Music

BERJAJAR DENGAN V BTS, NAVICULA DAN ENDAH N RHESA AKAN RILIS SINGLE DI NEW YORK

Dalam inisiatif global ‘Sounds Right’, Navicula dan Endah n Rhesa sebagai perwakilan Indonesia akan merilis single baru berbarengan dengan Ellie Goulding, AURORA, hingga V BTS.

title

FROYONION.COM - Duo folk Endah n Rhesa bersama dengan band rock Navicula telah bergabung dalam sebuah kolaborasi yang menginspirasi dan berdampak besar dalam dunia musik global–Sounds Right.  

Melalui peluncuran lagu baru berjudul 'Segara Gunung', karya ini tidak hanya menjadi simbol perayaan Hari Bumi tetapi juga merupakan representasi Indonesia dalam inisiatif musik global yang mengeksplorasi suara alam yang khas.

BACA JUGA: WRI INDONESIA ATASI MASALAH SAMPAH DI BANDUNG DENGAN LARVA MAGGOT

Dalam upaya untuk memperkuat kesadaran akan pentingnya alam dalam seni dan kehidupan sehari-hari, Sounds Right membuat sebuah playlist bertajuk ‘feat.NATURE’. Dengan mendengarkan lagu-lagu dari playlist ini', para pendengar tidak hanya menikmati pengalaman musik yang unik tetapi juga turut berkontribusi dalam upaya konservasi alam dan rehabilitasi ekosistem.

MUSIK UNTUK KONSERVASI ALAM

Inisiatif 'Sounds Right' diprakarsai oleh The Museum for the United Nations - UN Live di New York, Amerika Serikat, sebagai bagian dari perayaan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April mendatang.

BACA JUGA: CARA KREATIF WARGA PAPUA MERAWAT LAUT DAN MELESTARIKAN CENDRAWASIH

Tujuannya adalah untuk memperkuat kesadaran global tentang pentingnya peran alam dalam kehidupan kita dan mendorong tindakan nyata dalam melindungi planet ini.

Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, memainkan peran penting dalam inisiatif ini. Navicula dan Endah N Rhesa, bersama dengan musisi dari berbagai negara lainnya, telah berhasil menghadirkan suara hutan hujan tropis dan laut Indonesia dalam lagu 'Segara Gunung'. 

Berdurasi selama 4 menit 13 detik, ‘Segara Gunung’ mengawinkan kedua genre musisinya–rock dan folk. Ditambah dengan adanya alunan tembang seperti doa dan kicauan burung, lagu ini tidak hanya mengandung makna budaya yang kaya tetapi juga memperkuat pesan tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta.

BERJAJAR DENGAN BELASAN ARTIS INTERNASIONAL

Tak hanya Navicula dan Endah n Rhesa, inisiatif Sounds Right juga melibatkan total 24 musisi dari berbagai negara. Termasuk Ellie Goulding, pelantun lagu ‘Love Me Like You Do’, AURORA yang dikenal dengan lagu ‘Runaway’, serta V dari BTS, juga tergabung dalam inisiatif ini. 

15 lagu dalam playlist feat.NATURE dari ‘Sounds Right’. (Foto: Sounds Right)15 lagu dalam playlist feat.NATURE dari ‘Sounds Right’.

Adapun total 15 lagu masuk dalam kolaborasi global ini. Melalui kolaborasi ini, para musisi dan pendengar musik diharapkan dapat merespons secara aktif terhadap isu lingkungan dan krisis iklim. 

BACA JUGA: TANAMAN BISA MENGHASILKAN SUARA SAAT STRES, BAHKAN BERTERIAK!

Inisiatif ini juga menjadi sarana untuk menggalang dana yang signifikan, dengan target lebih dari US$ 40 juta untuk konservasi alam dalam empat tahun pertama peluncurannya.

Partisipasi Navicula dan Endah N Rhesa dalam 'Sounds Right' adalah bagian dari upaya lebih luas dalam gerakan global Music Declares Emergency (MDE). Melalui MDE, musisi dan pecinta musik di Indonesia telah bersatu dalam upaya merespons krisis iklim dengan moto 'No Music on a Dead Planet'.

Dengan peluncuran lagu-lagu dan suara alam yang diakui sebagai bagian dari inisiatif Sounds Right, kita semua diharapkan dapat memperkuat hubungan harmonis dengan alam dan mengambil langkah-langkah nyata dalam melindungi lingkungan untuk generasi mendatang. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.