Civs

MAU NONTON KONSER, TAPI ENGGAK PUNYA TEMEN? KINI LO BISA NONTON KONSER BARENG ‘JOIN DONG’

Nonton konser musik lebih seru kalau rame-rame bareng temen. Trus gimana kalo enggak ada temen yang mau gabung, masa harus nonton konser sendirian? Tenang aja, sekarang lo bisa nonton konser rame-rame bareng komunitas “Join Dong”.

title

FROYONION.COM - Banyak banget anak muda yang enggak jadi nonton konser karena enggak ada temen nontonnya, dan berakhir di rumah aja ngeliatin Instastory mereka yang lagi nonton konser. Padahal lo enggak perlu bingung, kini lo bisa dapetin temen buat nonton konser dengan bergabung ke komunitas Join Dong.

Berangkat dari keresahan yang sama yaitu sulitnya mencari teman nonton konser, akhirnya Andi M. Shabrani (26) mendirikan komunitas Join Dong pada Februari 2020. Andi atau yang biasa dipanggil Randi menceritakan bahwa sering banget ada temen yang awalnya bilang mau ikutan nonton konser, tapi akhirnya cancel dan bilang kalau enggak bisa ikutan.

Komunitas Join Dong aktif di media sosial Discord dengan 4.146 anggota yang masing-masing memiliki preferensi musik yang berbeda. Jadi lo enggak usah bingung, sangat mungkin lo bisa nyari temen nonton konser dengan bergabung ke komunitas Join Dong.

Berawal dari datang ke event atau konser sendirian, Randi kerap menyapa pengunjung lain dan melempar obrolan, “Bang, lo sendirian juga nggak?” Ternyata banyak yang mengiyakan. Di event lain pun Randi melempar obrolan yang sama, dan mendapat jawaban yang sama. 

“Ternyata banyak juga yang datang ke event atau konser sendirian, nggak cuma satu atau dua orang aja,” kata Randi kepada Froyonion. Dia kemudian mencoba mencari tahu keberadaan grup bagi mereka yang suka datang ke konser sendirian di berbagai media sosial. Namun, Randi belum menemukannya.

“Setiap minggu selalu ada event atau konser oleh artis papan, atas, tapi yang susah justru nyari temennya,” kata Randi. “Namun, karena enggak ada temennya, akhirnya enggak jadi nonton konser terus.”

Berangkat dari persoalan tersebut, akhirnya Randi membuat akun media Instagram dan Line Square komunitas Join Dong. Randi kerap muncul di poster-poster konser dan mengumumkan “bagi yang butuh temen buat nonton konser, lo bisa gabung sama Join Dong.”

Randi menceritakan bahwa pada pertama ngumpul, yang bisa hadir cuma satu orang. Lalu pertemuan berikutnya terus bertambah jadi lima orang, 30 orang, bahkan ratusan. Pada konser Pesta Pora kemarin, anggota komunitas Join Dong yang mendaftar bakal hadir ada sebanyak 200 orang.

BACA JUGA: SAINS JELASKAN KENAPA KONSER MUSIK OFFLINE TETAP TAK TERGANTIKAN

CARA BERKUMPUL DI LOKASI KONSER ALA ‘JOIN DONG’

Pada event atau konser yang bakal dihadiri, biasanya Randi akan menentukan dresscode. “Misal di event Playlist, Bandung kemarin, anggota komunitas menggunakan dresscode seragam SMA. Dan ternyata banyak dong di lokasi konser bela-belain beli dan pakai seragam SMA,” ucap Randi.

Pada konser Pesta Pora kemarin, seluruh anggota komunitas Join Dong mengenakan pita berwarna kuning untuk mengenali satu sama lain. Lo enggak perlu sungkan buat saling menyapa dan menonton konser bersama-sama.

Randi menceritakan bahwa titik kumpul biasanya di dekat pintu utama. Dia pun membawa bendera untuk menandakan titik kumpul tersebut. Enggak usah takut canggung juga, dengan preferensi musik yang sama, lo tentu bisa dengan mudah menjadi akrab dan berbaur dengan satu sama lain.

Di komunitas ini tentu lo bebas mau menikmati panggung musik yang mana, lo enggak diatur harus menonton panggung A atau B. Semua yang tergabung dalam komunitas ini tujuannya buat bersenang-senang supaya bisa lebih menikmati konser musik.

BACA JUGA: BIGU FESTIVAL: ASYIKNYA NONTON KONSER DAN BELAJAR INSIGHTS BARU SAMBIL LESEHAN

RESPONS POSITIF DARI MEREKA YANG HADIR

Tentu lebih seru kalau nonton konser rame-rame. Lo bisa merasa lebih bebas untuk berekspresi, berjoget sambil bernyanyi bersama, juga merasa lebih aman. 

Begitu konser berakhir beberapa orang kerap mengucap terima kasih kepada Randi karena membuat komunitas Join Dong. 

“Pernah ada yang mendatangi gue dan bilang, ‘Thank you Randi, sebelumnya gue enggak punya temen buat dateng, padahal pengen ke acara ini. Syukur ada lo yang bikin komunitas ini’.”

Ucapan semacam itu enggak cuma datang sekali dan turut menguatkan Randi untuk mengembangkan komunitas Join Dong.  Andri Jatnika (25) menceritakan bahwa dia kenal komunitas Joni Dong dari komentar di Instagram dan akhirnya bergabung ke komunitas Join Dong.

“Gue sering nonton konser sendirian, syukur ada komunitas Join Dong yang bisa memenuhi kebutuhan itu, dan enaknya, mereka orang-orangnya punya frekuensi yang sama dengan gue. Kita sama-sama pengen nonton konser yang dituju,” cerita Andri kepada Froyonion.

Andri menceritakan bahwa anggotanya pada supel jadi lo enggak perlu canggung. Dia mengakui bahwa cara berkumpul di lokasi konsernya mudah, dan mendukung kalau komunitas Join Dong memiliki lebih banyak anggota. “Berikutnya, gue bakal nonton konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium bareng Komunitas Join Dong,” tutup Andri. (*/)

BACA JUGA: CRYSTAGELLA: HATSUNE MIKU ALA INDONESIA BAKAL ADAKAN KONSER HOLOGRAM PERTAMA DI INDONESIA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung