Design

PERUPA INDONESIA MUKLAY GELAR PAMERAN TUNGGAL DI JEPANG BERTAJUK ‘DISTRACTION’

Seniman dan ilustrator asal Jakarta yaitu Muklay siap memberi gebrakan baru dengan menggelar solo exhibition di Tokyo, Jepang.

title

FROYONION.COM - Muchlis Fachri atau lebih dikenal dengan sapaan Muklay merupakan seorang visual artist kawakan asal Jakarta yang namanya dikenal secara luas di Indonesia.

Pada beberapa hari lalu Muklay mengumumkan melalui akun Instagram miliknya bahwa ia akan segera menggelar pameran tunggal, mulai 15 hingga 26 Februari 2023 mendatang di YOD Editions, Shibuya, Tokyo. 

BACA JUGA: HARYADHI, SOSOK DI BALIK KOMIK INDONESIA ‘JITU’ DAN AKUN ‘KOSTUMKOMIK’

YOD Gallery merupakan art gallery yang berada di Jepang, galeri ini sering menjadi tempat pameran para seniman urban dari seluruh dunia.

Pameran tunggal yang diadakan di YOD Gallery kali ini, sang artist Muklay mengangkat tema yang bertajuk “Distraction” yang artinya dalam bahasa Indonesia yaitu “Gangguan”. 

Karya Muklay di pameran Distraction menggambarkan keadaan dunia saat ini, saat batas antara dunia maya (virtual) dan kenyataan (realita) menjadi kabur karena banyaknya bentuk hiburan.

Ada beberapa koleksi karya yang akan dipamerkan melalui pameran tunggal berjudul Distraction ini dengan menggandeng brand lokal asal Bandung yaitu 3Second. Melalui campaign di Instagramnya dengan tagar #muklayx3secondtojapan, Muklay seolah menyampaikan pesan bahwa dirinya sudah siap gelar pameran tunggal kolaborasinya bersama 3Second di Tokyo, Jepang.

Kolaborasinya dengan berbagai brand-brand ternama baik dari luar maupun dalam negeri membuat kepopuleran nama Muklay semakin melejit dan mulai dikenal karya-karyanya di Indonesia bahkan hingga di tingkat internasional. 

BACA JUGA: SENIMAN JALANAN DARBOTZ BERSAMA HP INDONESIA ADAKAN PELATIHAN BAGI 20 ANAK MUDA JAKARTA

Sebelumnya di tahun 2020 lalu, Muklay juga pernah melakukan pameran tunggal di Sh Art Project, Ginza, Jepang. 

Keberhasilan Muklay melalui karya artwork-nya telah melahirkan berbagai kerjasama, sehingga menuntun Muklay pada berbagai bentuk kolaborasi dengan brand-brand dan perusahaan lain. 

Brand-brand top lain yang sempat berkolaborasi dengan Muklay beberapa di antaranya yaitu seperti; Daihatsu, Grab Indonesia, Starbucks, Filosofi Kopi dan berbagai perusahaan di Jepang seperti Uniqlo, Rimowa, Johnnie Walker, dan BMW.

FYI, Muklay adalah salah seorang perupa yang bisa dibilang cukup sering melakukan kolaborasi dan pameran, Civs.

Pada pameran kali ini merupakan kesekian kalinya ia melakukan pameran dan berkolaborasi dengan brand. Dan ini adalah yang keempat kalinya diselenggarakan di Negeri Matahari Terbit lagi.

Memang ini bukan kali pertama Muklay berkolaborasi dengan 3Second. Sebelumnya ia juga pernah menjalin kolaborasi bersama 3Second pada Agustus 2022 lalu dalam event streeatwear berskala internasional yaitu Agenda Show di Las Vegas, Amerika Serikat.

Di bulan Februari ini Muklay menyelenggarakan 3 pameran sekaligus yakni di Art Jakarta - Cans Gallery dan Art Philiphine - Superdupergallery, dan yang paling ditunggu-tunggu yaitu Distraction exhibition - YoD edition di Jepang ini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Tegar Widodo

Freelancer