Kolom Bang Roy

HOBI NONTON KONSER, ADA MANFAATNYA NGGAK SIH?

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Menurut lu, apa sih manfaatnya nonton konser bang? Mumpung sekarang lagi banyak konser nih” (@dammbruhh3)

Jawaban: 

Nah, pertama-tama coba tebak, ada berapa banyak konser musik yang diselenggarakan dalam 3–4 bulan ke belakang, Civs? Pastinya banyak banget kan. Gue ngeliat banyak banget poster di medsos tentang konser musik, baik di kota besar maupun daerah-daerah terpencil. Mulai dari yang arus pinggir banget, sampe yang paling mainstream pun hadir di penghujung tahun ini.

Dari sekian banyak konser yang diadakan, seenggaknya lo pasti tertarik untuk menonton 1 atau 2 konser itu. Entah karena line-up artisnya yang ‘lo banget’, atau karena harga tiketnya yang masih tergolong murah di kantong. Apapun alasannya, nonton konser itu asyik dan seru, asalkan nggak sampe bikin dompet lo bolong karena anggaran hepi-hepi abis buat beli tiket konser doang.

Terlepas dari itu semua, yang namanya nonton konser pasti ada manfaatnya, Civs. Buat gue pribadi, momen nonton konser adalah momen berharga untuk lebih mengenal dan mencintai diri gue lebih baik lagi.

Tapi nggak cuma itu, ada beberapa manfaat lain yang gue rasakan ketika nonton konser secara langsung.

Pertama, lo bisa membangun koneksi atau kenalan baru di venue. 

Terlebih buat lo yang suka nyolo pas konser, peluang lo untuk kenalan sama orang baru pun jadi tambah besar. Ibaratnya jadi unwritten rule, ketika lo melihat seseorang yang lagi sendirian ketika konser, lo bisa samperin doi duluan untuk ajak kenalan.

Mana tahu, kesempatan sebesar apa yang bisa lo dapatkan dari kenalan sama orang baru di konser musik. Bisa aja nantinya lo dapetin privilege jadi talent di konser musik lanjutan (nonton konser gratis), dapat peluang side-job jadi fotografer konser, atau sesimpel dapet teman baru aja. Nggak ada ruginya, kan?

BACA JUGA: MAU NONTON KONSER, TAPI ENGGAK PUNYA TEMEN? KINI LO BISA NONTON KONSER BARENG ‘JOIN DONG’

Kedua, dalam konser atau festival musik, lo bisa dapetin banyak barang-barang yang unik atau lucu secara gratis lewat booth / tenant dari brand tertentu.

Tanpa dipungkiri, barang gratisan yang bisa didapatkan di konser musik itu jadi daya tarik tersendiri buat para penonton. Misalnya, dengan beli air mineral kemasan, lo bisa dapetin tote bag atau bahkan tumbler minum spesial. Atau, dengan beli rokok di venue, lo bisa dapetin kaos atau korek api gratis.

Ada juga booth permainan yang bisa lo cobain dalam hampir setiap konser musik / festival, dan most of the times itu gratis untuk lo ikuti. Ketika lo berhasil menang, atau mendapatkan rekor tertinggi dalam permainan itu, lo bisa mendapatkan bundle menarik, atau bahkan diskonan produk dari brand-brand tertentu. Nggak jarang, barang-barang yang dijadikan hadiahnya juga nggak sembarangan, terkadang ada yang ngasih bluetooth speaker atau earphone TWS gitu.

Ketiga, lo bisa nyobain banyak hal baru lewat instalasi-instalasi yang interaktif.

Contohnya di Synchronize Fest 2022 yang diadakan dari tanggal 7–9 Oktober kemarin, Civs. Lo bisa nyobain instalasi bernama Ruang Hening, yaitu sebuah booth yang di dalamnya lo akan memakai headset dan mendengarkan musik, kemudian musiknya perlahan mengecil hingga nggak terdengar sama sekali. Ternyata, lewat booth itu, lo akan merasakan menjadi seseorang yang mengalami tuli, dan kita diajarkan untuk lebih berempati dengan sesama melalui instalasi interaktif itu.

Nggak cuma di Synchronize Fest 2022 aja, di konser dan festival musik lainnya juga ada banyak banget instalasi yang bisa lo cobain secara gratis meskipun pasti ngantri. Nggak apa-apa lo antri, karena sayang banget kalo lo nggak nyobain instalasi interaktif kayak gitu di festival musik, Civs.

Keempat, lo bisa kenal dengan genre musik dan band baru sambil cardio.

Hal yang cukup seru untuk dilakukan ketika datang ke konser musik adalah mendengarkan band atau genre musik yang belum pernah lo dengarkan sebelumnya. Ibarat mencari jarum di tumpukan jerami, ketika lo mengenal band baru yang lagunya ternyata relate dan cocok di telinga lo tuh rasa bahagianya nggak terhingga banget, Civs (seenggaknya hal ini berlaku buat gue).

Terlebih, ketika lo sing along sambil berjoget di tempat. Ada sebuah riset yang bilang bahwa lo bisa membakar sekitar 625 kalori per jam dengan nyanyi sambil loncat-loncat di tempat. Lumayan banget buat ngecilin perut buncit dan lengan bergelambir ye, Civs~

Nah, terakhir, gue punya sedikit tips untuk menghemat pengeluaran ketika nonton konser musik, Civs. Pertama, usahakan lo membeli tiket konser tipe early bird yak! Karena harga tiket yang satu ini biasanya jauh lebih murah ketimbang tiket reguler atau OTS, persiapkan dana lo dari jauh hari, biar pas war tiket early bird lo udah lebih matang. 

Kedua, batasi anggaran belanja merch dan jajan lo di venueJangan pernah belanja membabi-buta di konser musik yak, karena biasanya harga barang yang dijual di konser musik akan jauh lebih mahal ketimbang harga barang di luar event. Jajan secukupnya, dan usahakan makan dan minum sebelum lo berangkat ke tempat konser, biar lo nggak cepat lapar mata ketika melihat jajanan-jajanan di venue ye.

Ketiga, selalu bawa tumbler minum! Hal ini jadi salah satu faktor penentu keborosan lo di konser musik. Karena harga minum biasanya jauhhh melambung ke angkasa. Satu botol air mineral ukuran 600ml aja bisa dihargai Rp10.000–Rp15.000, Civs.

Jadi, persiapkan budgeting serta perut yang terisi sesaat sebelum lo ke konser yak. Karena nonton konser nggak melulu cuma bikin lo boros aja, tapi juga banyak manfaatnya asalkan lo bisa mengontrol diri~ (*/) 

BACA JUGA: SAINS JELASKAN KENAPA KONSER MUSIK OFFLINE TETAP TAK TERGANTIKAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy