Kolom Bang Roy

3 CARA BERADAPTASI DI LINGKUNGAN KERJA BIAR LO NGGAK NGERASA KAYAK OUTSIDER

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Bang, bagi tips cara adaptasi di kantor dong. Gue ngerasa susah fit in soalnya..” 

Jawaban:

Masih nyambung nih sama bahasan gue minggu lalu tentang kerjaan yang ideal. Didukung juga sama survei kecil-kecilan yang gue bikin, terbukti bahwa mayoritas anak muda lebih memprioritaskan lingkungan kerja yang suportif dibanding gaji gede

BACA JUGA: EMANGNYA ‘PEKERJAAN IDEAL’ CUMA TENTANG GAJI YANG GEDE?

Sayangnya kan kita nggak bisa nentuin ya lingkungan kerja yang akan kita hadapi nanti gimana. Sekalipun kita ngeliat di media sosial kerja di kantor itu enak, waktu beneran jadi karyawan di sana mungkin aja ada hal-hal yang bikin lo bilang, “Lah, ternyata kerja di sini nggak seasik yang gue bayangkan ya.”

Kalo begini, mau pindah kerja duga dilema. Udah mah nyari kerjaan nggak gampang, ditambah males juga kalo harus nyebarin CV lagi, wawancara lagi, bersaing lagi, dan banyak alasan lain yang pada akhirnya membuat lo pasrah aja. 

Walaupun begitu, lo bisa kok menyiasati lingkungan kerja yang mungkin agak kurang cocok sama lo. Caranya adalah dengan mengembangkan skill beradaptasi di lingkungan kerja. 

#Tip 1: Friendly, tapi jangan SKSD

Menurut gue di tempat kerja lo harus bisa menempatkan diri dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan jadi orang yang baik dan ramah. Nggak usah sampe yang berlebihan gitu juga. Sewajarnya aja, banyak senyum, mau nyapa duluan, dan sopan yang bisa ditunjukkan dengan bilang “tolong”, “terima kasih”, dan “maaf”

Bagi gue, hal ini yang bisa jadi pembuka untuk mempermudah proses adaptasi di tempat kerja. Lo bisa menerapkan ini sambil meraba-raba kira-kira kolega lo di kantor tuh kayak gimana. Setelah cukup observasi, baru deh lo bisa nentuin mana orang yang cocok ngobrol sama lo dan mana yang kurang cocok. 

BACA JUGA: SETUJU GA KERJA ITU NGGAK USAH TERLALU NGOYO, SEADANYA AJA YANG PENTING DIGAJI?

#Tip 2: Temukan temen, bukan sekadar kolega

Kalo udah bisa nerapin tips yang pertama, selanjutnya adalah untuk menemukan temen yang bisa lo ajak ngobrol tentang kerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Langkah ini juga bisa membantu lo kalo lagi bingung sama kerjaan karena bisa nanya ke dia. 

Selain itu, merasa nggak sendirian di kantor juga bisa bikin lo tambah betah. Menurut gue sih seindividualis apapun orang, pasti butuh temen juga. Jangan lupa buat bersosialisasi ya karena itu nggak kalah penting dari nyelesain pekerjaan dengan baik. 

#Tip 3: Jangan ikut-ikutan ngegosip

Salah satu penyebab kenapa ada orang yang ngerasa kayak outsider adalah karena adanya gosip. Emang sih gosip tuh seru. Buktinya program TV infotainment laku keras. Namun, kebanyakan bergosip di kantor juga bisa bikin orang lain nggak nyaman loh. 

Saran gua mah, nggak usah ikut-ikutan gosip kantor. Soalnya, kalo lo lagi ngegosip sama mereka emang seru, tapi begitu lo pergi ya lo yang digosipin. Udah jadi rumus pasti ini, Civs. 

Nah, sisanya tergantung diri kalian masing-masing. Lagi-lagi gue cuman bisa kasih saran aja. Betah atau enggaknya lo di tempat kerja pada akhirnya juga akan ditentukan sama diri lo sendiri. Tapi kalo lo masih mau mencoba beradaptasi, tips di atas boleh banget ya dicoba! (*/) 

BACA JUGA: TIPS SUPAYA KETERIMA KERJA DI FROYONION

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy