Music

5 BAND MIDWEST EMO INDONESIA YANG LAYAK DISEBUT 'HIDDEN GEM'

Fans musik math rock, midwest emo dan indie rock yuk merapat! Biar nggak excited sendirian, berikut band midwest emo lokal yang underrated padahal layak dikenal lebih luas.

title

FROYONION.COM - Band midwest emo Indonesia banyak yang masih belum dikenal luas alias underrated, padahal konsep dan karya-karyanya patut dikenal dan diapresiasi oleh banyak telinga. 

Dikenal mirip dengan genre math rock, musik midwest emo adalah skena emo dan subgenre yang berkembang di Amerika Serikat bagian barat tengah pada tahun 1990-an.

Nama midwest emo digunakan karena pertama kali lahir dan berkembang di bagian tengah Amerika. Midwest emo menggunakan gaya vokal dan riff gitar yang tidak konvensional serta melodi arpeggio. Subgenre ini berakar dari genre hardcore punk/post-hardcore dan beralih ke indie rock dan math rock.

BACA JUGA: REKOMENDASI BAND MATH ROCK LOKAL SEJENIS ELEVENTWELFTH

Siapa yang suka sama jenis musik ini? Mari cek deretan 5 band midwest emo Indonesia yang layak disebut “hidden gem” karena produksi lagu-lagunya yang memikat.

5 REKOMENDASI BAND MIDWEST EMO LOKAL YANG MESTI DIKENAL

1. Beijing Connection

Beijing Connection adalah band beraliran midwest emo asal Makassar yang beranggotakan Rudy Rubiandini (vokal dan bass), Adhewans (gitar) dan Joy Silitonga (drum). Judul lagu yang eye catchy, aesthetic dan musik bersentuhan math rock dan emotive dibawakan dengan apik oleh trio ini.

Sejauh ini, Beijing Connection telah melahirkan tiga single dan sebuah EP berjudul ‘You are the best thing to come out of the end of the world for me’ yang berisi 4 track. Walaupun masih tergolong underrated, band asal Sulawesi ini menjadi angin segar untuk musik midwest emo kedepannya. Buat penggemar midwest emo, math rock dan indie rock, coba kepoin deh si Beijing Connection ini. Dijamin gak nyesel!

2. Cubfires

Sejak terbentuk di tahun 2017 silam, Cubfires konsisten berdiri dengan empat anggota yaitu, Avinnala Yunus (gitar, vokal), Ayyub Satrio (gitar), Brian (bas, vokal) dan Panji (drum).

Meskipun tergolong baru, mereka cukup produktif dalam memproduksi musik. Terbukti band Cubfires sudah memiliki 2 album yaitu Stay Gone (2018) dan Discography (Remastered) pada 2020 serta enam single terpisah. Tiga single terbaru mereka rilis pada 2023, yaitu ‘Mr Mice Guy’, ‘Flowburn’ dan ‘Adulting is Nothing’. Mirip seperti eleventwelfth, Cubfires juga memiliki lagu berkonsep dengan cerita sambung yang bisa kamu dapati pada lagu ‘Iced Shaken Lemonache’ dan ‘Deafening Nonsense’. Such incredible talents and arts!

3. Shewn

Shewn, band asal Malang beraliran midwest emo/post-hardcore/alternative rock ternyata cukup terkenal di daerah asalnya. Terdiri dari 5 member yaitu, Ekki (vokal), Ravaeizal (gitar), Endar (gitar), Afif(bass) dan Rio (drum), band ini telah merilis sebuah album bertajuk At Home, Drownin, sebuah EP berjudul Moar dan satu single bertajuk Sunshine (Quarantine Version).

EP Moar merupakan salah satu karya yang diantisipasi oleh para penggemar mereka, terutama di Malang. Diisi dengan tiga track ciamik, EP ini berhasil didengarkan lebih dari 10 ribu kali di berbagai platform musik digital.

4. Beeswax

Beeswax juga merupakan band midwest emo/post-hardcore yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Mereka telah meluncurkan dua album penuh bertajuk Growing Up Late (2015) dan Saudade (2018). Band ini terbentuk pada 2014 sebagai sebuah proyek iseng yang malah menerima antusiasme mengesankan dari penikmat musik emo di area Malang.

Beeswax beranggotakan Bagas Yudhiswira (vocal), Raveizal Ario Sayoga (vocal / gitar), Putra Vibrananda (vocal / bass), dan R. Yanuar Ade (drum).

5. Beforeyou

Rekomendasi band midwest emo lokal Indonesia yang terakhir adalah Beforeyou yang berasal dari Yogyakarta. Awalnya bernama UKJNX (sebuah projek pribadi) yang diinisiasi oleh Ukie Junx, akhirnya band ini bertransformasi nama menjadi Beforeyou.

Beforeyou beraliran midwest emo/indie rock dengan sentuhan punk di beberapa lagunya. Pada tanggal 14 Desember 2019, Beforeyou resmi merilis sebuah karya berjudul “Better Place” yang diunggah di YouTube. Single “Better Place” ini juga sudah dirilis di berbagai platform musik online. Pada 2021, Beforeyou merilis sebuah EP berjudul A Year Full of Temptations yang berisi 5 lagu.

Itulah rekomendasi 5 band midwest emo lokal yang wajib dikenal dan didengar oleh pecinta musik math rock, emo atau indie rock. Bagaimana sudah siap explore? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.