Music

PERKENALKAN THE BANDELLS; BANDEL DALAM BERKARYA DAN BERSENANG-SENANG

Akhirnya industri musik tanah air diwarnai kembali oleh musisi cilik, mari kita sambut The Bandells!

title

FROYONION.COMSaat band-band maupun solois baik pria atau wanita baru bermunculan, band-band reuni bersama personel lamanya di berbagai kesempatan serta band-band senior yang terus produktif dan bersenang-senang, The Bandells hadir turut meramaikan geliat industri musik tanah air

The Bandells ialah band dengan para personel yang beranggotakan Pijar Cakrawala (gitar), Asmaula Situmorang (vokal), Aludi Partaya (bas), dan Rayyan Auliadi (drum).

Bagi kalian pegiat skena musik indie, nama pertama yang tercantum sudah tidak asing lagi. Pijar Cakrawala merupakan anak dari pentolan The Upstairs/Morfem/Jimi Jazz yakni Jimi Multhazam.

Pijar yang sedari kecil sudah diperkenalkan dengan musik beserta industrinya, lambat laun secara tidak sadar jari-jemarinya sudah mahir berselancar di atas gitar. Tentunya dengan dukungan sang ayah dan rekan-rekannya hingga jadi seperti saat ini. 

BACA JUGA: KONSER BRING ME THE HORIZON HARI KEDUA BATAL, INI KATA OLIVER SYKES

Awal perjalanan ia dengan teman-teman sejawatnya hingga terbentuknya The Bandells bermula saat mereka mentas di acara sekolah, memainkan mars sekolah yang sudah diaransemen ulang menjadi bernuansa lebih rock. Pada saat itu, nama The Bandells belum dipilih.

Nama mereka mencuat ketika berkesempatan mentas di acara Tangsel Noise yang dihelat di Bi.COFFEE, Ciputat, Tangerang Selatan pada bulan mei lalu. Sang ayah, Jimi Multhazam mengabadikan hingga membagikan momen tersebut ke platform Instagram pribadinya. Berbagai respon positif berkat keberanian dan ciamiknya permainan mereka yang membawakan lagu-lagu 90’s seperti BreedAbout a Girl dan Bintang.

Jika kita tarik jauh ke belakang, di era 90-an industri musik Indonesia memiliki segudang musisi-musisi cilik seperti Tasya Kamila, Tina Toon, Joshua Suherman, Trio Kwek-kwek dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, lagu anak-anak bertaburan dengan musik ceria, lirik catchy sampai terpatri mewarnai tumbuh kembang hingga dewasa.

Telinga anak-anak generasi tersebut akrab dengan karya-karya Papa T. Bob dan satu sosok lainnya yakni Seto Mulyadi atau yang lebih dikenal kak Seto. Memasuki tahun 2010 ke atas, kiblat industri musik tanah air bergeser menjadi pop melayu, boyband dan sejenisnya. 

Di era tersebut, muncul pula empat anak kecil yang sangat populer dan digandrungi tampil menyanyikan lagu yang rata-rata bertema percintaan yang seharusnya tidak mereka nyanyikan di usia mereka dan mereka belum tentu mengerti makna lirik demi lirik yang dilantunkan.

Adapula kompetisi ajang pencarian bakat penyanyi cilik yang usianya terbilang cukup lama yakni Idola Cilik. Namun, sayangnya nama-nama jebolan kompetisi tersebut ketika beranjak dewasa hilang bak ditelan bumi. Hanya beberapa yang masih berkecimpung di industri musik dan hiburan lainnya entah ke mana.

BACA JUGA: MENGENAL RAHMANIA ASTRINI: DARI PENYANYI COVER HINGGA JADI SPECIAL GUEST DI KONSER COLDPLAY JAKARTA

Kemunculan The Bandells membawa angin segar dan warna baru untuk industri musik Indonesia. Selain itu, mereka membuka jalan (lagi) bagi anak-anak lainnya yang ingin bersenang-senang di industri musik

Lalu, hal itu harus beriringan dengan support system yang baik, menyenangkan, aman dan nyaman baik saat belajar mengenai teknis ataupun saat produksi. 

Dari pihak penyelenggara acara sebaiknya memberikan kesempatan untuk manggung. Setidaknya, penonton acara musik tidak melulu menyaksikan line up musisi yang itu-itu saja. Kesempatan tersebut bisa menjadi sarana pembelajaran, pembentukan mental dan menambah perbendaharaan wawasan tentang musik.

Per tanggal 23 Juli 2023 yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional, The Bandells meluncurkan single pertama mereka bertajuk Berkejar-kejaran. Lagu yang mengusung tema keceriaan anak-anak saat bermain bersama kawan-kawannya dibalut dengan musik punk rock. Meskipun begitu lirik yang dilantunkan membawa energi bahagia. Seolah-olah kita diajak untuk bersenang-senang dengan cara yang sederhana.

Bagi para orang tua, lagu Berkejar-kejaran sangat cocok jika didengarkan bersama sang buah hati tercinta. Sebagai penutup, teruslah bandel dan bersenang-senang dalam berkarya untuk The Bandells! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Aldila Cahya Alam

Membaca dan menulis seperti anak Punk