Kolom Bang Roy

TIPS SUPAYA KETERIMA KERJA DI FROYONION

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: “Tips masuk Froyonion dong, Bang Roy!”- @rnyfah_xyz

Jawaban:

Kalo gue perhatiin dari zaman Froyonion ada, kreatif jadi salah satu syarat utama untuk jadi bagian dari Froyonion. Berhubung kreativitas itu sangat luas, biasanya kita ngeliat portofolio untuk memudahkan gue dan temen-temen Froyonion menyeleksi orang-orang yang daftar ke mari. Terutama buat yang daftar untuk jabatan desain grafis. 

Selain portofolio, kami juga ngeliat taste desainnya. Ini emang subjektif banget dan susah untuk dideskripsikan. Berhubung gue dan temen-temen Froyonion sepakat kalo taste itu sesuatu yang nggak bisa dibeli. Buat lo yang bercita-cita jadi desain grafis di Froyonion, mungkin saran gue perbanyak eksplor taste desain. Karena yang gue lihat, di Froyonion sendiri emang suka eksplor tanpa meninggalkan akarnya. 

Proyek sampingan yang lo kerjain juga bisa sangat membantu kami untuk tahu sejauh mana lo bisa eksplor dan menguji seberapa versatile-nya lo. Contohnya kayak Maha yang sebelum daftar ke Froyonion udah sering buat proyek sampingan kayak cover band, tugas kuliah, sampe desainnya waktu jadi panitia di kampus. Kalo lo punya banyak pengalaman, masukin aja ke portofolio lo. Siapa tahu justru dari proyek sampingan itulah yang bikin kita klop sama desain lo. 

BACA JUGA: INTERVIU KERJA SANA-SINI TAPI BELUM ADA YANG LOLOS? MUNGKIN LO MELUPAKAN HAL YANG SATU INI

Selain desain grafis, desain motion, video editor, atau semacamnya yang butuh portofolio, jabatan kayak account executive, social media manager, content writer, sampe producer juga perlu untuk punya pengalaman yang mendukung di bidangnya masing-masing. Gue kasih contoh buat produser, ya. 

Kalo kita mau hire produser, ada beberapa hal yang kita lihat. Pengalaman kayak pernah nge-produseri projek itu emang penting, tapi skill komunikasi dan enak untuk diajak kerja sama buat kami jauh lebih penting. Percuma proyek lo banyak, tapi lo batu banget kalo dikasih tahu. Bisa-bisa entar malah jadi berantem di lokasi syuting dah. 

Di samping itu, ketahanan mental dan fisik juga jadi indikator penentu apakah lo bisa jadi produser di Froyonion apa enggak. Liat aja Miko. Udah bertahun-tahun di Froyonion, nangani banyak klien sampe vendor dari yang mudah diajak kerjasama sampai yang ‘menantang’, tapi masih bertahan sampe sekarang akhirnya doi punya asisten produser. Soalnya, kekuatan mental produser tuh menentukan lancar atau tidaknya proses syuting, bro. 

Punya banyak link ke vendor atau kenalan talent juga hal yang penting, tapi hal ini bisa dipelajari sembari jalan. Kunci utama kalo emang mau diterima sebagai produser Froyonion tuh skill kerja sama dan ketahanan mental serta fisik, deh. Soalnya, di Froyonion satu produser bisa megang banyak proyek. Beda sama produser-produser di tempat lain ataupun TV yang ada banyak jenisnya. Di sini, lo bisa sekaligus jadi line producer, creative producer, dan post-production producer sekaligus. 

Nah, ngomong-ngomong soal tips masuk Froyonion, kebetulan gue lagu buka lowongan nih. Pas banget jabatan yang terbuka adalah desainer grafis dan asisten produser. Buat lebih lengkapnya, lo bisa pantengin Instagram Froyonion ya, Civs! 

Persiapkan sebaik-baiknya dan semoga kita berjodoh, ea~ (*/) 

BACA JUGA: SUKA DUKA BEKERJA DI CREATIVE AGENCY YANG SELAYAKNYA LO KETAHUI

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy