Kreatif

INI YANG HARUS LO TAHU KALO MAU JADI 3D ANIMATOR

Yang pengen jadi 3D animator, pasti kecilannya suka nonton kartun dan bercita-cita kerja di Pixar. Biar impian lo jadi makin nyata, coba simak dulu tips dari Alan Santoso, salah satu 3D animator film The Ice Age Adventures of Buck Wild.

title

Zaman dulu, kerja jadi animator mungkin terdengar asing. Apalagi di zaman orang tua kita waktu kartun dan animasi masih sangat terbatas pengembangannya. Pekerjaan 3D animator juga belum ada di masa itu.

Tapi sekarang, kerja di industri kreatif semakin membuka banyak peluang baru dalam berkarier. Salah satunya adalah jadi animator. 

Kali ini, Froyonion berkesempatan buat ngobrol sama salah satu 3D animator dari film Disney yang berjudul ‘The Ice Age Adventures of Buck Wild’, Alan Santoso

BERAWAL DARI TUGAS SEKOLAH 

Layaknya anak-anak SMA yang belum tahu pasti cita-citanya mau jadi apa, Alan pun merasakan hal yang sama. Ia mengaku kalo sebelum kuliah, dia nggak pernah kebayang kalo bakal jadi 3D animator. 

“Jadi dulu waktu di SMA aku tuh jurusan IPA. Yang aku tahu, kalau ada tugas bikin video, aku kebagian yang ngedit videonya. Dan ternyata aku seneng. Setelah itu, baru cari-cari universitas yang kira-kira masih berhubungan sama video dan akhirnya masuk UMN, Jurusan Film dan Animasi,” jelasnya. 

Alan juga mengaku kalau dirinya nggak terlalu mahir menggambar dan ngerasa pembuatan film lebih kompleks. Makanya waktu ada kesempatan untuk milih ‘konsentrasi’ kuliah, dia pilih 3D animasi. 

“Jadi, di semester 1 itu masih belajar semua hal tentang film dan animasi. Mulai dari bikin konsep cerita, recce (survei tempat syuting), proses syuting, belajar ngedit, sampe post-production (kasih VFX, CGI, dll) juga belajar.  Tapi aku ngerasa syuting tuh lumayan ribet. Jadi aku lebih pilih animasi. Nah, tapi kan aku nggak terlalu pinter gambar. Jadi aku pilih buat jagoin di 3D animasi,” tutur cowok yang pernah bersekolah di SMA Kolese Loyola Semarang ini. 

Menurut Alan, kalo lo udah berniat untuk jadi 3D animator, tempat belajar atau kuliah akan jadi faktor yang sangat penting. Alan yang semasa bersekolah nggak tahu apa-apa soal animasi, jadi belajar banyak saat kuliah. Apa yang ia pelajari semasa kuliah kemudian jadi bekal untuk dia bisa magang sampe kerja di Brandoville Studios

PERKUAT PONDASI

“Aku dikasih tahu sama senior waktu kuliah kalo ada studio animasi bagus namanya Brandoville Studio. Setelah aku cari-cari infonya, ternyata menarik juga. Karena Brandoville Studio memang punya reputasi dan karya-karya yang bagus juga. Akhirnya aku coba untuk apply magang di sana, itupun melalui seleksi yang lumayan panjang,” katanya. 

Alan Santoso adalah salah satu 3D Animator yang terlibat dalam film The Ice Age Adventures of Buck Wild karya Disney. Keterlibatan Alan dalam projek ini turut didukung tempatnya bekerja, Brandoville Studio.
Alan dan tim animator yang terlibat di The Ice Age Adventures of Buck Wild (Foto: @rama9dhan

Proses panjang itu mencakup kirim berkas kayak CV dan portofolio, wawancara pertama, lalu ada tes pertama, wawancara kedua, tes lagi tapi kali ini tes animasi, lalu wawancara final, dan akhirnya Alan bisa jadi 3D animator intern di Brandoville Studio. 

“Setelah lolos seleksi, aku magang selama 6 bulan. Kalo ditanya 6 bulan itu ngapain aja, bisa dibilang aku belajar hal-hal dasar yang udah pernah diajarin sewaktu kuliah. Tapi, di sinilah kesempatanku untuk memperkuat pondasi skill animasiku,” katanya. 

Mungkin lo juga pernah denger 12 basic principles of animation’, nah itu tuh yang dipelajari Alan selama 6 bulan magang. Mungkin kelihatannya sepele, tapi percaya deh, nggak semudah itu! 

“Menilai animasi yang bagus itu sebenernya gampang, lihat aja dari basic-basic-nya apakah udah bener atau belum. Menurutku kalo nanti kalian mau bikin portofolio animasi, boleh untuk nunjukin karya kalian yang kompleks. Tapi penting juga untuk masukin animasi basic kalian, misal kayak bouncing ballKarena justru dari situ bisa dinilai kemampuan kalian segimana,” jelas Alan sambil ngasih tips untuk kalian yang mau bikin portofolio. 

JADI ANIMATOR NGGAK ‘MENJANJIKAN’?

Keterlibatannya di film ‘The Ice Age Adventures of Buck Wild’ justru ia dapatkan semasa magang. Terlibat di salah satu proyek besar waktu masih magang tentu bikin Alan kaget tapi bersyukur juga. 

“Jujur aku kaget banget, karena aku diminta untuk masuk ke tim di pertengahan. Jadi aku kebagian untuk bantuin animator-animator lain dan ngerjain beberapa shot,” cerita Alan. 

Salah satu kendala yang paling besar selama jadi 3D animator adalah untuk memenuhi kriteria dan revisi klien. Tampaknya semua industri kreatif juga ngalamin kendala yang sama yah. Kalo ngirim kerjaan ke klien, pasti rasanya dagdigdug sambil berdoa biar nggak banyak revisi. 

Setelah 6 bulan magang, akhirnya Alan sekarang jadi Junior 3D Animator di studio yang sama. Baginya, bisa bergabung di salah satu studio animasi terbaik di Indonesia adalah suatu kebanggaan. 

Walaupun industri kreatif Indonesia udah mulai berkembang, tapi nggak sedikit yang masih meragukan. Masih ada yang bilang kalo bekerja jadi animator itu nggak menjanjikan apalagi di Indonesia. 

“Mungkin yang mau jadi 3D animator punya mimpi untuk kerja di studio internasional kayak Pixar. Tapi kalian juga bisa mulai dari studio-studio animasi yang ada di Indonesia, kok. Animator Indonesia juga banyak yang berbakat dan studio animasi Indonesia juga sering dapet projek yang berskala internasional,” jelas Alan yang nge-spill kalo lagi ngerjain salah satu serial Netflix. 

Alan juga kasih beberapa wejangan buat kalian yang pengen terjun ke dunia animasi. Pertama, kalo udah niat mau jadi animator, niatin aja. Prospek kerja animator di Indonesia udah jauh lebih luas dibanding dulu. 

Kedua, di dalam pekerjaan pasti ada banyak hal yang terjadi. Kalo misal nanti kalian dapet masukan atau kritik yang agak pedes, terima aja dan jangan masukin ke hati. Pandang itu sebagai semangat buat lebih berkembang

Ketigasusun portofolio dari sekarang. Kayak yang tadi disampein, mulai dari animasi dasar aja. Karena dari situ justru skill kalian kelihatan. Sama banyakin latihan bikin animasi juga. Kalian bisa pake aplikasi Blender untuk belajar

Keempat, banyakin nonton animasi orang lain. Karena dari nonton, kita bisa banyak belajar dan mencoba untuk menerapkan itu di animasi karya kita. 

Kelima, kalo soal gaji, jangan takut gaji animator kerendahan

“Kalo soal gaji, aku sebagai junior bisa dibilang di atas UMR Jakarta. Kalo udah senior, pasti lebih tinggi. Semua tergantung kemampuan kita juga. Jadi kalo rajin dan gigih, masalah pendapatan juga pasti ngikut seiring skill kita bertambah,” tutur Alan sekaligus sebagai pesan penutup buat lo yang pengen jadi animator. (*/) 
 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.