Music

RESMI! COLDPLAY BAKAL MANGGUNG DI GBK 15 NOVEMBER

Uang bisa dicari, tapi konser Coldplay kapan lagi? Simak serba-serbi konser Coldplay di bawah ini deh sebelum kalian ikutan war ticket.

title

FROYONION.COMBand legendaris asal Inggris Coldplay secara resmi mengumumkan melalui media sosial mereka bahwa konser tur dunia Music of the Spheres akan dilanjutkan di beberapa negara Asia dan Australia. Salah satunya, Indonesia! 

Ini bakal jadi kali pertama dalam sejarah band yang digawangi Chris Martin itu menggelar konsernya di Indonesia. Sebelumnya, penggemar Coldplay harus jauh-jauh ke Singapura kalau mau dengerin live performance Fix You. Maklum, Indonesia nggak masuk list tur dunia A Head Full of Dreams pada 2016 - 2017 lalu.  

Desas-desus konser Coldplay sudah ramai di linimasa Twitter dan Instagram sejak beberapa waktu lalu. Pasalnya, beredar informasi terkait booking stadion Gelora Bung Karno di bulan November. Ada yang menebak akan diadakan konser SM Town Jakarta hingga  The Eras Tour Taylor Swift. 

Setelah informasinya keluar secara resmi, berita konser ini langsung menguasai trending topic di Indonesia. Sambil nunggu ticketing, simak rangkuman lengkap informasi konser Coldplay di bawah ini. 

BACA JUGA:

KONSER MUSIK SUDAH JADI KEBUTUHAN EKONOMI MILENIAL DAN GEN-Z? 

1. TUR KONSER PERTAMA SETELAH PANDEMI

Dibuka pada 18 Maret 2022, Music of the Spheres World Tour merupakan tur konser pertama Coldplay pasca pandemi COVID-19. Sebelumnya, band rock ini menggelar A Head Full of Dreams Tour pada 2016 - 2017.  

Tur konser Music of the Spheres terbilang spesial karena menyertakan para ahli di bidang lingkungan hidup. Tujuannya adalah untuk membuat konser yang bisa mengurangi emisi karbon dioksida hingga 50% lebih rendah dibanding konser sebelumnya.  

Termasuk dalam upaya pengurangan emisi karbon dioksida ini adalah penggunaan baterai daur ulang dengan sumber daya terbarukan, panggung dengan material ringan yang dapat digunakan kembali, LED hemat energi hingga confetti biodegradable.  

Nggak hanya itu, mereka mengklaim sebuah pohon akan ditanam untuk tiap satu tiket terjual melalui perjanjian reboisasi global dengan One Tree Planted. Band juga akan menggunakan penerbangan komersial sebagai moda transportasinya dan tiap penerbangan dikenai biaya tambahan untuk penggunaan bahan bakar penerbangan berkelanjutan dari Neste. Keren! 

2. TICKETING

Nah, informasi ini nih yang paling ditunggu para penggemar sekaligus bikin deg-degan. Harga tiket konser hingga setting layout panggung sudah langsung keluar nggak lama setelah pengumuman resmi konser Coldplay di Jakarta. 

Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari Rabu, 15 November 2023, tiketnya terbagi dalam 9 kategori. Buat kalian yang lebih suka free standing alias berdiri sepanjang konser, bisa pilih kategori Festival dengan banderol Rp3.500.000. 

Sementara kalian yang lebih suka numbered seating alias disediakan kursi untuk duduk, ada delapan kategori lain yang bisa dipilih mulai dari VIP seharga Rp5.000.000 hingga CAT 1 - 7 dengan rentang harga antara Rp800.000 sampai dengan Rp4.000.000. 

Khusus CAT 6 dan CAT 7 ditandai sebagai restricted view. Artinya, pandangan kalian mungkin akan terhalang sesuatu seperti tiang panggung atau ada penghalang berupa kaca bening. 

BACA JUGA:

SEDIH ABIS NONTON KONSER? BISA JADI MENGALAMI POST CONCERT DEPRESSION 

Nggak perlu khawatir karena jika melihat konser-konser sebelumnya, restricted view Coldplay masih menyajikan extra screen di bagian samping panggung. Memang sih panggungnya nggak akan kelihatan jelas, tapi seenggaknya atmosfer konsernya tetap akan bisa kalian rasakan. 

Ticketing konsernya sendiri akan diadakan mulai 17 Mei mendatang melalui BCA Presale. Sementara untuk penjualan publik baru akan tersedia pada 19 Mei. Baik presale maupun public sale sama-sama dijadwalkan pukul 10 pagi WIB. Siap-siap war ticket, nih! 

3. SETLIST

Bocoran setlist dari show sebelumnya nih, konser ini akan terbagi dalam empat Act: Planets, Moons, Stars dan HomeAct 1: Planets akan menyajikan beberapa lagu seperti Music of the Spheres, Higher Power, Adventure of a Lifetime, The Scientist dan Viva La Vida

Pada Act 2: Moons akan dibawakan lagu-lagu lain seperti Hymn for the Weekend, Up & Up, Paradise, Yellow dan Human Heart. Lanjut ke Act 3: Stars yang akan menghadirkan People of the Pride, Clocks, The Lightclub, My Universe, A Sky Full of Stars dan Sunrise

Konser ditutup dengan Act 4: Home yang berisi SJLT, Don’t Panic, Fix You, Humankind, Biutyful dan A WaveSetlist konser di Jakarta besok masih mungkin akan berubah, tapi bisa lah kalian hafalkan dulu lagu-lagu yang ada di bocoran setlist di atas biar bisa sing along bareng Chris Martin. 

4. WASPADA SCAM!

Masalah klasik seputar konser hampir selalu sama: penggemar yang kena scam alias penipuan dari oknum nggak bertanggungjawab. Biasanya, para scammer ini menjalankan modus jasa titip alias jastip pembelian tiket. Setelah pembeli melakukan pembayaran, si scammer langsung tiba-tiba menghilang. 

Penting untuk hanya membeli tiket melalui situs resmi coldplayinjakarta.com atau partner resmi yang ditunjuk oleh promotor. Kalau memang harus banget pakai jastip, pilih jastip yang terpercaya dan punya banyak testimoni positif.  

BACA JUGA:

NONTON KONSER DI STADION LEBIH BANYAK MINUSNYA? 

Selain scam, hal lain yang harus kalian hindari adalah membeli melalui calo. Biasanya penggemar yang sudah desperate banget karena nggak kebagian tiket akhirnya bela-belain beli di calo walau tahu harganya berkali-kali lipat di atas harga normal. 

Selain harganya yang dibikin nggak masuk akal oleh oknum calo, membeli melalui calo juga akan membuat bisnis calo tiket konser makin subur dan merajalela. Duit bisa dicari, konser Coldplay kapan lagi? Tapi, jangan sampai pemikiran ini bikin kalian jadi FOMO dan menghalalkan segala cara demi nonton konsernya, ya.  

Konser dibuat untuk bersenang-senang antara si artis dan penggemar, jadi yuk nikmatin aja euforia yang ada tanpa banyak beban. Good luck buat yang mau ikutan war ticket Coldplay dan selamat menonton! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read