Food

9 REKOMENDASI MINUMAN RENDAH GULA YANG BISA DIBELI DI SUPERMARKET

Membatasi asupan gula berlebih menjadi salah satu upaya menjalani gaya hidup sehat. Kalian bisa memulai dari hal-hal kecil dengan membeli minuman rendah gula.

title

FROYONION.COM – Perbanyak konsumsi air putih dan kurangi minuman dengan kadar gula tinggi. Kalian mungkin pernah menerima atau mendengar nasihat kesehatan berikut. 

Bukan tanpa alasan. Gula, walaupun merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh, tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Asupan gula yang diperbolehkan hanya 5% dari kebutuhan kalori tiap hari. 

Batasan konsumsi gula untuk orang dewasa adalah tidak lebih dari 30 gram atau sekitar 7 sendok teh per hari. Sementara untuk anak-anak usia 7 hingga 10 tahun, batasan konsumsinya maksimal adalah 24 gram atau 6 sendok teh per hari. 

BACA JUGA:

TERNYATA ANGGUR MERAH LEBIH BIKIN SAKIT KEPALA, KETIMBANG MINUMAN BERALKOHOL LAINNYA 

Bagi beberapa orang yang baru mengawali kebiasaan mengurangi konsumsi gula, kalian bisa mulai dari meneliti kandungan gizi di bagian belakang kemasan minuman atau makanan yang dibeli. 

Pilih hanya makanan atau minuman yang kadar gulanya rendah. Tidak sedikit minuman yang kandungan gulanya masih dalam batas aman untuk dikonsumsi sesekali, apalagi saat sedang craving makanan manis. 

Berikut 9 rekomendasi minuman kemasan di minimarket dengan kandungan gula rendah yang bisa kalian pilih. 

1. Ito En

Brand minuman teh asal Jepang ini memiliki banyak varian rasa. Warna botolnya berbeda-beda tergantung rasanya. 

Ada varian oi ocha, jasmine tea, barley tea dan oolong tea. Varian yang cukup direkomendasikan adalah ocha dan oolong. 

Kadar gulanya diklaim 0 gram per sajian. Kemasannya juga dilengkapi tulisan Unsweetened alias tanpa tambahan pemanis. 

2. Amani

Suka yoghurt? Brand ini bisa jadi pilihan. 

Minuman yoghurt dengan rasa mixed grape dari Amani dengan tutup botol warna putih ini hanya memiliki kandungan gula 3 gram per sajian.

Ingat ya, yang tutup botolnya warna putih, bukan warna biru. Pasalnya, hanya varian ini yang kadar gulanya relatif rendah. 

3. Biokul Greek Style Yogurt

Satu lagi pilihan yoghurt rendah gula. Kadar gulanya tertulis hanya 2 gram per sajian. 

Yoghurt ini bisa dibeli di supermarket terdekat seperti Superindo dan Yogya. Sayangnya belum ditemukan di minimarket. 

4. Susu Ultra Milk Full Cream

Dibandingkan varian susu lainnya dari brand Ultramilk, susu full cream ini memiliki kandungan gula terendah. Hanya ada 10 gram gula per 250 ml sajiannya. 

Khusus varian full cream juga komposisinya terbuat dari 100% susu segar karena tidak ada campuran perasa. Kalian yang gemar mengonsumsi susu kemasan bisa mulai beralih ke susu full cream ini. 

5. Cimory Squeeze Original

Suka yoghurt Cimory yang memiliki beragam pilihan rasa? Saatnya beralih ke varian original tanpa rasa-rasa karena kandungan gulanya paling rendah. 

Kadar gulanya di angka 10 gram per 125 ml. Yoghurt squeeze ini bisa dikonsumsi langsung atau dimakan bersama buah. 

BACA JUGA: TAK SEKADAR MINUMAN, KOPI JADI SIMBOL IDENTITAS DAN KREATIVITAS 

6. Chi Forest Sparkling Water

Bingung cari minuman berkarbonasi karena banyak brand yang sedang diboikot? Kalian bisa coba ini. Selain aman dari boikot, kadar gulanya juga rendah. 

Diklaim bebas gula, kadar gulanya 0 gr per sajian. Terdapat tiga varian rasa dan lumayan terasa buahnya. 

7. Tropicana Slim Oat Drink

Kadar gulanya 0 gram per 190 ml sajian, sesuai klaim sugar free di kemasannya. Bisa jadi pilihan oatmilk untuk kalian yang gemar minuman plant-based

Ada beberapa varian rasa dan semuanya sama-sama memiliki kadar gula 0 gram alias tidak berpemanis sama sekali. 

8. Hot Brew Coffee Americano & Sweet Americano

Produk kopi yang berkolaborasi dengan boyband Korea BTS ini juga memiliki kadar gula rendah. 

Hot Brew Coffee Americano dengan kemasan botol biru hanya memiliki 1 gram gula per 350 ml sajian. Sementara Sweet Americano yang botolnya berwarna hijau memiliki kandungan 2 gram gula per 250 ml sajian. 

9. L-Men 2 Go

Cari sumber protein dalam bentuk kemasan? Kalian bisa pilih L-Men 2 Go. Kadar proteinnya diklaim sebanyak 12 gram per 200 ml sajian dan juga rendah lemak. 

Kadar gulanya juga rendah, hanya 9 gram per 200 ml sajian. 

BOLEH KONSUMSI, TAPI TETAP HATI-HATI

Walaupun sederet minuman di atas memiliki kadar gula rendah dan bisa jadi pilihan saat sedang ingin konsumsi yang manis-manis, namun kita harus tetap hati-hati. 

Pasalnya, masih ada kandungan karbohidrat yang ketika masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa dan bersifat sama seperti gula. Selain itu, kandungan garam dalam minuman kemasan juga wajib diperhatikan, bukan hanya gulanya saja. 

Sesekali minum minuman manis memang tidak mengapa. Asal jangan jadi kebiasaan tiap hari hingga melebihi konsumsi air putih wajib. Ingat untuk tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup agar tubuh terhindar dari dehidrasi. 

Batas minimal konsumsi air putih akan berbeda-beda tiap orang tergantung dari cuaca, aktivitas hingga kondisi tubuh. Secara rata-rata, kita membutuhkan 2 liter konsumsi air putih tiap hari. 

Namun setidaknya, beralih dari minuman dengan kadar gula tinggi ke yang kadar gulanya lebih rendah bisa jadi awal dari menerapkan gaya hidup sehat. Pelan tapi pasti, kita bisa lepas sepenuhnya dari minuman manis dan tidak lagi mengonsumsinya sama sekali. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read