Music

MERASA AMNESIA ABIS NONTON KONSER PENYANYI FAVORIT? TERNYATA INI LHO PENYEBABNYA!

Kira-kira kenapa ya penonton bisa merasa amnesia di tengah konser atau festival musik?

title

FROYONION.COM - Apakah kamu salah satu fans yang beruntung bisa menghadiri konser SUGA BTS di Jakarta beberapa waktu lalu? Jika ya, gimana perasaanmu sekarang? Pasti kamu enggak bisa melupakan saat-saat menonton konser penyanyi favoritmu. 

Beruntung bagi kamu yang benar-benar bisa mengingat dengan jelas momen-momen penyanyi favoritmu saat konser berlangsung. Tapi berbeda halnya dengan seorang penggemar di Amerika Serikat yang mengaku mengalami amnesia alias lupa ingatan setelah menonton konser Taylor Swift. 

Dikutip UNILAD, penggemar bernama Tocatlian itu mengaku ketika ia sedang menunggu keluar dari tempat konser, ia mencoba mengisi waktu luangnya dengan mendengarkan lagu Taylor Swift lagi di ponselnya. Namun anehnya, dia justru bertanya pada teman-temannya tentang lagu apa yang tadi bawakan oleh Taylor Swift pada saat konser. 

Padahal sudah jelas, Tocatlian ikut terhanyut dalam konser tersebut. Tetapi ia justru bertanya berapakah lagu yang dimainkan oleh Taylor Swift tadi, dan bertanya apakah penyanyi itu benar-benar bernyanyi di konser tersebut. 

Tocatlian juga bukan orang pertama yang merasakan kondisi seperti itu lho. Sebelumnya, seorang penggemar Taylor Swift yang menghadiri konser di Philadelphia, Nicole Booz juga mengungkapkan bahwa ia merasa enggak berada di konser itu. Tapi setelah mengecek rekening banknya, Booz ngeh kalau tabungannya berkurang sekitar 950 USD untuk membeli tiket. 

Menonton Konser
Ilustrasi Menonton Konser. Photo by Jakob Owens 

Nah, apakah kamu juga merasakan hal yang sama usai menonton konser penyanyi favoritmu? Bagi kamu yang memahami perasaan Tocatlian dan Booz, jangan khawatir sebab kondisi itu bukan benar-benar amnesia. Lantas apa ya? 

BACA JUGA: TAYLOR SWIFT NYANYIKAN 44 LAGU TANPA JEDA SEKALI KONSER, KOK BISA?

TUBUH YANG KELEBIHAN SENSORI

Kamu jangan panik dulu, soalnya fenomena seperti ini umum banget buat orang yang dateng ke sebuah acara dengan penuh semangat. Menurut Ewan McNay, seorang profesor dari departemen psikologi di State University of New York in Albany, seperti dikutip Huffington Post, ini bukan sebuah fenomena aneh karena bisa terjadi kapan pun kamu berada dalam keadaan yang sangat emosional. 

Saat kamu sangat bersemangat, tingkat stres juga bakal meningkat, sehingga neuron di otakmu yang terkait dengan ingatan mulai aktif tanpa pandang bulu. Ini akan membuat kamu sulit untuk membentuk ingatan baru. Pada kondisi tersebut, tubuh kamu mulai memproduksi lebih banyak glukosa untuk menyuplai energi pada ingatan dan tubuhmu secara keseluruhan. 

Bagian otak yang mengatur emosi pikiranmu—amigdala—kemudian melepaskan norepinefrin yang membantu mengidentifikasi ingatan itu sebagai konten yang mempunyai emosional tinggi atau enggak. Artinya, ingatan ini sebenarnya sudah terekam jelas di otakmu. 

Tapi kenapa tetap lupa sih? Nih ya tubuhmu itu tahu cara menyeimbangkan diri. Jika kamu memiliki terlalu banyak zat kimia tersebut atau terlalu banyak mengonsumsi kafein misalnya, kamu bisa menghambat proses pembentukan ingatan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, terjadilah kondisi 'concert amnesia' yang kamu alami.

BACA JUGA: SEDIH ABIS NONTON KONSER? BISA JADI MENGALAMI POST CONCERT DEPRESSION

CARA AGAR TETAP MENGINGAT MOMEN BERHARGA

Kalau kamu enggak bisa mengingat momen-momen berharga saat menyaksikan penyanyi favoritmu bernyanyi dan kamu lupa untuk mengabadikannya lewat smartphone kamu, jangan menyalahkan diri sendiri ya. Lupa mungkin sering dianggap sebagai cacat memori. 

Padahal lupa punya sistemnya sendiri. Melupakan membersihkan pikiran dan memungkinkan kamu untuk melihat hal-hal baru lho. Jadi kamu enggak terbebani oleh ingatan yang buruk. Lupa juga membuatmu tetap berkonsentrasi, sehingga mencegah gambaran ingatan yang mengganggu terlalu lama dalam pikiran. 

Tapi buat kamu yang akan menonton penyanyi favoritmu beraksi, biar enggak mengalami hal serupa, ada tips dari McNay. McNay menyarankan cobalah untuk berdiri dalam posisi rileks saat konser, karena itu akan mencegah otakmu terlalu bersemangat dan akan membantu tubuh membentuk ingatan baru. 

Artinya, kamu harus mengurangi berteriak saat konser berlangsung. Mungkin akan kurang seru, tapi itu lebih baik daripada harus melupakan momen berarti dalam hidupmu. Ya kan? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dian Rosalina

Penulis, Ibu-ibu, dan pecinta kucing yang suka bakso.