Kolom Bang Roy

SETUJU GA KERJA ITU NGGAK USAH TERLALU NGOYO, SEADANYA AJA YANG PENTING DIGAJI?

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: "Bang, bener nggak sih kalo kerja tuh sebatas profesional aja nggak perlu sampe kasih value personal?"

Jawaban:

Kebanyakan orang yang beranggapan kalo kerja itu sebatas profesionalitas aja tanpa harus ngasih yang lebih adalah mereka yang udah berpengalaman cukup lama di bidang tersebut. Karena udah lama juga, jadi pahit, asem, dan manisnya kerja udah mereka rasain. Alhasil, mereka-mereka yang termasuk tipe ini juga udah tahu batasan apa aja yang harus dihindari saat berdinamika di lingkungan pekerjaan. 

Mungkin lo yang masih muda, fresh graduate, dan baru mau memulai karier bisa denger wejangan ini karena cerita-cerita mereka juga. Sebenernya nggak salah sih. Pedoman ‘kerja sebatas profesionalitas aja’ itu akan tepat jika dilakukan di waktu yang tepat juga. Waktu tersebut bukan saat kita masih jadi fresh graduate yang baru mau meniti karier, Civs. 

Kenapa begitu? 

Soalnya waktu lo masih muda dan baru lulus dari status pelajar, pandangan perusahaan terhadap lo itu adalah sosok yang masih semangat belajar, kreatif, seperti gelas kosong yang siap untuk diisi sama berbagai ilmu dan pengalaman. Pandangan ini akan menjadi senjata yang baik buat lo di lingkungan kerja kalo diikuti dengan semangat yang selaras juga. 

Sama juga kok halnya dengan bekerja di Froyonion. Sebagian besar anak-anak yang kerja di sini tuh fresh graduate dan yang gue lihat mereka ini semangat belajarnya emang tinggi, bisa kasih ide-ide yang seger, walaupun terkadang masih suka salah. Hal itu wajar aja karena emang pengalaman mereka juga belom banyak. Justru di tempat inilah mereka bisa berproses dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya bukan?

Makanya, semangat mau belajar itu adalah salah satu hal yang paling gue hargai dari para fresh graduate. Bayangin kalo semisal semua fresh graduate punya pedoman ‘kerja itu sebatas untuk digaji aja’, mungkin ide-ide nyeleneh itu nggak akan pernah ada. Mereka juga cenderung akan menunggu pekerjaan yang dikasih dari atasan dan nggak terlalu berinisiatif untuk kasih ide ataupun inovasi kreatif. 

Maka dari itu, menurut gue prinsip ‘kerja hanya untuk digaji’ itu nggak tepat untuk langsung diimplementasikan selama lo masih berstatus ‘pengalaman kerja di bawah 3-5 tahun’. Belajarlah sebanyak-banyaknya, berikan yang terbaik di bidang yang dipercayakan, dan berikan nilai tambah ke perusahaan tempat lo bekerja.

Kalo lo begini, gue percaya perusahaan yang baik juga akan menghargai usaha lo kok. Apalagi kalo semangat ini bisa lo teruskan sampai nanti lo udah jadi profesional sekalipun. 

Gue pribadi percaya, be excellent di hal-hal kecil akan membawa lo ke jenjang yang lebih tinggi juga pada akhirnya. 

Apalagi kalo lo memilih berkarier di industri kreatif. Untuk bisa terus memberikan ide-ide seger yang menyenangkan klien tentu harus diiringi dengan semangat yang seger juga. Kalo semangatnya udah setengah-setengah, kreatifnya juga setengah juga ntar. 

Intinya, milikilah prinsip kerja sesuai waktu dan tempat kerja lo ya, Civs. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy