival, Satria Ramadhan menjelaskan poin-poin yang perlu dilakukan musisi. Baik yang akan melangsungkan tur, maupun yang belum pernah, tapi ingin melakukan tur.

“Tur adalah impian musisi,” ujar Satria dalam acara Jakarta Musicccon 2023. “[Lewat tur] kalian bisa menghadirkan musik secara langsung di hadapan pendengar, memperluas jangkauan musik, dan mempromosikan album baru.”

BACA JUGA: 5 BAND MIDWEST EMO INDONESIA YANG LAYAK DISEBUT 'HIDDEN GEM'

Satria juga merupakan Founder SRM Bookings and Services yang kerap membawa band Indonesia tur ke luar negeri. Berikut hal-hal yang bisa dicoba jika kalian ingin atau akan melangsungkan sebuah tur.

TUR MUSISI KE LUAR NEGERI

Hal yang bisa band kalian lakukan adalah dengan mendaftar di music conference. Bisa dimulai dari music conference di negara tetangga, misalnya Singapura dalam acara Axean Fest.

Dengan mengikuti music conference, band kalian jadi mendapat pendengar baru. Syukur-syukur kalau delegasi dari luar negeri ternyata menyukai warna musik kalian. Bisa aja ke depannya band kalian diundang ke festival musik di negara mereka.

Walau demikian, perjalanan menuju ke music conference kadang mengharuskan kalian untuk self funding alias bayar sendiri. Kalian bisa memanfaatkan sumber dana dari penjualan tiket, merchandise, kas, maupun patungan.

Ketika hadir dalam music showcase conference, Satria menyarankan supaya band kalian membawakan lagu paling hits/andalan pada penampilan pertama. Biasanya delegasi hanya menonton 1-3 lagu hingga akhirnya pindah ke penampil lain.

BACA JUGA: KENAPA LAGU K-POP SEKARANG INI LEBIH BANYAK MENGGUNAKAN LIRIK BERBAHASA INGGRIS?

Pada acara music showcase semacam ini, kalian tidak hanya dituntut untuk bermain bagus, tapi manfaatkanlah juga kesempatan ini untuk berjejaring dengan banyak orang. 

Kerap kalian akan mendapat kesempatan berbicara langsung (one-on-one) dengan delegasi. Gunakan kesempatan tersebut sebaik-baiknya untuk mengobrol dan mempromosikan musik kalian.

Bila kalian sudah fix akan melangsungkan tur, pastikan kalian tidak membawa alat atau tambahan orang yang tidak perlu. Merchandise yang ingin kalian jual di negara tujuan pun bisa disebar supaya tidak dicurigai pihak bandara.

Selanjutnya, tampilkan yang terbaik!

REKOMENDASI MUSIC CONFERENCE DI ASIA

Di bawah ini terdapat beberapa music conference yang bisa kalian ikuti.

1. Axean Fest (Singapura)

Axean Fest tahun ke-4 baru saja berlangsung pada akhir Oktober lalu. Music showcase conference di Singapura ini mendatangkan 7 musisi asal Indonesia antara lain DVY, Jessla, Mantra Vutura, Pink Pitch, Reality Club, Wake Up, Iris!, dan Tanayu.

2. Music Lane Okinawa (Jepang)

Music Lane Okinawa telah menutup pendaftarannya pada Oktober lalu. Kerennya, terdapat dua musisi asal Indonesia yang akan tampil pada 19-21 Januari 2024 di Music Lane Okinawa. Dua musisi tersebut adalah Dvy asal Makassar dan Logic Lost asal Jakarta.

BACA JUGA: BERBAGAI WUJUD KISAH CINTA DALAM ALBUM TERBARU REALITY CLUB

3. Zandari Festa (Korea)

Zandari Festa adalah music showcase conference yang sangat bergengsi. Music conference di Korea ini dapat membuka peluang supaya band kalian bisa berkenalan dengan pelaku bisnis di luar sana.

4. LUCfest (Taiwan)

LUCest baru saja berlangsung pada akhir November lalu. Music showcase conference di Taiwan ini mendatangkan 8 musisi asal Indonesia antara lain Coldiac, Dongker, Hindia, Isyana Sarasvati, Jevin Julian, Mantra Vutura, Milladenials, dan Reality Club.

Walau sejumlah music conference di atas sudah ditutup tahun ini, mereka kerap membuka pendaftaran lagi pada tahun depan. Yang terpenting adalah kesiapan kalian untuk tampil dan memberikan yang terbaik. 

Jangan lupa untuk mengikuti media sosial masing-masing acara music conference supaya kalian tidak terlambat melakukan pendaftaran. Gimana, udah siap band kalian melangsungkan tur ke luar negeri?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung