FroyoHQ

ME-RATING APLIKASI DESAIN YANG SERING DIPAKE SAMA DESAINER GRAFIS FROYONION

Menanggapi tingginya animo Civillions yang penasaran soal desain-desain Froyonion, akhirnya kita tanya-tanya langsung aja deh ke para desainernya. Selain skill dan taste, ternyata software yang dipake juga menentukan hasil desainnya.

title

FROYONION.COM - Abis upload konten di Instagram, ada aja Civs yang komen tentang desain kontennya. Kebanyakan sih nanya gimana caranya desain kayak begitu atau software apa yang dipake. 

Nah, mumpung ada yang nanya begitu jadi langsung aja yuk kita kulik-kulik software desain yang sering dipake sama desainer grafis Froyonion. Sekalian juga kita rate satu-satu untuk menentukan mana yang terbaik untuk kalian coba juga. 

1. Adobe Photoshop (⭐4,5/5)

Menduduki peringkat pertama, ternyata Adobe Photoshop masih jadi favorit para desainer di sini. Alasannya karena software ini emang yang paling common dipake sama para desainer grafis dalam berkarya maupun berkarier. Tools-nya juga lengkap dan termasuk yang bisa dipelajari lah. Nggak terlalu susah tapi nggak terlalu beginner friendly juga. 

Kalo lo berniat buat berkecimpung jadi desainer grafis juga, boleh deh asah keterampilan Adobe Photoshop. Gue sarankan untuk pake yang berbayar ya dari pada crack-an. Karena lo sebagai desainer nggak mau kan karya lo tiba-tiba diambil tanpa izin? Nah sama halnya dengan ini. 

2. Adobe Illustrator (⭐4,25/5)

Menyusul di peringkat kedua, Adobe Illustrator jadi salah satu software yang masih sering dipake sama desainer grafis. Sebenernya nggak jauh beda sama Adobe Photoshop. Cuman Photoshop lebih sering dipake karena ada beberapa tools Illustrator yang terasa lebih compact di Photoshop. Intinya, Photoshop versi lebih lengkap dari Illustrator. 

Walaupun begitu, AI lebih unggul dalam membuat aset atau ilustrasi berbasis vektor, dibanding Photoshop yang berbasis piksel. Karena kalo basisnya vektor, mau di-zoom sedeket apapun, ilustrasi lo nggak akan pecah. Kalo ditanya mending pilih yang mana, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

3. Blender (⭐4/5)

Kalo butuh bikin aset 3D, bisa banget pelajari software Blender. Udah mah gratis, lengkap, beginner friendly pula. Bahkan para profesional juga menyarankan software ini, Civs. 

BACA JUGA: INI YANG HARUS LO TAHU KALO MAU JADI 3D ANIMATOR

4. Affinity Designer (⭐4/5)

Kalo merasa subscription Adobe terlalu mahal, lo bisa cobain software satu ini. Tools-nya juga lengkap dan cocok banget untuk para ilustrator. Terlebih lagi dia juga kompatibel untuk file Photoshop maupun Illustrator. Jadinya transfer aset dan desain jadi mudah juga, Civs. 

5. Procreate (⭐3,5/5)

Kalo lo punya iPad, software satu ini enak banget sih untuk dipake. Tools-nya lumayan lengkap untuk bikin gambar atau ilustrasi. Kekurangannya adalah berbayar dan mahal, Civs. 

Harganya mulai dari Rp159.000, tapi belom include semuanya. Nanti kalo butuh brush jenis lain, harus beli lagi. Gitu deh, Civs. Tapi emang software satu ini reputasinya emang bagus di kalangan illustrator. 

6. Corel Draw (⭐3/5)

Kreativitas desainer grafis itu kalo nggak berangkat dari Microsoft Paint, ya dari Corel Draw. Walaupun bukan jadi favorito-nya para desainer grafis, tapi boleh lah pake ini apalagi untuk pemula. Biasanya sih Corel Draw masih diajarin di sekolah ya waktu pelajaran komputer. Cuman sekarang Corel Draw lebih jadi favoritnya abang-abang fotokopian sih…

7. Canva (⭐2/5)

Buat para pengguna Canva, plis jangan marah dulu. Ada alesannya kok kenapa desainer grafis Froyonion nggak menyarankan untuk pake Canva. 

Karena di Canva udah banyak template desain yang bisa dipake. Jadinya nggak perlu bikin aset desain lagi. Di satu sisi ini sangat memudahkan, apalagi untuk pemula. Tapi di satu sisi, desainer grafis itu juga harus belajar mengasah skill bikin aset sampe mengolah taste. 

Jadi yah, walaupun beginner friendly disarankan untuk segera beralih ke aplikasi lain, Civs. 

Di samping software yang memadai, tentunya jadi desainer grafis juga perlu mengolah skill. Lo bisa perbanyak liat referensi di Pinterest, Behance, atau portofolio orang lain untuk eksplor desain-desain yang belom lo tahu. 

Siapa tahu dengan semakin terasahnya skill lo, bisa jadi grafis desainer di Froyonion juga kan? Hehehe.. (*/) 

BACA JUGA: REKOMENDASI LAPTOP TERBAIK 2022 UNTUK DESAINER GRAFIS

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.