Food

HIDDEN GEM, HANYA 5.700 KM DARI JAKARTA: INI INSPIRASI KULINER TERENAK YANG WAJIB DICOBA DI TOKYO

Sebagai salah satu ‘surga’ kuliner Asia Timur, Jepang terutama Tokyo punya beragam tempat kuliner yang wajib banget lo datangi. Mari simak inspirasi tempat kuliner di Tokyo yang wajib banget kalian coba!

title

FROYONION.COM - Jepang memang menjadi ‘surga’-nya kuliner di Asia Timur. Tokyo salah satunya, memiliki beragam tempat kuliner yang lezat dan pastinya harus kalian coba ketika berada di sana.

Melalui rangkaian petualangan bertajuk Froyonion Ikuzo di Jepang pada tanggal 3 hingga 10 Mei 2023 kemarin, Froyonion telah merangkum 3 kuliner hidden gem yang harus kalian cicipi minimal sekali seumur hidup!

Penasaran dengan list-nya? Mari simak di bawah ini:

GYUKATSU MOTOMURA, CHUO

Sesuai namanya, Gyukatsu Motomura (牛かつもと村) adalah restoran yang menyajikan beef cutlet ala Jepang, yang sebelumnya telah digoreng bagian luarnya. Restoran ini tersebar di beberapa wards di Tokyo, sangat ramai peminat, dan seringkali penuh sehingga kalian harus ikut waiting list jika ingin menikmati sajian mereka. 

Namun, ada salah satu cabang Gyukatsu Motomura yang bisa kalian datangi tanpa harus reservasi / ikut waiting list, tepatnya di pusat perbelanjaan Coredo Muromachi (Ginza, Nihonbashi) yang lumayan sepi karena lokasinya yang ada di basement, dan jarang ada orang yang berlalu-lalang.

Set lengkap Gyukatsu Motomura dengan yam, wheat rice, dan spicy pollack roe. (sumber: Trip Advisor)
Set lengkap Gyukatsu Motomura dengan yam, wheat rice, dan spicy pollack roe. (sumber: Trip Advisor)

Konsepnya adalah penyajian Gyukatsu dengan kompor batu. Jadi, kalian tinggal memanggang sisi-sisi daging selama kurang lebih 3-8 detik di atas kompor batu, dan memakannya selagi masih hangat.

Rasanya cukup unik bagi orang yang belum pernah mencoba Gyukatsu sebelumnya. Tekstur luarnya cukup gurih dan agak crunchy, namun bagian dalam dan sisi daging sangat kenyal jika dipanggang dengan waktu yang tepat.

Daftar harga menu di Gyukatsu Motomura. (Sumber: Facebook/Gyukatsu Motomura)
Daftar harga menu di Gyukatsu Motomura. (Sumber: Facebook/Gyukatsu Motomura)

Untuk paket lengkapnya, Gyukatsu ini dilengkapi dengan wheat riceyam, dan spicy pollack roe (telur ikan) yang bisa meng-enhance rasa dari Gyukatsu-nya! Harga set yang dipatok Gyukatsu Motomura adalah 1.500 yen (Rp162.000) untuk paket lengkap Gyukatsu 130 gram yang disajikan bersama yam dan spicy pollack roe

Sedangkan jika kalian menginginkan daging yang lebih banyak, Gyukatsu Motomura juga menyediakan set lengkap dengan daging sebanyak 260 gram di harga 2.300 yen (Rp248.000). Cukup affordable untuk jenis makanan daging yang tentunya bisa membuat hari kalian jadi lebih bahagia.

MENYA TORIROJI, SHIBUYA

Kalau Gyukatsu Motomura tersebar di berbagai daerah, maka Menya Toriroji (鶏路地) ini benar-benar hidden gem karena pintu masuknya kecil, dan harus turun ke lantai bawah sebuah gedung di daerah Shibuya, persis di seberang ABC Mart Grand Stage Shibuya Center-Gai.

Lokasi Menya Toriroji di Shibuya Center-Gai. (Sumber: Ramen Blog Tokyo)
Lokasi Menya Toriroji di Shibuya Center-Gai. (Sumber: Ramen Blog Tokyo)

Saat masuk, kalian akan disambut dengan tempat yang sempit. Menya Toriroji hanya menyediakan sedikit tempat duduk, dan hanya menjual beberapa jenis ramen, tsukemen, dan soba saja. 

Menu yang paling recommended adalah roasted chicken ramen. Tipikal kuahnya kental dengan soy sauce, rasa kaldunya yang juga terasa umami, benar-benar definisi ramen yang otentik.

Harganya juga affordable, ramen paling murah dihargai 830 yen (Rp86.000), dan yang paling mahal yaitu 1.000 yen (Rp108.000). Meskipun harganya cukup murah, ramen ini tetap harus kalian coba ketika berkunjung ke daerah Shibuya Scramble Crossing, karena jaraknya hanya sekitar 100 meter dari persimpangan paling sibuk sedunia itu.

JONETSU HORUMON, SHINJUKU

Yang satu ini adalah surganya pecinta yakiniku atau BBQ. Jonetsu Horumon adalah restoran yang menyajikan set makanan daging-dagingan, biasanya jeroan (disebut Horumonyaki bagi orang Jepang) dan daging-daging yakiniku lainnya.

Letaknya tidak jauh dari Shinjuku Station, cukup berjalan 3 menit dari west exit ke arah Omoide Yokocho, sebuah gang yang diisi penuh dengan street food (izakaya) khas Jepang.

Tampak depan dari restoran Jonetsu Horumon yang ada di Omoide Yokocho, Shinjuku. (Sumber: Shinjuku Omoide)
Tampak depan dari restoran Jonetsu Horumon yang ada di Omoide Yokocho, Shinjuku. (Sumber: Shinjuku Omoide)

Meskipun terlihat kecil dari depan, ketika masuk ke dalamnya, tempat ini ternyata menyediakan kursi untuk 73 orang.

Kalian bisa puas makan beef banquet yang berisikan horumonyaki, yakiniku, dan side menu lainnya secara all-you-can-eat selama 90 menit seharga 2.728 yen (Rp295.000). 

Untuk kalian yang punya budget lebih, Jonetsu Horumon juga menyediakan daging jenis Kuroge Wagyu (Japanese Black Beef) yang terkenal dengan sebutan ‘Black Hol’. Harganya yaitu 3.278 yen (Rp354.000). Untuk menu lengkapnya, kalian bisa cek di sini.

Nah, itu tadi 3 tempat kuliner hidden gem yang wajib kalian kunjungi jika ke Tokyo. Jika kalian punya rekomendasi kuliner yang menarik lainnya, boleh coba komen di bawah ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.