FroyonionHQ

FROLOG: FROYONION BERDIALOG TENTANG COWOK SEBAGAI KORBAN PELECEHAN SEKSUAL

Dialog ini berdasarkan obrolan asli para penulis. Di segmen ‘Frolog’ kali ini, kita bakal bahas soal pelecehan seksual dan toxic masculinity yang dibungkus dengan format ngobrol. Kalo kata orang sih, laki-laki itu harus kuat. Tapi kalo jadi korban pelecehan seksual, emangnya harus pura-pura kuat juga?

title

Garry : “Halo gaes, kali ini gue dan Grace lagi pengen diskusi tipis-tipis soal topik yang mungkin jadi concern banyak orang.”

Grace : “Yoi, Gar. Hari ini kita mau ngobrolin soal pelecehan seksual, tapi dari sisi toxic masculinity, nih. Berhubung beberapa minggu lalu kita membahas soal pelecehan seksual dan direspon dengan baik sama Civillions, kita jadi pengen ngelanjutin pembahasannya.”

Garry : “Nah, topik kali ini tuh mungkin banyak dikeluhkan sama kaum adam di luar sana, dan mungkin beberapa Civilion juga pernah merasakan hal yang sama, termasuk gue.”

Grace : “Wah, menarik banget. Emang lo ada pengalaman apa Gar soal toxic masculinity dan pelecehan seksual?”

Garry : “Kalo konteksnya soal pelecehan seksual, gue pernah ada satu momen ketika kuliah. Waktu itu gue lagi di depan kosan lagi beli gehu..”

Grace : “Wah enak tuh gehu. Lo beli berapaan, Gar?”

Garry : “Si penting nih bahas gehu, gue beli 4 sih waktu itu, mau Grace?”

Grace : “Boleh, sih. Pake nasi anget enak kali ya.. Eh, trus gimana kelanjutan cerita lo?”

Garry : “Oke-oke, back to the topic, jadi tuh gue lagi nungguin abangnya bungkusin gehu, terus tiba-tiba dateng 4 waria berkerumun di booth abangnya ini. Kebetulan yang beli cuma gue sendiri waktu itu, jujur gue ada perasaan takut disamperin karena dari kejauhan mereka berempat udah nyiul-nyiulin gitu.”

Grace : “Wah, gue paham sih. Siulnya kayak burung kutilang trilililililililili gitu gak, Gar?”

Garry : “Nggak sih Grace, capek sih gue jelasinnya. Yaudah, jadi tuh abis disiul-siulin, mereka berempat emang langsung nyamperin gue gitu kayak nodong minta duit.”

Grace : “Waduh, nodongnya pake pistol gak, Gar?”

Garry : “Nanya mulu lo kayak anak magang..”

Grace : “Hehehe, yaudah lanjutin dulu Gar ceritanya.”

Garry : “Abis mereka mintain duit, karena kebetulan gue cuma megang 10 rebu waktu itu dan pas banget buat beli gehu, gue nolak ngasih gitu kan.. Terus mereka kayak kesel gimana gitu, alhasil mereka tuh ngelampiasin dengan megang-megang bagian private dan juga ngelus-ngelus lembut bahu gue. Di momen itu gue merinding disko dan cuma bisa berdiam aja.”

Grace : “Sebuah pengalaman tak terlupakan ya. Tapi emang, respon orang kalo mengalami pelecehan seksual tuh beda-beda. Dari wawancara kita sama Kak Delfian dan Kak Rininda sebagai Associate Psychologist dari Yayasan PULIH, ada tiga respon yang bisa ditunjukkan yaitu menghindar, fight atau melawan, dan juga freeze atau mematung. Gue sering sih nemuin yang responnya freeze dan ternyata lo waktu itu juga begitu ya. Terus akhirnya lo gimana, Gar?”

Garry : “Jujur sih abis kejadian itu gue jadi takut, tapi nggak lama-lama gitu cuma 15 menitan aja. Besoknya gue kayak normal aja dan nggak kepikiran takut bakal digituin lagi”

Grace : “Hah, lo takutnya cuma 15 menit doang? Nggak ada trauma yang ditimbulkan gitu?”

Garry : “Nah, gue baru sadar nih sekarang setelah adanya terms ‘Toxic Masculinity’ ini. Jadi, toxic masculinity ini adalah penilaian maskulinitas dengan anggapan laki-laki itu harus kuat, nggak baperan, bisa menghidupi diri sendiri, mendominasi, dan jantan secara seksual. Kalo hubungannya sama pelecehan seksual, seorang cowok yang jadi korban pelecehan itu harus menepiskan anggapan bahwa dia adalah seorang korban, dan menganggap hal buruk yang terjadi itu  nggak akan berdampak besar untuk dirinya.”

Grace : “Jadi, waktu itu lo termasuk orang yang kena toxic masculinity ini dong? Sebagai cowok, lo ngerasa ‘nggak banget’ ya disebut sebagai korban pelecehan seksual?”

Garry : “Mungkin karena waktu itu gue nggak terlalu ngerti soal beginian kali ya, dan juga gue nggak terlalu mikirin kalo gue tuh sebenernya udah jadi korban pelecehan seksual.

Grace : “Hmm, mungkin apa yang lo alami dan rasakan itu adalah salah satu dampak dari masyarakat kita yang belum bisa memandang gender dengan netral. Lo paham deh betapa patriarki masih dielu-elukan di Indonesia. Salah satu produk dari patriarki ini ya toxic masculinity itu. Kalo dari wawancara sama Kak Delfian dan Kak Rininda, salah satu dampak toxic masculinity ini adalah sikap tak acuh seorang cowok kalo jadi korban pelecehan seksual. Karena dia mikirnya, gue kan cowok jadi gue harus kuat. Masa iya gua jadi pelecehan seksual? Jadi denial gitu.

Garry : “Hmm, bener sih Grace, mungkin karena waktu itu gue nggak terlalu aware sama isu-isu kayak gini, dan mungkin jadi nggak peduli sama diri gue sendiri. Harusnya waktu itu gue bisa lebih merefleksikan diri sih, kalo misalkan hal kayak gitu terjadi lagi, ya gue harus bisa stand out membela diri.”

Grace : “Iyaa, bener tuh, Gar. Jadi buat lo para cowok, kesadaran diri untuk mengakui kalo kalian juga bisa jadi korban pelecehan seksual itu sangat penting. Menurut gue, nggak masalah kok kalo cowok terlihat lebih fragile dan mengakui kalo kalian juga manusia biasa. Terus, kalo kalian para cowok ternyata pernah dilecehkan secara seksual, jangan takut buat speak up juga. Karena sekali pelecehan, tetep pelecehan, terlepas dari siapa yang dilecehkan.”

Garry : “Jadi, nggak cuma cewek aja yang bisa dilecehkan, cowok juga sama.”

Grace : “Nah, ngomongin soal cewek, kalo lo dilecehkannya sama cewek kira-kira gimana?”

Garry : “Hmmm, kalo itu sih….”

BERSAMBUNG….


 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ger&Gres

Kita adalah representasi orang dengan jokes receh tapi pengen ngobrolin hal yang esensial. Ancyur...