Food

AWAS NGILER! INI 6 REKOMENDASI FOOD SHOW DI NETFLIX PALING MOUTH-WATERING

Sini merapat yang butuh tontonan buat teman makan. Ada sejumlah food show di Netflix yang bisa kalian tonton! 

title

FROYONION.COM - Makan sambil nonton sudah jadi kebiasaan buat sebagian orang. Tentu tontonannya harus yang mendukung kegiatan makan dong, tanpa ada adegan tertentu yang justru bikin nafsu makan jadi hilang. Salah satu tontonan yang bisa jadi pilihan adalah food show.

Banyak sekali food show yang bisa kalian temukan di platform streaming NetflixFood show ini bukan mukbang, tapi lebih ke dokumenter kuliner yang secara khusus menceritakan tentang makanan di suatu daerah tertentu.  

Tandain enam food show di Netflix ini deh, siapa tahu butuh nanti buat teman saat lagi makan sendirian. 

1. FLAVORFUL ORIGINS 

Dua kata untuk menggambarkan tontonan ini: sinematografinya juara! Tiga musim yang tayang di Netflix akan membawa kita melihat proses memasak hingga asal usul bahan makanan yang ada di tiga daerah di China: Gansu, Yunnan dan Chaoshan. 

Mulai dari cara pengolahan daging domba yang unik di kota Jiayuan, pemanfaatan biji rami sebagai makanan pokok kering di Wuwei, aneka ragam menu olahan kentang di Dingxi sampai kelezatan musim panas dari remis di Pulau Nan’ao, semuanya tersaji rapi lewat pengambilan gambar yang begitu memanjakan mata. 

Tiap episodenya berdurasi cukup pendek, hanya di kisaran 12 menit saja. Cocok lah buat menemani makan sepiring nasi. Nonton ini sekaligus bikin kita sadar kalau makanan China itu luar biasa beragam, nggak hanya kwetiau dan dimsum saja!  

2. STREET FOOD 

“Jika seseorang ingin merasakan masakan yang otentik dari suatu daerah, maka itu harus makanan jalanannya.” Sepenggal kalimat dari trailer Street Food sudah cukup menggambarkan isi dari salah satu food show unggulan Netflix ini.

Sesuai namanya, Street Food mengangkat aneka makanan yang sering dijumpai dijual oleh pedagang di jalanan. Dari makanan jalanan inilah ada kisah perjuangan hidup hingga cerita mengenai budaya yang diwariskan turun temurun. 

BACA JUGA: LIST REKOMENDASI DOKUMENTER KRIMINAL NYATA YANG BIKIN  PARAH 

Street Food nggak hanya berisi makanan jalanan di suatu negara, tapi juga kisah orang-orang di baliknya dan bagaimana mereka mempertahankan ciri khas masakannya agar nggak tergerus perkembangan zaman.  

Tontonan nyaman yang begitu menghangatkan hati sekaligus mengharukan ini sudah dibuat dalam tiga musim: Street Food Asia, Street Food USA dan Street Food Latin America. Semuanya recommended untuk ditonton dan bukan nggak mungkin akan membuat kita menambahkan negara tertentu dalam bucket list liburan hanya demi mencicip makanannya. 

3. A NATION OF BROTH 

Suka makanan khas Korea atau makanan berkuah? Wajib banget nonton ini! Tiga host pada acara ini akan membawa kita dalam perjalanan penuh eksplorasi terkait sejarah serta evolusi sup di Korea.  

Semangkuk sup sendiri sudah jadi bagian penting dari kuliner Negeri Ginseng dan pasti ada di tiap meja makan orang Korea. Tiga episodenya yang masing-masing berdurasi 50 menit akan menceritakan lebih jauh tentang sup ikonis dari berbagai daerah dan era.  

Mulai dari sup era Joseon yang ikonik di Jeju dan Tongyeong, misi pencarian sup paling cocok disantap dengan nasi di berbagai tempat sampai wisata kuliner ke restoran-restoran modern yang memberi sentuhan eksperimental pada hidangan klasik, semuanya dapat disaksikan dalam A Nation of Broth

4. CRAZY DELICIOUS 

Kalau yang satu ini formatnya kompetisi masak semacam MasterChef, namun dipadukan dengan food artisan show. Para peserta yang terdiri dari koki rumahan harus membuat ulang jamuan klasik dengan cara yang imajinatif dan sekreatif mungkin. Misi mereka dalam acara ini adalah memenangkan apel emas.  

Kreativitas peserta dalam mengolah bahan makanan tertentu jadi hal utama yang kita saksikan di sini. Enam episode yang masing-masing berdurasi 46 menit akan dipenuhi kekaguman penonton pada hasil kerja para peserta yang idenya nggak habis-habis! 

BACA JUGA: MULAI RESOLUSI NABUNG 2023 DENGAN BELAJAR MASAK BARENG 5 KANAL YOUTUBE INI 

5. KOREAN PORK BELLY RHAPSODY 

Balik lagi ke Korea, tapi kali ini khusus membahas daging babi. Penonton akan diajak untuk mengetahui lebih jauh seputar daging babi bagian perut yang jadi makanan favorit sepanjang masa bagi orang Korea.  

Eksplorasi sejarah serta cara memasaknya akan dijelaskan lebih detail di sini. Salah satunya adalah menyelami sejarah serta perkembangan samgyeopsal, hidangan perut babi yang populer selama 50 tahun lamanya.  

Dijelaskan pula mengenai awal kecintaan orang Korea pada daging babi dan bagaimana semua potongan daging babi digunakan dalam kuliner khas Negeri Ginseng. Hanya dalam dua episode berdurasi 48 menit, kita akan mendapat banyak pengetahuan seputar salah satu makanan kesukaan orang-orang Korea ini. 

6. NADIYA’S TIME TO EAT 

Butuh resep masakan simple tapi tetap enak? Bisa banget tonton Nadiya’s Time To Eat buat cari referensi. Nadiya Hussain akan menghadirkan cara cepat memasak dengan bahan-bahan utama yang cocok buat orang-orang masa kini yang super sibuk. 

Dalam tujuh episode yang masing-masing berdurasi sekitar 30 menit, Nadiya akan membawa kita belajar masak resep serba cepat, membuat kue secara mudah, memasak camilan manis sederhana sampai memanfaatkan waktu luang di hari libur untuk memasak makanan lezat.  

Food show santai ini cocok banget buat tontonan di akhir pekan sambil dicatat resepnya, siapa tahu nanti bakal dipraktekkan. Pas juga nih buat kalian yang sedang dari inspirasi resep buat bekal atau makanan sehat sehari-hari.  

Nah, itu dia enam food show rekomendasi dari Netflix yang pas banget buat teman makan sambil nambah referensi. Selamat menonton! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read