Music

GOD BLESS LUNCURKAN KEMBALI ALBUM ‘ANTHOLOGY’ DENGAN FORMAT PIRINGAN HITAM

God Bless terekam abadi dalam ukiran sejarah musik rock Indonesia. Tak lapuk oleh zaman, justru semakin bersinar dengan rilisan Anthology versi piringan hitam.

title

FROYONION.COM - Album Anthology versi vinyl atau piringan hitam milik God Bless akhirnya diluncurkan bertepatan di gelaran tahunan penggemar rilisan fisik yakni Record Store Day Indonesia yang jatuh pada tanggal 20 April 2024. 

Peluncuran album ini masih dalam rangkaian perayaan setengah abad usia God Bless yang lahir di tahun 1973. Sebelumnya, band ini pada tahun lalu telah merilis Anthology dalam bentuk digital dan cakram padat. 

Anthology memuat 11 lagu populer God Bless dari enam albumnya. Di sana ada lagu dari era awal mereka, seperti “Huma Di Atas Bukit” dari album God Bless (1976) hingga “Jalan Pulang” dari album God Bless 36th (2009). Seluruh lagunya di aransemen ulang dan direkam dengan diiringi orkestra Czech Symphony Orchestra dan Tohpati sebagai komandan penata musiknya. 

Piringan hitam ini telah tersedia di berbagai toko rilisan musik, terutama mereka yang menyelenggarakan Record Store Day di kota masing-masing. Dengan harga 450 ribu, piringan hitam itu berisi dua piringan long play hitam dengan model sampul gatefold.

BACA JUGA: BERJAJAR DENGAN V BTS, NAVICULA DAN ENDAH N RHESA AKAN RILIS SINGLE DI NEW YORK

Selain itu, dalam waktu dekat God Bless juga akan meluncurkan piringan hitam versi limited clear vinyl (vinyl transparan) dan deluxe edition (dengan sampul spesial dan vinyl berwarna emas) sebagai bentuk selebrasi God Bless yang akan menginjak usia 51 tahun. 

Kata sang vokalis, Achmad Albar, dirilisnya piringan hitam ini sekaligus mengenang era kemunculan grup musiknya itu di saat jayanya piringan hitam. Band legendaris ini telah melewati berbagai fase piringan hitam menjadi format utama lalu tergerus jaman, hingga akhirnya semarak kembali. 

“Kini piringan hitam kembali disukai dan bahkan menjadi tren, sehingga kami kembali merilis rekaman dalam format tersebut,” terangnya. 

Dalam album ini yang mengisi adalah Achmad Albar sebagai vokalis, Ian Antono sebagai gitaris, Donny Fatah sebagai bassist, Abadi Soesman sebagai keyboardist, dan Fajar Satritama sebagai drummer. Selain itu ada Hendra Lie sebagai produser eksekutif penyusunan album.

PIRINGAN HITAM ANTHOLOGY BISA DIDAPATKAN MELALUI WEBSITE

Para personil God Bless. (Sumber: Demajors)

Per tanggal 21 April 2024, Piringan hitam reguler Anthology juga sudah tersedia di website www.demajors.com dan seluruh jaringan edar Demajors offline pada 21 April 2024. Dengan tersedianya akses online untuk memiliki album itu, para penggemar tidak perlu lagi bingung harus datang ke toko rilisan fisik.

Bagi Ian Antono, format piringan hitam ini sangat berarti. Karena sejak awal perjalanan band, piringan hitam ini dapat merangkum seluruh perjalanan God Bless. 

“Format vinyl Anthology mengingatkan kami pada perjalanan panjang God Bless di dunia musik rock Indonesia,” jelasnya. 

Ini adalah bukti bahwa meskipun usia band sudah mencapai setengah abad mewarnai belantika musik Indonesia, mereka tetap mengikuti dinamika zaman. Rekaman yang mereka tempuh menggunakan teknologi yang modern pula. Rocker sejati, sudah sepatutnya meminang album megah ini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ugik Endarto

Pegiat di Perpustakaan Jalanan Wahana Baca juga berkecimpung di Metallagi.com