Design

7 HAL YANG PALING DIBENCI OLEH DESAINER, SALAH SATUNYA PLAGIASI

Desainer menjadi profesi yang banyak diminati saat ini. Dalam pekerjaannya membuat desain, ada beberapa hal yang sangat dibenci oleh para desainer.

title

FROYONION.COM - Desain adalah elemen integral dalam kehidupan sehari-hari yang terus digunakan dan memiliki dampak yang signifikan. Desainer memainkan peran penting dalam menciptakan produk yang fungsional dan estetis. 

Selain itu, desain adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Desain arsitektur, misalnya, menciptakan bangunan dan ruang yang kita huni. Hal ini tentunya mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan lingkungan fisik kita sehari-hari. 

Namun, di balik kreativitas dan ekspresi dalam bidang ini, ada sejumlah tantangan dan hambatan yang sering membuat desainer merasa frustrasi. Hal itu seringkali membuat hasil desain berada dalam kualitas yang kurang baik. 

Berikut adalah beberapa hal yang dibenci oleh para desainer saat mengerjakan desain.

1. PLAGIAT DAN PENGGUNAAN TANPA IZIN

Desainer sering kali menjadi korban dari plagiat atau penggunaan karya mereka tanpa izin. Ini bisa sangat merugikan secara finansial dan juga secara emosional. 

Untuk melindungi karyanya, desainer harus mengenal hak cipta dan tindakan hukum yang tersedia jika karyanya dicuri atau disalahgunakan. Namun, proses ini bisa jadi membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang mahal.

Sering kali desainer sudah merasa lelah lantaran mengerjakan proyek desain, sehingga mereka tidak memiliki tenaga lagi untuk melindungi karya mereka dari plagiasi. Tindakan plagiasi tersebut tentu dibenci oleh desainer dan membuat mereka kecewa.

2. KURANGNYA APRESIASI TERHADAP DESAIN

Banyak desainer merasa bahwa pekerjaan mereka sering dianggap sepele atau diabaikan oleh masyarakat umum. Mereka bekerja keras untuk menciptakan desain yang menarik dan berfungsional, tetapi sering kali tidak mendapatkan apresiasi yang layak. 

Bagaimana desainer menghadapi hal ini? Salah satu caranya adalah dengan mendidik masyarakat tentang bagaimana desain dapat memengaruhi persepsi dan pengalaman, serta pentingnya desain dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: DESAIN MEMPHIS: GAYA DESAIN POP ART YANG KEMBALI TREN

3. KETIDAKPASTIAN DALAM KARIER

Ketidakpastian dalam karier adalah masalah yang sering dihadapi desainer. Industri desain sangatlah dinamis. Selain itu, persaingan di dunia desain juga sangat ketat

Desainer harus berusaha keras untuk membangun portofolio yang bagus, menjalin jaringan profesional yang luas, dan selalu belajar supaya berkembang untuk tetap relevan dalam industri ini.

4. KLIEN YANG SULIT

Salah satu hal yang paling dibenci oleh desainer adalah klien yang sulit. Ini termasuk klien yang terlalu tegas dalam instruksi mereka, klien yang tidak puas dengan revisi berulang, atau klien yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang desain. 

Desainer sering merasa terjebak antara menciptakan karya yang memenuhi harapan klien atau menjaga integritas kreatif mereka sendiri, seperti membuat karya idealis. Lalu bagaimana desainer menghadapinya? 

Komunikasi yang baik dengan klien adalah kunci. Desainer harus bisa menjelaskan gagasan dengan sabar dan meyakinkan klien tentang keputusan konsep desain yang diambil.

BACA JUGA: PAHAMI KOMBINASI COLOR WHEEL AGAR WARNA DESAINMU LEBIH EYE CATCHING 

5. DEADLINE YANG KETAT

Deadline yang ketat adalah salah satu aspek yang paling bisa bikin desainer merasa stres. Desainer sering dihadapkan dengan proyek-proyek yang harus diselesaikan dalam waktu singkat. 

Waktu yang sempit tersebut bisa mengganggu kreativitas mereka dan berpengaruh pada kualitas desain yang dibuat. Lalu bagaimana cara desainer mengatasi ini? 

Desainer harus bisa melakukan manajemen waktu yang baik dan menentukan prioritas ketika mengerjakan banyak proyek. Desainer pun harus berani untuk menolak proyek jika batas waktu yang diberikan tidak realistis.

6. PERANGKAT YANG USANG

Teknologi adalah alat utama bagi desainer, tetapi perangkat keras dan perangkat lunak yang usang bisa menjadi menghambat kerja desainer. 

Perangkat desain yang usang dapat membuat proses desain menjadi lambat dan mengurangi kerapian desain. Kesalahan yang sering muncul pada perangkat yang usang, dalam hal ini, dapat menghambat kreativitas dan produktivitas. 

Desainer harus selalu berinvestasi ke perangkat keras yang mutakhir dan perangkat lunak yang diperbarui secara teratur untuk menghindari masalah tersebut. Namun, untuk membeli perangkat, tentu saja kalian harus menghabiskan biaya dengan jumlah yang lumayan. 

7. CREATIVE BLOCK

Creative block adalah hal yang sering dialami oleh desainer. Terkadang desainer merasa terjebak dalam rutinitas atau kesulitan menemukan inspirasi segar. Hal ini dapat menghambat kreativitas mereka untuk menciptakan desain yang inovatif dan menarik. 

Untuk bisa mengatasi hal di atas, desainer sering melakukan kegiatan di luar pekerjaan mereka, seperti berjalan-jalan atau berpartisipasi dalam komunitas kreatif untuk merangsang imajinasi mereka.

BACA JUGA: BAGAIMANA CARA MENCIPTAKAN DESAIN WEB YANG ADAPTIF?

Meskipun dunia desain penuh dengan tantangan, desainer yang sukses adalah mereka yang mampu menghadapinya dengan tekad dan kreativitas. 

Selain itu, desainer juga harus berupaya melindungi hak cipta karya mereka, dan memastikan bahwa karya desain mereka dihargai dan dihormati. 

Itulah 7 hal yang paling dibenci oleh desainer. Meskipun ada banyak hal yang dapat membuat desainer merasa frustrasi, cinta mereka terhadap seni dan kreativitas selalu mendorong mereka untuk terus maju, dan menciptakan karya-karya yang memukau dunia. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Nur Faizi

Reporter LPM Metamorfosa dan menjadi Junior editor di Berita Sleman.