Music

STRAY KIDS ‘LOSE MY BREATH’, SINGLE KEJUTAN YANG PENUH HIDDEN DETAILS

Berkolaborasi dengan Charlie Puth, boy group Stray Kids merilis single ‘Lose My Breath’. Dari genre yang baru, teknik bernyanyi yang khusus, hingga koreo dari bahasa isyarat, single ini memang penuh kejutan untuk para STAYs.

title

FROYONION.COMStray Kidsboy group di bawah naungan JYP Entertainment merilis single terbaru mereka yang berjudul ‘Lose My Breath’. 

Berkolaborasi dengan penyanyi solo asal Amerika Serikat, Charlie Puth, ‘Lose My Breath’ jadi single yang terasa berbeda dibanding lagu-lagu Stray Kids sebelumnya. 

Hal ini karena lagu ini dibuat saat kedelapan member Stray Kids–Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, HAN, Felix, Seungmin, dan I.N–bertemu Charlie di song camp Global Citizen 2023. Sehingga mereka hanya punya waktu 10 menit untuk menggarap lagu ini bersama-sama. 

BACA JUGA: HARD WORK PAYS OFF! STRAY KIDS RAIH PENGHARGAAN GLOBAL K-POP ARTIST DI GOLDEN DISC AWARDS 2024

DIPRODUSERI CHARLIE PUTH

Jika biasanya lagu-lagu Stray Kids selalu diproduseri oleh 3RACHA (Bang Chan, Changbin, dan HAN), kali ini ‘Lose My Breath’ diproduseri langsung oleh Charlie Puth.

Walaupun begitu, 3RACHA tetap terlibat dalam proses penulisan lagu sebagaimana tertera pada song credits ‘Lose My Breath’. 

Dengan genre R&B, Stray Kids pun harus melakukan beberapa penyesuaian agar dapat menyanyikan lagu ini dengan baik. 
Bang Chan, leader Stray Kids. (Sumber: YouTube JYP Entertainment)

BACA JUGA: ANNIVERSARY SEVENTEEN KE-9 BARENG SPOTIFY, DARI LISTENING PARTY HINGGA MAIN ‘SPOT THE LIAR’

Dalam video Stray Kids [INTRO "Lose My Breath (Feat. Charlie Puth)"] yang dirilis di kanal YouTube JYP Entertainment, Bang Chan sebagai leader berkata bahwa mereka banyak melakukan penyesuaian pada cara bernyanyi. 

“Kami mengubah teknik bernyanyi para members dan directing saat rekaman. Kalau biasanya style bernyanyi JYP adalah 50% udara dan 50% suara, kali ini 70%-80% udara. Di awal saat instrumennya drop, kami membangun suasana hingga sampai ke bagian klimaks Lee Know menyanyikan bagiannya dengan nada yang kuat,” jelasnya. 

Hal ini dilakukan Stray Kids untuk membangun suasana yang sesuai dengan atmosfer lagunya, sekaligus menyeimbangkan teknik vokal dengan suara Charlie yang ada di bagian reff pertama. 

Saat pertama kali mendengar lagu ini, terasa bahwa genre dan cara lagu ini disampaikan memang lekat dengan image Charlie. Namun Stray Kids membuktikan bahwa mereka juga bisa overcome ‘Lose My Breath’ dengan baik. 

KOREOGRAFI DARI BAHASA ISYARAT

Selain genre dan cara bernyanyi yang tidak biasa dibawa oleh Stray Kids, koreografi pada tari di ‘Lose My Breath’ juga memiliki keunikan. 

Lee Know sebagai main dancer Stray Kids bilang, “Kalau gerakan tarinya terlalu hard, nggak akan cocok dengan lagunya. Tapi kalau main formasi, juga rasanya nggak cocok. Jadi secara keseluruhan, koreografi di lagu ini terdiri dari gerakan yang lembut, kuat, lalu diakhiri dengan tarian yang powerful. Variasi itulah yang ingin kami tunjukkan,” tuturnya. 
Lee Know, main dancer Stray Kids. (Sumber: YouTube JYP Entertainment)

Uniknya, koreo ‘Lose My Breath’ juga turut mengikutsertakan bahasa isyarat, khususnya pada bagian verse. 

BACA JUGA: BUKAN LAGI GIRL CRUSH, BEGINI TREND KONSEP GIRLGROUP KPOP SEKARANG

Saat Stray Kids menyanyikan “Ah, I lose my breath when you're walkin' in. 'Cause when our eyes lock, it's like my heart stops”, gerakan tangan yang digunakan mengisyaratkan arti ‘nafas’ dalam bahasa isyarat. 

‘Lose My Breath’ juga hadir dalam 3 versi: versi featuring Charlie Puth, versi soft garage, dan versi Stray Kids. Kalian para STAYs bisa menikmati ketiga versi tersebut di Spotify Stray Kids dan kanal YouTube mereka. 

(*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.