Music

DARI EXO, JUNGKOOK BTS HINGGA NEWJEANS, INI DERETAN ARTIS K-POP YANG AKAN COMEBACK DAN DEBUT DI BULAN JULI!

Juli menjadi momen pilihan banyak pesohor K-pop untuk ‘turun gunung’ setelah masa hibernasi. Siapa sajakah mereka yang bakal kembali aktif tampil?

title

FROYONION.COM - Bulan Juli bakal dipenuhi artis-artis K-Pop yang merilis musik baru. Mulai dari grup-grup yang comeback dengan single atau album anyar sampai anggota grup yang debut solo. Ada juga beberapa grup yang baru akan memulai debutnya di bulan ini. 

Multifandom siap-siap ‘kenyang’ konten pokoknya! Yuk simak daftar lengkap artis-artis K-Pop yang akan memanjakan kita dengan lagu-lagu baru di bulan Juli! 

COMEBACK BOYGROUP 

Setelah lebih dari empat tahun lamanya, boygroup Teen Top akan melakukan comeback pada 4 Juli mendatang dengan album baru berjudul TEEN TOP [4SHO]. Sementara itu, TXT dari BigHit Entertainment dijadwalkan merilis single Do It Like That sebagai hasil kolaborasi mereka dengan Jonas Brothers pada 7 Juli nanti. 

Kabar baik untuk EXO-L yang sudah lumutan menunggu comeback EXO. Setelah sebelumnya merilis single Hear Me Out pada akhir Juni lalu, Suho dkk akan bersiap merilis album ketujuhnya EXIST pada 10 Juli mendatang.  

Selang seminggu tepatnya pada 17 Juli, junior seagensi EXO, NCT Dream juga dijadwalkan untuk comeback dengan album ISTJ. Sebelum perilisannya tepatnya pada 19 Juni lalu, grup beranggotakan tujuh orang ini sudah terlebih dahulu merilis Broken Melodies sebagai pre-release track

Boygroup termuda YG Entertainment juga sudah merencanakan comeback dengan album baru bertajuk RebootComeback ini sebelumnya sudah diawali dengan debut unit T5 beranggotakan Jihoon, Doyoung, Junkyu, Jaehyuk dan Junghwan dengan single Move pada 28 Juni lalu. Tanggal perilisan albumnya sendiri belum pasti, kita tunggu saja info selanjutnya. 

BACA JUGA: APAKAH IDOLA VIRTUAL AKAN JADI MASA DEPAN KPOP? 

COMEBACK GIRLGROUPS 

Banyak netizen beranggapan kalau K-Pop generasi keempat lebih didominasi oleh girlgroup ketimbang boygroup. Nggak heran kalau comeback girlgroup cenderung lebih dinantikan, apalagi di bulan Juli nanti ada nama-nama besar yang patut diantisipasi. 

NewJeans dari agensi ADOR jelas jadi salah satu yang paling dinantikan. Setelah menggebrak pasar dengan debut Attention dan mengambil hati publik lewat OMG, grup beranggotakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin dan Hyein ini akan kembali dengan mini album kedua Get Up pada 21 Juli nanti. 

Albumnya sendiri akan berisi enam lagu baru dan dua di antaranya akan dirilis terlebih dahulu pada 7 Juli mendatang lengkap dengan video musiknya. Nggak hanya itu, di comeback kali ini mereka juga akan bekerjasama dengan Powerpuff Girls.  

Grup besutan JYP Entertainment NMIXX juga dijadwalkan untuk merilis single album ketiga mereka, A Midsummer NMIXX Dream pada 11 Juli nanti. Sederet foto teaser dan highlight medley untuk dua lagu dalam single albumnya juga sudah dibagikan sebagai bagian dari promosinya. 

Senior seagensi NMIXX, Itzy, akan mendapat giliran comeback pada 31 Juli nanti dengan album baru berjudul Kill My Doubt. Ini akan jadi comeback pertama grup beranggotakan Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong dan Yuna itu sepanjang tahun 2023 ini. 

Girlgroup OH MY GIRL yang sempat viral berkat lagu Nonstop ini juga diberitakan akan merilis musik baru pada bulan Juli. Tanggal pastinya belum ditentukan, namun beritanya sudah cukup jadi perhatian publik. Pasalnya, ini akan jadi comeback pertama mereka pasca kepergian salah satu anggotanya, Jiho. 

Terakhir, ada girlgroup rookie ILY:1 yang juga akan melangsungkan comeback-nya pada 25 Juli nanti. Ini akan jadi comeback kedua di tahun ini dari grup beranggotakan enam orang ini setelah sebelumnya merilis A Dream of ILY:1 pada bulan Januari lalu. 

BACA JUGA:

BUKAN LAGI GIRL CRUSH, BEGINI TREND KONSEP GIRLGROUP KPOP SEKARANG 

DEBUT

Bulan Juli juga bakal dipenuhi anggota grup yang debut solo hingga debutnya grup-grup baru. Swan, vokalis utama sekaligus anggota termuda Purple Kiss akan melangsungkan debut solonya dengan single Twenty pada 2 Juli nanti. 

S2 Entertainment bersiap mendebutkan girlgroup Kiss of Life pada 5 Juli mendatang. Grup ini terbilang cukup dinanti karena beranggotakan mantan trainee YG Entertainment dan JYP Entertainment serta seorang trainee yang dikabarkan pernah turut berpartisipasi dalam pembuatan lagu LE SSERAFIM dan Miyeon G-IDLE.  

Grup lain yang akan memulai debutnya pada bulan Juli ialah ZEROBASEONE, boygroup hasil acara pencarian bakat Boys Planet di Mnet. Beranggotakan sembilan orang dan dijadwalkan aktif berpromosi selama 2.5 tahun, ZEROBASEONE akan resmi debut 10 Juli mendatang dengan album pertama Youth in the Shade

Mantan anggota 2NE1, Sandara Park akan debut solo lewat album selftitled pada 12 Juli nanti. Di tanggal yang sama, vokalis utama iKON Jinhwan juga akan merilis lagu baru sebagai bagian dari debut solonya yang dimulai Juni lalu. 

ARMY sudah siap-siap belum? Anggota termuda sekaligus vokalis utama boygroup BTS akan merilis single solo debutnya, Seven, pada 14 Juli nanti. Santer terdengar kabar kalau aktris Han So Hee akan turut berpartisipasi dalam video musiknya. Patut ditunggu! 

Terakhir, solois Somi juga dikabarkan akan comeback pada bulan Juli. Belum dipastikan tanggal pasti rilisnya, namun musik baru dari Somi jelas patut dinanti. Jebolan Produce 101 yang kini bergabung dengan The Black Label ini terakhir merilis album XOXO pada 2021 silam. 

Mana nih comeback atau debut yang paling kalian tunggu? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read