Esensi

SEDIH ABIS NONTON KONSER? BISA JADI MENGALAMI POST CONCERT DEPRESSION

Pernah nonton konser tapi abis itu malah sedih dan down banget? Kalian nggak sendirian! Banyak orang mengalami yang namanya post concert depression setelah nonton konser.

title

FROYONION.COM - Siapa yang nggak seneng dapet kesempatan buat menonton idola kita bernyanyi di atas panggung? Kita yang sebelumnya cuma bisa denger lewat karya mereka, kali ini dapet kesempatan untuk bisa melihatnya secara langsung.

Nggak cuma alunan musik yang terdengar, mereka yang selalu kita banggakan dapat kita nikmati secara langsung tanpa adanya batasan layar yang menghalangi.

Pertunjukan musik memang dapat membuat hormon dopamin kita di puncak. Rasanya nggak cukup untuk menikmatinya hanya dalam beberapa jam, sehingga kita kecanduan.

Oleh karena itulah, bukan hal aneh lagi setelah nonton konser, kita cenderung ngerasa sedih dan hampa. Tapi perasaan apa itu?

APA ITU POST CONCERT DEPRESSION?

Post concert depression atau biasa disebut PCD ini adalah kondisi psikologis yang dialami setelah seseorang mengalami pengalaman yang intens dan menyenangkan, seperti nonton konser. Setelah euforia yang dialami selama konser, tiba-tiba merasa kosong, kecewa, dan sedih setelahnya.

Banyak orang mengalami PCD karena mereka merasa kehilangan sesuatu yang telah mereka nantikan dan tunggu-tunggu selama ini. Banyak juga yang merasa kecewa karena konsernya berakhir terlalu cepat atau karena performa dari artis yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

PCD juga dapat disebabkan oleh rasa kesepian yang muncul setelah berkumpul dengan orang-orang selama konser. Setelah itu, mereka kembali ke kehidupan sehari-hari dan merasa kesepian karena mereka merindukan perasaan dan pengalaman saat konser.

Biasanya beberapa gejala yang mungkin dirasakan oleh seseorang yang mengalami PCD adalah perasaan kosong dan sedih. Setelah mengalami pengalaman yang intens selama konser, seseorang ngerasa kehilangan atau kosong setelah konser berakhir. Perasaan ini dapat berlanjut hingga beberapa hari setelah konser.

Gejala lainnya, mudah tersinggung. Seseorang yang mengalami PCD mungkin lebih mudah tersinggung atau emosional daripada biasanya. Hal ini mungkin disebabkan oleh ketidaknyamanan yang dirasakan setelah konser.

PCD juga dapat menyebabkan seseorang kehilangan minat pada aktivitas yang biasa dilakukan sebelum konser. Seseorang mungkin merasa tidak bersemangat atau tertarik pada aktivitas yang sebelumnya sangat menyenangkan.

TERUS GIMANA CARA MENGATASINYA?

Jika kalian merasa mengalami kondisi ini, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi PCD ini agar kalian tidak merasa sedih.

Coba berkumpul dan cerita pengalaman konser

Kalian bisa mencoba untuk berkumpul dengan teman-teman yang juga ikut nonton konser dan membicarakan pengalaman kalian selama konser. Hal ini bisa membantu kalian meredakan rasa kesepian dan merasa lebih terhubung dengan orang lain.

Coba tonton ulang video konser

Kalian bisa mencoba untuk menonton video konser ulang atau mendengarkan rekaman konser tersebut. Dengan melakukannya, kalian bisa merelaksasi diri dan mengingat kembali pengalaman kalian selama konser.

Temukan kesenangan baru

Kalian juga bisa mencoba untuk menemukan aktivitas baru yang bisa membuat kalian senang dan terhibur, seperti membaca buku atau menonton film. Dengan begitu, kalian bisa mengalihkan perhatian dari PCD dan merasa lebih baik.

Nah, jangan sampai PCD membuat kalian down terus ya! Tenang aja, semua orang pernah mengalami PCD setelah nonton konser, dan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.